Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keutamaan Membaca Surat Al Waqi'ah Secara Rutin

Rikaariyani.com, Jambi- Keutamaan Membaca Surat Al Waqi'ah Secara Rutin- Setiap surat dalam Al Quran memiliki keutamaannya masing-masing, begitu juga dengan surat Al-Waqiah. Salah satu keutamaan Surat  al waqiah adalah mempermudah rezeki. Sebagaimana hadist Rasulullah SAW yang berbunyi, “Barangsiapa membaca Al-Waqiah setiap malam, maka dia tidak akan jatuh miskin selamanya.” (HR Baihaqi).

Selain mempermudah rezeki, surat al waqiah juga memiliki banyak keutamaan lainnya. Selengkapnya akan dibahas di dalam artikel berikut ini:

 


 

Surat Al Waqiah merupakan surat ke-56  dan juz ke 27 di dalam Al Quran. Surat yang berjumlah 96 ayat ini diturunkan sebagai pengingat akan datangnya hari kiamat. 

Surat Al Waqiah memiliki banyak keutamaan, salah satunya adalah dijauhkan dari kemiskinan. Bahkan, Rasulullah SAW pernah menganjurkan umatnya untuk membaca surat ini agar terhindar dari kemiskinan. 

Di dalam surat Al Waqiah, dibahas mengenai kehidupan akhirat, oleh karena itu surat ini diawali dengan menerangkan apa itu kiamat dan menegaskan kepastian akan datangnya hari kiamat.

Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah

Dirangkum dari berbagai sumber, surat Al Waqiah memiliki beberapa keutamaan yang sangat luar biasa, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Terhindar Dari Kemiskinan 

Salah satu keutamaan surat al Waqiah adalah akan terhindar dari kemiskinan. Dalam sebuah hadis dikatakan, "Ajarkanlah Surah Al-Waqi’ah kepada istri-istrimu karana sesungguhnya ia adalah surah kekayaan.” (HR. Ibnu Ady).

2. Memperoleh Kekayaan Berlimpah

Apabila seseorang membaca Surat Al Waqiah sebanyak 14 kali setiap kali selesai menunaikan sholat Ashar, maka orang tersebut akan mendapatkan balasan berupa kekayaan yang didapat berlimpah dan tidak akan ada habisnya.

3. Ditunaikan Hajatnya

Apabila seseorang membaca Surat Waqiah ini sebanyak 41 kali dalam satu majlis atau dengan kata lain sekali duduk, maka akan ditunaikan semua hajat yang dimohonkan terutama yang berhubungan dengan rezeki.

4. Dijadikan Hartawan yang Dermawan

Mengamalkan surat Al Waqiah setelah shalat subuh dan sedudah shalat isya sebanyak 3 kali, insyaallah akan menjadikan kita hartawan yang dermawan.

5. Mempermudah Roh Keluar dari Jasad

Surat al Waqiah diklaim dapat membantu mempermudah roh keluar dari jasad. Baca surat al Waqiah disisi orang yang sedang nazak, insyaallah akan mempermudah rohnya keluar dari jasad sehingga tidak merasakan sakitnya sakaratul maut terlalu lama.

6. Mendapatkan Ketenangan Jiwa

Membaca surat al Waqiah secara rutin dapat memberikan ketenangan bagi siapapun yang membacanya. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah sebelum tidur, ia akan berjumpa dengan Allah dalam keadaan wajahnya seperti bulan purnama.” (Tsawabul A’mal, halaman 117).

7. Diberikan Keringanan Saat Sakit

Selain dapat meringankan rasa sakit, surat al Waqiah ini juga dapat mempermudah persalinan ibu hamil. 

8. Tidak Akan Ditimpa Kekafiran

Orang yang membaca Surat Al Waqiah secara rutin setiap hari tidak akan ditimpa kefakiran. Hal ini berdasarkan hadis dari Abdullah bin Mas’ud yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Waqi’ah, ia tidak akan tertimpa oleh kefakiran selamanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/203).

9. Mendapatkan Syafaat di Hari Kiamat

Orang yang membaca surat Al Waqiah secara rutin akan mendapatkan syafaat di hari kiamat. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang merindukan surga dan sifatnya, maka bacalah surat Al-Waqi’ah; dan barangsiapa yang ingin melihat sifat neraka, maka bacalah surat As-Sajadah.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

Demikian artikel mengenai keutamaan membaca surat al Waqiah, semoga bermanfaat dan semoga kita semua termasuk orang-orang yang senantiasa membaca surat al Waqiah setiap hari.

Baca juga artikel lainnya:

Keutamaan melaksanakan shalat tepat waktu

Keutamaan shalat tahajud 

Doa shalat istikharah



 

Post a Comment for "Keutamaan Membaca Surat Al Waqi'ah Secara Rutin"