Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Rikaariyani.com- Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan- Sarana dan prasarana Pendidikan merupakan hal yang sangat urgent dalam proses Pendidikan dan pembelajaran. Keberadaan sarana dan prasarana Pendidikan adalah salah satu syarat untuk menghasilkan Pendidikan yang bermutu. Kenapa? Karena proses Pendidikan tidak akan dapat berlangsung tanpa adanya dukungan sarana dan prasarana.

Untuk itu, sarana dan prasarana di sebuah Lembaga Pendidikan harus direncanakan dengan baik agar tujuan Pendidikan yang diharapkan dapat tercapai secara efektif dan efisien.

 



Pengertian Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Menurut KBBI (2007: 999) sarana adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan. Sedangkan sarana Pendidikan adalah segala peralatan yang dapat digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran, seperti Gedung, ruang kelas, meja, kursi, dan media pembelajaran (Mulyasa, 2004: 49).

Hal yang senada juga diungkapkan oleh Tholib (2000: 97), bahwa sarana Pendidikan adalah peralatan yang secara langsung digunakan untuk mencapai tujuan Pendidikan, misalnya: ruang, buku, perpustakaan, laboratorium, dan lain sebagainya.

Menurut Keputusan Menteri P dan K no. 079/1975, sarana Pendidikan terdiri dari 3 kelompok, yakni: 1) bangunan dan perabot sekolah, 2) alat pelajaran yang terdiri dari buku, alat peraga, dan laboratorium, 3) media pendidikan.

Sedangkan prasarana Pendidikan adalah alat yang secara tidak langsung digunakan untuk mencapai tujuan Pendidikan, misalnya lapangan olahraga, taman, jalan menuju sekolah, dan lainnya.

Menurut Baharuddin (2010: 84), prasarana pendidikan adalah fasilitas yang secara tidak langsung menunjang jalannya proses pembelajaran, seperti halaman, kebun, taman, dan lain sebagainya.

 

Tembus CPNS!


Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Kegiatan Perencanaan sarana dan prasarana Pendidikan memiliki beberapa tahap, diantaranya adalah:

1. Melakukan analisis kebutuhan

Analisis kebutuhan sarana dan prasarana Pendidikan dilakukan untuk mengetahui sarana dan prasarana apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung proses pembelajaran di kelas dan di luar kelas. Analisis kebutuhan harus melibatkan guru kelas dan guru mata pelajaran.

2. Melakukan analisis pembiayaan

Analisis pembiayaan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pembelian sarana dan prasarana untuk meminimalisir penggunaan dana yang tidak tepat sasaran.

3. Melakukan analisis prioritas

Analisis Prioritas sarana dan prasarana merupakan hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan pengadaan. Analisis prioritas merupakan pemilihan usulan-usulan guru dalam perencanaan sarana dan prasarana Pendidikan yang dibutuhkan sekolah dan mengacu pada dana Pendidikan yang tersedia.

Tujuan Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Tujuan utama perencanaan sarana dan prasarana Pendidikan adalah:

  1. Untuk menghindari terjadinya kesalahan dan kegagalan yang tidak diinginkan. 
  2. Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaannya.

Prinsip-Prinsip Perencanaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Perencanaan sarana dan prasarana Pendidikan harus memenuhi beberapa prinsip, yakni:

  1. Perencanaan harus didasarkan pada analisis kebutuhan 
  2. Perencanaan sarana dan prasarana Pendidikan harus sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Demikian pembahasan mengenai perencanaan sarana dan prasarana pendidikan. Semoga bermanfaat.

 

Baca juga artikel lainnya:

Manajemen sarana dan prasarana pendidikan

Standar sarana dan prasarana laboratorium bahasa

Kegiatan manajemen sarana dan prasarana pendidikan 

Tujuan dan prinsip manajemen sarana dan prasarana pendidikan


Mau sukses tes CPNS dan PPPK, miliki buku ini sekarang.




Post a Comment for "Perencanaan Sarana dan Prasarana Pendidikan "