Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Tradisi Cecah Inai Adat Melayu Riau

Rikaariyani.com- Mengenal Tradisi Cecah Inai Adat Melayu Riau- Salah satu tradisi pernikahan di Teluk Pinang Kabupaten Indragiri Hilir Riau adalah cecah inai. Cecah inai dilakukan di rumah mempelai perempuan pada malam hari sebelum melaksanakan pesta pernikahan pada keesokan harinya. 

Apa itu cecah inai? Dan Bagaimana prosesi cecah inai? simak penjelasannya secara lengkap pada artikel berikut ini.

 


Sekilas Tentang Provinsi Riau

Riau merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Riau terletak di bagian tengah pantai timur pulau Sumatra. Wilayah pesisirnya berbatasan dengan Selat Malaka.

Berdasarkan hasil Badan Pusat Statistik Riau tahun 2022, penduduk provinsi Riau berjumlah 6.493.603 jiwa. Riau merupakan salah satu provinsi terkaya di Indonesia, sumber dayanya didominasi dari sumber alam, terutama minyak bumi, kelapa sawit, dan perkebunan kelapa.

Mengenal Tradisi Cecah Inai Adat Melayu Riau

Cecah inai merupakan salah satu rangkaian adat melayu Riau. Cecah inai dilakukan pada malam hari saat pengantin laki-laki diantarkan ke rumah pengantin perempuan. Kostum yang digunakan oleh kedua mempelai adalah baju adat melayu Riau.

Saat mereka disandingkan, keluarga kedua mempelai secara bergantian memberikan doa sambil menaburkan beras putih, beras kunyit, air tawar dan inai. 

Cecah inai juga dilakukan oleh tetua adat, tokoh adat, dan juga ulama. Selain itu, prosesi cecah inai ini juga diiringi musik dan dihadiri oleh masyarakat banyak sehingga membuat acara ini semakin semarak.

Tak hanya di Teluk Pinang Inhil Riau, cecah inai juga dilestarikan oleh masyarakat melayu Riau lainnya, seperti di Indragiri Hulu, Rengat, Pelalawan, dan lain sebagainya.

Prosesi acara cecah inai diawali dengan cara memberikan bedak di tangan kedua mempelai, lalu dilanjutkan dengan menaburkan beras putih, beras kunyit, bertih, air tawar, dan diakhiri dengan inai.

Setelah prosesi cecah inai selesai, acara ditutup dengan pembacaan doa oleh ustadz yang diundang dalam kegiatan tersebut.

Saya pribadi karena bukan asli dari melayu Riau, cukup tertarik dengan adat yang satu ini. Bagaimana dengan kamu? Kirim komentarnya di bawah ini ya.

*Artikel ini ditulis saat acara cecah inai sedang berlangsung di Teluk Pinang, Inhil, Riau.



Post a Comment for "Mengenal Tradisi Cecah Inai Adat Melayu Riau"