Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tahapan-tahapan Kebijakan Kepala Sekolah

Rikaariyani.com- Kebijakan kepala sekolah terdiri dari dua kata yakni kebijakan dan kepala sekolah. Kebijakan berasal dari bahasa Yunani yaitu “polis” yang artinya kota. Istilah kebijakan dalam bahasa Inggris yakni policy yang berarti kebijaksanaan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kebijakan adalah kepandaian, kemahiran dan kebijaksanaan. 

 

 

Pengertian Kebijakan

Secara umum kebijakan atau policy dipergunakan untuk menunjukkan perilaku seorang aktor misalnya seorang pejabat, suatu kelompok, maupun lembaga tertentu untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Pada dasarnya terdapat banyak penjelasan dengan batasan-batasan atau pengertian
mengenai kebijakan.

Menurut Fredrich dalam Agustino (2017: 166) kebijakan adalah serangkaian tindakan atau kegiatan yang diusulkan oleh seseorang, kelompok, atau pemerintah dalam suatu lingkungan tertentu.

James E. Anderson (Irfan Islamy, 2000: 17) mendefinisikan kebijakan sebagai serangkaian tindakan yang mempunyai tujuan tertentu yang diikuti dan dilaksanakan oleh seseorang guna memecahkan suatu masalah tertentu. 

Menurut Noeng Muhadjir (2000: 15), kebijakan merupakan upaya memecahkan problem sosial bagi kepentingan masyarakat atas asas keadilan dan kesejahteraan masyarakat. 

Sedangkan menurut Weihrich dan Koontz yang dikutip oleh Amin Priatna (2008: 15) bahwa kebijakan adalah alat membersihkan hati atau harapan yang mendorong inisiatif tetati dalam keterbatasan. Kebebasan tergantung pada kebijakan dan sebaliknya akan mereflesikan posisi dan kekuasaan dalam organisasi.

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kebijakan adalah tindakan-tindakan atau kegiatan yang sengaja dilakukan atau tidak dilakukan oleh seseorang, suatu kelompok atau
pemerintah yang di dalamnya terdapat unsur keputusan berupa upaya pemilihan di antara berbagai alternatif yang ada guna mencapai maksud dan tujuan tertentu.

Tahapan-Tahapan Kebijakan Kepala Sekolah

Kebijakan dalam pendidikan terdiri dari tiga tahapan yakni: formulasi, implementasi, dan evaluasi. Kepala sekolah manajer pendidikan dituntut untuk mampu memformulasikan, mengimplementasikan, dan
mengevaluasi dari kebijakan pendidikan tersebut.

1. Formulasi Kebijakan 

Formulasi kebijakan yakni perumusan suatu kebijakan. Formulasi kebijakan meliputi beberapa tahap, yaitu sebagai berikut: 1) Penyusunan agenda, 2) Formulasi kebijakan, 3) Adopsi kebijakan, 4) Implementasi kebijakan, 5) Penilaian kebijakan.

2. Implementasi Kebijakan 

Implementasi kebijakan yaitu cara yang dilaksanakan agar kebijakan tersebut dapat mencapai tujuan. Dalam mengimplementasikan kebijakan ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan yakni:
komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana kebijakan dan struktur birokrasi. 

Selain itu, kebijakan pendidikan dapat dilakukan secara langsung dan dapat melalui kebijakan turunan dari kebijakan pendidikan nasional.

3. Evaluasi Kebijakan 

Evaluasi kebijakan bertujuan untuk mengidentifikasikan tingkat keberhasilan pelaksanaan dan untuk mempelajari pencapaian sasaran dari pengalaman terdahulu.

Baca juga artikel lainnya:

Proses perumusan kebijakan pendidikan

Pengertian politik dan kebijakan pendidikan

Potret kebijakan pendidikan Islam 

Post a Comment for "Tahapan-tahapan Kebijakan Kepala Sekolah"