Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Rikaariyani.com- Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia- Manajemen sumber daya manusia memiliki peran penting dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi.Tanpa adanya Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), suatu organisasi akan sulit untuk berkembang. Untuk itu, di dalam artikel ini akan penulis bahas apa yang dimaksud dengan manajemen sumber daya manusia, apa tujuan dan juga fungsi-fungsinya. 

 



Pengertian Manajemen SDM 

Menurut Simamora (1997), manajemen sumber daya manusia adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balas jasa, dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja.

Menurut Dessler (1997), manajemen sumber daya manusia dapat didefinisikan sebagai suatu kebijakan dan praktik yang dibutuhkan seseorang yang menjalankan aspek “orang” atau sumber daya manusia dari posisi seorang manajemen, meliputi perekrutan, penyaringan, pelatihan, pengimbalan, dan penilaian.

Sedangkan menurut Schuler, el al. (1992), manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia yang sangat penting dalam memberi kontribusi bagi tujuan-tujuan organisasi, dan menggunakan beberapa fungsi dan kegiatan untuk memastikan bahwa SDM tersebut digunakan secara efektif dan adil bagi kepentingan individu, organisasi, dan masyarakat.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia 

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) meliputi:

  1. Memberi pertimbangan manajemen dalam membuat kebijakan SDM untuk memastikan bahwa organisasi memiliki pekerja yang bermotivasi dan berkinerja yang tinggi, memiliki pekerja yang selalu siap mengatasi perubahan dan memenuhi kewajiban pekerjaan secara legal;
  2. Mengimplementasikan dan menjaga semua kebijakan dan prosedur SDM yang memungkinkan organisasi mampu mencapai tujuannya.
  3. Membantu dalam pengembangan arah keseluruhan organisasi dan strategi, khususnya  yang berkaitan dengan implikasi SDM.
  4. Memberi dukungan dan kondisi yang akan membantu manajer lini mencapai tujuannya.
  5. Menangani berbagai krisis dan situasi sulit dalam hubungan antar pekerja untuk meyakinkan bahwa mereka tidak menghambat organisasi dalam mencapai tujuannya.
  6. Menyediakan media komunikasi antara pekerja dan manajemen organisasi.
  7. Bertindak sebagai pemelihara standar organisasional dan nilai dalam manajemen SDM.

Menurut Schuler el al, (dalam Irianto, 2001), manajemen sumber daya manusia memiliki tiga tujuan utama, yakni:

  1. Memperbaiki tingkat produktivitas.
  2. Memperbaiki kualitas kehidupan kerja.
  3. Meyakinkan organisasi telah memenuhi aspek-aspek legal.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Menurut Umar (1999), manajemen sumber daya manusia memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  1. Fungsi manajerial; perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
  2. Fungsi operasional; pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja.
  3. Fungsi ketiga adalah kedudukan manajemen sumber daya manusia dalam pencapaian tujuan organisasi perusahaan secara terpadu.

Demikian pembahasan singkat mengenai manajemen sumber daya manusia. Semoga bermanfaat.

Oleh: M. Syahdoe, S.IP (Mahasiswa PPs UIN STS Jambi).

Baca juga artikel lainnya:

Pengembangan SDM

Pengertian MSDM

Post a Comment for "Pengertian, Tujuan dan Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia "