Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sistem Informasi Manajemen (Pengertian, Fungsi, Komponen-komponen)

Rikaariyani.com, Jambi- Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, semua hal bergantung pada teknologi, termasuk dunia bisnis. Salah satu yang diterapkan adalah sistem informasi manajemen. Sistem informasi manajemen dibutuhkan agar pengembangan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Selain itu, sistem informasi manajemen akan membantu dalam mengontrol dan mengurus informasi menjadi lebih tertata.

Lalu, apa itu sistem informasi manajemen? apa saja fungsinya? dan apa saja komponen-komponennya? simak penjelasan di bawah ini!





Pengertian Sistem Informasi Manajemen 

Sistem informasi manajemen adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data dalam bentuk informasi. Menurut Davis (2010:3) sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem manusia atau mesin yang terpadu (integrated) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, menejemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. 

Menurut Moekijat (2009:17) berpendapat bahwa sistem informasi manajemen adalah jaringan prosedur pengolah data oleh suatu organisasi dan disatukan apabila dipandang perlu dengan maksud memberikan data yang bersifat intern maupun data yang bersifat ekstern untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Menurut Danu Wira Pangestu (2007) sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang berwenang dalam mengumpulkan dan mengolah data guna menyediakan informasi yang bermanfaat bagi semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Sedangkan menurut Jogiyanto Hartono (2000:700) sistem informasi manajemen adalah kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengolah dan mengumpulkan data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkat manajemen didalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.

Fungsi Sistem Informasi Manajemen

Sistem informasi manajemen memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan produktivitas kerja dalam sebuah organisasi
  2. Menghemat biaya
  3. Mempermudah dalam melakukan perencanaan, pengarahan, dan juga pengawasan. 
  4. Mempermudah dalam pengambilan keputusan
  5. Meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengolahan data

Komponen-komponen Sistem Informasi Manajemen 

1. Sistem

Sistem yaitu seperangkat komponen yang saling berhubungan dan saling ketergantungan satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama. Menurut Atmosudirdjo (1979:231), sistem adalah segala sesuatu yang terdiri dari objek-objek, unsur-unsur, komponen-komponen yang berkaitan satu sama lain.

Menurut Burch dan Strater (1974:9) suatu sistem dapat dirumuskan sebagai kumpulan bagian-bagian atau subsistem-subsistem yang disatukan dan dirancang untuk mencapai suatu tujuan.

2. Informasi
 

Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting bagi si penerima dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat dirasakan dalam keputusan-keputusan yang akan datang.

3. Manajemen

Komponen ketiga yaitu manajemen. Manajemen yaitu proses pengelolaan dimulai dari pengumpulan data, hingga menjadi informasi, termasuk proses pertransferan informasi kepada yang memerlukan.

Menurut Prajudi Atmosudirdjo (1962 : 179) pengertian manajemen dapat dipandang sebagai: 1) Orang-orang, 2) Semua orang yang mempunyai fungsi atau kegiatan pokok sebagai pemimpin-pemimpin, 3) Proses, 4) Adanya kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan tertentu, 5) Sistem kekuasaan atau wewenang supaya orang-orang menjalankan pekerjaan.

*Ditulis oleh Muhammad Syahdoe MZ, S.IP (Mahasiswa PPs UIN STS Jambi).

Baca juga artikel lainnya:

Pengertian sistem informasi manajemen

Pembinaan TIK di sekolah 




Post a Comment for "Sistem Informasi Manajemen (Pengertian, Fungsi, Komponen-komponen)"