Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan Dan Prinsip Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

Tujuan Dan Prinsip Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan- Pada dasarnya manajemen sarana dan prasarana pendidikan memiliki beberapa tujuan. Apa saja? Simak penjelasan berikut :
 
 

Pengertian 

Sarana pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan guru untuk memudahkan penyampaian materi pelajaran. Jika dilihat dari sudut murid, sarana pendidikan adalah segala macam peralatan yang digunakan murid untuk memudahkan mempelajari mata pelajaran.

Menurut Mahdi Mahmud Salim, sarana pendidikan adalah alat dan perangkat pembelajaran untuk memfasilitasi proses belajar mengajar.

Sedangkan prasarana pendidikan adalah segala macam peralatan, kelengkapan, dan benda-benda yang digunakan guru (dan murid) untuk memudahkan penyelenggaraan pendidikan.

Pentingnya Sarana dan Prasarana Pendidikan

Pentingnya sarana dan prasarana pendidikan adalah:

  1. Meningkatkan minat siswa dan memenuhi kebutuhannya untuk belajar atau dirangsang untuk belajar. 
  2. Meningkatkan pengalaman siswa dan membuatnya lebih siap untuk belajar dan menuntut itu. 
  3. Membentuk dan membangun pemahaman yang baik. 
  4. Keragaman metode pengajaran untuk memenuhi perbedaan individu antar siswa.


 Tujuan Manajemen Sarana dan Prasarana

  1. Menciptakan sekolah atau madrasah yang bersih, rapi, indah, sehingga menyenangkan bagi warga sekolah atau madrasah. 
  2. Tersedianya sarana dan prasarana yang memadai baik secara kualitas maupun kuantitas dan relevan dengan kepentingan dan kebutuhan pendidikan.

Secara lebih rinci Tim Pakar Manajemen Universitas Negeri Malang mengidentifikasi beberapa hal mengenai tujuan sarana dan prasarana pendidikan yaitu:

  1. Untuk mengupayakan pengadaan sarana dan prasarana pendidikan melalui sistem perencanaan dan pengadaan secara hati-hati dan saksama, sehingga sekolah atau madrasah memiliki sarana dan prasarana yang baik sesuai dengan kebutuhan dana yang efisien. 
  2. Untuk mengupayakan pemakaian sarana dan prasarana sekolah itu harus secara tepat dan efisien. 
  3. Untuk mengupayakan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikana secara teliti dan tepat, sehingga keberadaan sarana dan prasarana tersebut akan selalu dalam keadaan siap pakai ketika akan digunakan atau diperlukan.


Prinsip-prinsip Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

Prinsip-Prisip Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Lahan bangunan dan perlengkapan perabot sekolah harus menggambarkan cita dan citra masyarakat seperti halnya yang dinyatakan dalam filsafat dan tujuan pendidikan. 
  2. Perencanaan lahan bangunan dan perlengkapan-perlengkapan perabot sekolah hendaknya merupakan pancaran keinginan bersama dan dengan pertimbangan suatu tim ahli yang cukup cakap yang ada di masyarakat. 
  3. Lahan bangunan dan perlengkapan-perlengkapan perabot sekolah hendaknya disesuaikan memadai bagi kepentingan anak-anak didik, demi terbentuknya karakter mereka dan dapat melayai serta menjamin mereka diwaktu belajar, bekerja, dan bermain sesuai dengan bakat mereka. 
  4. Lahan bangunan dan perlengkapan-perlengkapan perabot sekolah serta alat-alatnya hendaknya disesuaikan dengan kepentingan pendidikan yang bersumber dari kepentingan serta keunaan atau manfaat bagi anak-anak/murid-murid dan guru-guru. 
  5. Sebagai penanggung jawab harus membantu program sekolah secara efektif melatih para petugas serta memilih alatnya dan cara menggunakannya agar mereka dapat menyesuaikan diri serta mlaksanakan tugas-tugasnya sesuai dengan fungsi dan profesinya. 
  6. Seorang penanggung jawab sekolah harus mempunyai kecakapan untuk mengenal, baik kualitatif maupun kuantitatif serta menggunaka dengan tepat fungsi bangunan dan perlengkapannya. 
  7. Sebagai penanggung jawab harus mampu memelihara dan mengunakan bangunan dan tanah sekitarnya sehingga ia dapat membantu terwujudnya ksehatan, keamanan, kebahagiaan dan keindahan serta kemajuan dari sekolah dan masyarakat. 
  8. Sebagai penanggung jawab sekolah bukan hanya mengetahui kekayaan sekolah yang dipercayakan kepadanya, melainkan harus memperhatikan seluruh alat-alat pendidikan yang dibutuhkan oleh anak didiknya.


Kesimpulan

Tujuan dari manajemen sarana dan prasarana pendidikan yaitu agar dapat memberikan kontribusi yang optimal terhadap proses pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. 

Demikian pembahasan mengenai tujuan dan prinsip manajemen sarana dan prasarana pendidikan, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Manfaat media pembelajaran

Post a Comment for " Tujuan Dan Prinsip Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan"