Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghitung Jumlah Kata dan Jumlah Karakter Pada Microsoft Word

Rikaariyani.com- Sebelum mengetahui bagaimana cara menghitung jumlah kata dan jumlah karakter pada microsoft word, kita mesti memahami apa perbedaan kata dan karakter. Dalam satu kalimat terdiri dari beberapa kata dan dalam satu kata terdiri dari beberapa karakter. Artinya karakter adalah setiap huruf dan tanda baca yang ada di dalam kata tersebut, seperti tanda kutip, tanda tanya, dan juga spasi. Misalnya kata "Menulis", jika dihitung maka jumlah karakternya adalah 9 karakter, termasuk tanda kutip.

Lalu bagaimana cara menghitung jumlah kata dan jumlah karakter pada microsoft word? Caranya sangatlah gampang, karena microsoft word memiliki fitur yang dapat menampilkan jumlah kata dan jumlah karakter, sehingga kita tidak perlu bersusah payah menghitung satu persatu.

Berikut cara menghitung jumlah kata dan jumlah karakter pada microsoft word:

 



Apa Itu Jumlah Karakter?

Jumlah karakter adalah jumlah total huruf dan tanda baca dalam suatu teks, termasuk spasi, tanda seru, tanda tanya dan lain sebagainya. Mengetahui jumlah karakter diperlukan saat menulis suatu teks dimana teks tersebut tidak boleh melebihi jumlah karakter tertentu.

Bagaimana Cara Menghitung Jumlah Kata dan Jumlah Karakter?

Untuk melihat atau menghitung jumlah kata dan karakter sebuah dokumen pada microsoft word dapat dilakukan melalui beberapa cara, diantaranya adalah melalui kotak dialog pada Ribbon, bilah status, dan pada keyboard. 

Cara menghitung jumlah kata melalui tab menu ribbon:

  1. Buka dokumen atau file 
  2. Klik tab Review pada menu bar bagian atas
  3. Pilih word count  
  4. Pada jendela akan muncul keterangan mengenai dokumen tersebut. 
  5. Lihat jumlah kata pada bagian words.  
  6. Lihat jumlah karakter pada bagian character (no spaces) jika ingin melihat tanpa spasi, dan characters with spaces jika ingin menghitung dengan spasi.

Bagaimana Cara Menghitung Jumlah Karakter Pada Paragraf?

Cara menghitung jumlah karakter pada paragraf juga sangat gampang. Hanya saja, tidak semua orang mengetahui caranya. Untuk itu silahkan simak penjelasan singkat di bawah ini:

  1. Buka dokumen atau file  
  2. Tandai paragraf yang akan dihitung
  3. Klik menu review
  4. Pilih word count
  5. Lihat jumlah karakter.

Demikin penjelasan singkat mengenai cara mengetahui jumlah kata dan jumlah karakter pada suatu dokumen, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung di blog rikaariyani.com.

Baca juga artikel lainnya:

Cara mengatur spasi pada word

Cara membuat tabel di word

Fungsi hiperlink pada word 

Post a Comment for "Cara Menghitung Jumlah Kata dan Jumlah Karakter Pada Microsoft Word"