Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bolu Berendam: Makanan Khas Riau

Bolu Berendam: Makanan Khas Riau- Tanah melayu Riau ternyata menyimpan banyak keunikan, salah satu keunikannya adalah kuliner bolu berendam. Bolu ini disebut bolu berendam karena dihidangkan dalam keadaan basah. Bolu berendam memiliki rasa yang sangat manis karena memang didominani oleh gula dan telur.




Menurut riwayat, bolu berendam adalah makanan kesukaan para raja di kerajaan Indragiri. Biasanya bolu berendam ini hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu saja, seperti acara pernikahan, hari raya idul fitri dan juga hari raya idul adha. 

Selain itu, bolu berendam juga sudah tercatat secara resmi sebagai Kekayaan Intelektual Komunal di kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Riau.

Tidak semua orang bisa membuat bolu berendam, karena selain memiliki beberapa pantangan, bolu berendam juga membutuhkan kesabaran tinggi dalam proses pembuatannya. Jadi, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membuatnya.

Bolu berendam memiliki rasa yang sangat manis karena direndam dalam air gula putih atau sirup. Uniknya, meski direndam, bolu tersebut tidak hancur seperti bolu lainnya. Teksturnya tetap padat. 

Proses pembuatan bolu berendam tidak membutuhkan banyak tepung, untuk sepuluh butir telur dan 2 kilogram gula, hanya perlu 1 genggam tepung terigu. Bagi yang penasaran bagaimana membuat bolu berendam ini, silahkan simak cara-cara pembuatannya berikut ini:

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 5 butir telur ayam 
  • 100 gr gula pasir 
  • 200 gr tepung terigu 
  • vanili secukupnya 
  • 1 gelas air (250 ml) 
  • 100 gr gula pasir 
  • Daun pandan 
  • Pewarna makanan


Cara membuat:

  1. Kocok telur hingga mengembang, tambahkan tepung terigu, dan vanili, kemudian aduk hingga merata. 
  2. Masukkan adonan kedalam cetakan yang telah diolesi dengan margarin. 
  3. Kukus adonan yang telah dicetak dengan bara api. 
  4. Setelah bolunya masak, panaskan sedikit air, masukkan gula pasir, kayu manis, dan daun pandan, lalu masak hingga mendidih. 
  5. Masukkan bolu ke dalam air gula tersebut dan bolu berendam siap disajikan.

Beberapa pantangan yang harus dihindari saat pembuatan bolu berendam adalah tidak boleh menggunakan tenaga listrik, tidak sedang datang bulan, dan tidak boleh sambil berkata kasar. Jika salah satu pantangan dilanggar, maka hasilnya tidak akan maksimal.

Baca juga artikel lainnya:Mengenal tradisi cecah inai adat melayu Riau


Post a Comment for "Bolu Berendam: Makanan Khas Riau"