Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Blended Learning

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Blended Learning- Metode blended learning merupakan metode pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan secara virtual. Metode pembelajaran ini mulai terkenal setelah adanya covid-19 beberapa waktu lalu. 

Melalui metode blended learning proses pembelajaran dapat dilakukan secara e-learning dengan menggunakan tekonologi informasi dan bisa dilakukan dimana pun dan kapanpun. Selain itu, metode blended learning dapat meningkatkan interaksi antara siswa dan guru.

 


 

Pengertian Blended Learning

Blended learning adalah kombinasi pembelajaran tradisional dengan elektronik. Blended learning menggabungkan pembelajaran berbasis web/internet, dengan pembelajaran tradisional atau tatap muka.

Melalui penerapan blended learning diharapkan siswa dapat memahami materi dengan lebih baik dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Metode blended learning  mengintegrasikan kemajuan teknologi seperti teknologi multimedia, video streaming, kelas virtual, email, animasi teks online dengan bentuk-bentuk tradisional di kelas. Menurut Thorne (2013) metode pembelajaran blended yaitu metode pembelajaran yang memadukan antara dua metode, yaitu metode e-learning dan metode pembelajaran tradisional di kelas.  

Hal yang senada diungkapkan oleh Graham (2005), bahwa blended learning yaitu pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran online dengan offline atau tradisional.

Sedangkan Mosa (dalam Rusman, 2011) mengungkapkan bahwa blended learning adalah perpaduan antara dua unsur utama. Kedua unsur tersebut yaitu belajar di kelas dan online, atau pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbasis website.

Menurut Dwiyogo (2012), model pembelajaran blended learning merupakan pembelajaran yang sifatnya gabungan atau campuran. Metode ini hadir dengan mencampurkan antara pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran yang berbasis teknologi.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa blended learning adalah pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran berbasis  elektronik (e-learning) dengan pembelajaran secara tatap muka di kelas. 

Kelebihan Metode Blended Learning

Metode blended learning memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

  1. Siswa lebih leluasa dalam mempelajari materi-materi secara online.
  2. Siswa dapat melakuka diskusi dengan guru dan siswa lain di luar jam tatap muka.
  3. Guru dapat melakukan pengayaan melalui fasilitas internet.
  4. Guru dapat meminta siswa mengerjakan tugas sebelum melakukan pembelajaran.
  5. Siswa dapat saling berbagi file dengan siswa lain.
  6. Siswa menjadi lebih kreatif dan dapat berpikir lebih kritis.
  7. Siswa dapat memiliki kontrol terhadap pembelajaran mereka.
  8. Siswa memiliki kesempatan untuk mempelajari materi yang diinginkan.
  9. Siswa memiliki kesempatan untuk mengakses pembelajaran lebih lanjut.
  10. Pengaturan jadwal dan waktu pembelajaran lebih fleksibel

Kekurangan Metode Blended Learning

Kekurangan metode Blended Learning diantaranya adalah:

  1. Media yang dibutuhkan sangat beragam, apabila sarana dan prasarana tidak mendukung akan sulit diterapkan.
  2. Blended learning memerlukan akses internet yang memadai, jika jaringan tidak memadai akan menyulitkan siswa dalam mengikuti pembelajaran via online.
  3. Kurangnya kemampuan guru dan siswa dalam menggunakan teknologi.

Baca juga artikel lainnya:

Kelebihan dan kekurangan metode demonstrasi

Kelebihan dan kekurangan metode diskusi 

Mengenal media pembelajaran media audio visual

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Blended Learning"