Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Metode Pembelajaran Blended Learning

Rikaariyani.com, Jambi- Manfaat Metode Pembelajaran Blended Learning- Sebagaimana yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, bahwa metode blended learning adalah metode pembelajaran yang menggabungkan antara pembelajaran tatap muka di kelas dan pembelajaran jarak jauh atau secara daring. 

Metode Blended Learning sebenarnya tidak hanya digunakan di dalam dunia pendidikan, tetapi juga dimanfaatkan dalam pengembangan sumber daya manusia di dalam dunia kerja. Pengembangan itu digunakan untuk meningkatkan kinerja secara individu maupun secara tim. Konsepnya pun sama, yakni dengan tatap muka langsung dan melalui daring.

Lalu apa saja karakteristik dan manfaat menggunakan metode pembelajaran blended learning? Simak penjelasannya secara lengkap di dalam artikel berikut ini:

 

 

Pengertian Metode Blended Learning

Metode blended learning merupakan metode pembelajaran yang mengkombinasi strategi pembelajaran tatap muka (offline) dan pembelajaran berbasis internet (online).

Darmawan (2014:21) menjelaskan bahwa blended learning merupakan kombinasi metode pembelajaran yang bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran.

Menurut John Watson (2008:4), blended learning merupakan metode pembelajaran yang mengintegrasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online yang bertujuan untuk meningkatkan suasana pembelajaran aktif antara siswa dengan siswa serta siswa dengan guru.

Menurut Bersin (2004),
blended learning adalah kombinasi penggunaan teknologi, aktivitas dan jenis-jenis kegiatan untuk membuat program pembelajaran yang optimal sesuai dengan karakteristik siswa.

Menurut Armitege et.al (2012:149), blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggunakan metode jarak jauh dan tatap muka.

Sedangkan Kose (2010:2794) menjelaskan bahwa blended learning merupakan metode pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dan aktivitas pembelajaran online.

Berdasarkan beberapa penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa blended learning adalah suatu pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online sehingga menghasilkan pembelajaran yang fektif dan efisien.

Karakteristik Blended Learning
 
Metode Blended Learning memiliki beberapa karakteristik, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Metode blended learning menggabungkan pembelajaran konvensional dan pembelajaran online.
  2. Metode blended learning mengkombinasikan berbagai sumber belajar.
  3. Guru dan orang tua memiliki peran yang sama

Baca juga: Rahasia passive income dari produk digital, cocok untuk pemula!


Manfaat Metode Blended Learning

Menerapkan metode pembelajaran blended learning memiliki beberapa manfaat, diantaranya adalah:

1. Pembelajaran menjadi lebih fleksibel

Menerapkan metode blended learning menjadikan proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel, luwes dan tidak kaku karena peserta didik terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

2. Hasil Belajar Lebih Efektif

Metode pembelajaran blended learning terbukti mampu meningkatkan hasil belajar para peserta didik.

3. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan Peserta Didik

Proses pembelajaran pada hakekatnya merupakan proses interaksi antara guru dengan siswa. Metode pembelajaran blended learning cenderung lebih memudahkan peserta didik terlibat dalam aktivitas pembelajaran.

4. Meningkatkan Kepuasan Peserta Didik

Metode pembelajaran blended learning terbukti mampu meningkatkan kepuasan peserta didik terhadap pembelajaran.

5. Peserta Didik Menjadi Lebih Aktif

Pembelajaran secara tradisional cenderung membuat peserta didik lebih pasif karena  bersifat teacher-centered atau berpusat pada guru. Berbeda dengan metode blended learning, peserta didik akan berpartisipasi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran.

5. Menghemat Waktu dan Biaya

Model pembelajaran blended learning, guru dapat mengupload materi-materi pembelajaran tanpa harus mencetak maupun menggandakannya. 

Baca juga artikel lainnya:

 



Post a Comment for "Manfaat Metode Pembelajaran Blended Learning"