Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah-langkah Menulis Proposal Penelitian

Rikaariyani.com- Langkah-langkah Menulis Proposal Penelitian- Sebelum melaksanakan penelitian, seorang peneliti harus mempersiapkan proposal terlebih dahulu. Proposal penelitian dapat diartikan sebagai rencana kegiatan penelitian yang akan dilaksanakan dalam penelitian tersebut. Dalam menulis proposal penelitian, ada beberapa langkah yang perlu dipahami dengan baik oleh peneliti. 

Apa saja langkah-langkah menulis proposal penelitian? Simak artikel berikut ini:

 


Langkah-langkah Menulis Proposal Penelitian

1. Menentukan Judul Penelitian

Judul penelitian yakni gambaran dari pelaksanaan penelitian yang akan dilaksanakan. Judul penelitian ditulis dalam bentuk kalimat pernyataan dengan menggunakan kata-kata yang jelas, singkat, bisa diukur dan menggambarkan pelaksanaan penelitian yang akan dilaksanakan.

2. Menulis Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah berisi uraian-uraian yang menjadi alasan mengapa penelitian dilakukan. Di dalam latar belakang masalah harus jelas akar permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian.

3. Membuat Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan bagian proposal yang harus ditulis dengan jelas. Rumusan masalah adalah masalah ilmiah penelitian. Masalah inilah yang akan dipecahkan atau yang akan dicarikan solusinya melalui proses penelitian.

4. Menentukan Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian merupakan arah atau target yang akan dicapai dalam pelaksanaan penelitian. Dalam merumuskan tujuan penelitian, hendaknya menggunakan kata-kata yang bersifat operasional dan terukut, misalnya menganalisis, mengidentifikasi, dan lainnya. Biasanya dalam pelaksanaan penelitian mengandung dua tujuan, yakni tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum yakni kalimat yang menggambarkan tujuan penelitian secara umum, sedangkan tujuan khusus adalah kalimat yang memberikan gambaran tentang langkah-langkah operasional yang dilakukan dalam mencapai tujuan umum pelaksanaan penelitian.

5. Merumuskan Penelitian yang Relevan

Kajian terdahulu yang relevan atau literature review yakni uraian yang berisi hasil kajian atau penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan topik penelitian yang akan dilakukan. Pada bagian ini perlu dijelaskan perbedaan tema atau variabel yang digunakan antara penelitian terdahulu dengan penelitian yang akan dilakukan. Penelitian yang relevan ini menjadi guide bagi peneliti terkait dengan distingsi masalah dan penggunaan metodologi yang pernah digunakan sebelumnya.

6. Menemukan Teori yang Relevan

Teori yang relevan merupakan hasil penelusuran peneliti terkait teori-teori yang digunakan peneliti sebelumny untuk menganalisa topik penelitian. Landasan teori membantu peneliti menganalisis secara mendalam hasil analisis data dan memberi perspektif terhadap hasil penelitian. 

7. Membuat Hipotesis Penelitian (Jika Ada)

Hipotesis penelitian yakni suatu dugaan yang perlu diuji kebenarannya dalam pelaksanaan penelitian. Hipotesis adalah jawaban sementara terhadap pertanyaan penelitian.

8. Menentukan Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian yakni desain yang digunakan dalam penelitian. Untuk penelitian kualitatif, dapat menjelaskan metode dan pendekatan yang digunakan. 

9. Membuat Rencana Pembahasan

Rencana pembahasan merupakan prediksi hasil yang akan diperoleh dalam penelitian. Pada bagian ini peneliti dapat menjelaskan rencana dan tahapan pelaksanaan penelitian. Peneliti juga dapat menjelaskan manfaat dan dampak yang akan diperoleh dari pelaksanaan penelitian yang akan dilakukan.

10. Menentukan Waktu Pelaksanaan Penelitian

Waktu pelaksanaan penelitian merupakan rencana waktu penelitian yang akan dilakukan. Waktu pelaksanaan penelitian ini meliputi jadwal kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan penelitian. Jadwal penelitian dapat dibuat dalam bentuk tabel.

11. Membuat Anggaran Penelitian

Anggaran penelitian yakni rekapitulasi kebutuhan dana yang diperlukan dalam penelitian. Anggaran penelitian mencakup dana pra-penelitian, dana pelaksanaan penelitian, dan dana pasca penelitian.

12. Menentukan Organisasi Pelaksana Penelitian

Pada bagian ini, peneliti harus mencantumkan siapa saja yang terlibat dalam pelaksanaan penelitian.

13. Membuat Daftar Pustaka

Daftar pustaka yaitu sumber rujukan yang menjadi referensi dalam penulisan proposal penelitian. Referensi harus mutakhir, minimal 5 buku terbitan 5 tahun terakhir dan 3 artikel yang dipublikasikan pada jurnal.

Baca juga artikel lainnya:

Membuat tujuan penelitian

Perbedaan penelitian kualitatif dan kuantitatif


Post a Comment for "Langkah-langkah Menulis Proposal Penelitian"