Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan

Rikaariyani.com- Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan- Salah satu tugas penting seorang manajer Pendidikan adalah memenej sarana dan prasarana Pendidikan. Melalui manajemen sarana dan prasarana pendidikan, diharapkan dapat menciptakan sekolah yang bersih, rapi, dan indah, sehingga guru maupun siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan kondisi yang menyenangkan.

Tidak hanya itu, tersedianya sarana dan prasarana yang lengkap dan memadai, proses Pendidikan dan pembelajaran dapat terlaksana dengan baik sehingga tujuan Pendidikan dapat tercapai.

Selengkapnya mengenai manajemen sarana dan prasarana Pendidikan, akan penulis bahas di dalam artikel berikut ini:

Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan


Pengertian sarana dan prasarana Pendidikan

Sarana Pendidikan adalah segala peralatan dan perlengkapan yang digunakan secara langsung dalam proses pembelajaran. Contohnya adalah: ruang kelas, meja, kursi, Gedung, dan alat-alat atau media lainnya.

Sedangkan prasarana Pendidikan adalah fasilitas yang digunakan secara tidak langsung untuk menunjang proses pembelajaran. Misalnya, halaman sekolah, kebun, taman sekolah, dan lainnya.

Sarana dan prasarana Pendidikan adalah tolak ukur dalam menentukan mutu sekolah.

Menurut Donni dan Rismi dalam buku manajemen supervisi dan kepemimpinan kepala sekolah, sarana adalah peralatan yang dibutuhkan secara langsung, dan prasarana adalah yang dibutuhkan secara tidak langsung.

Sedangkan menurut Tim Dosen administrasi Pendidikan UPI, sarana Pendidikan adalah benda, alat, baik yang bergerak maupun tidak, dan digunakan untuk mendukung kelancaran proses Pendidikan.

Baca juga: Fungsi pengorganisasian dalam manajemen


Jenis-jenis sarana dan prasarana Pendidikan

1. Ruang kelas

Ruang kelas yaitu tempat melaksanakan proses pembelajaran.

2. Ruang perpustakaan

Perpustakaan yakni tempat menyimpan koleksi buku-buku dan bacaan lainnya yang dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa.

3. Ruang laboratorium

Ruang laboratorium adalah tempat siswa melaksanakan praktek.

4. Ruang keterampilan

Ruang keterampilan yakni tempat siswa melaksanakan Latihan-latihan tertentu.

5. Ruang kesenian

Yakni tempat melaksanakan kegiatan seni.

6. Fasilitas olahraga

Yakni tempat melaksanakan kegiatan olahraga


Tujuan manajemen sarana dan prasarana pendidikan

Tujuan manajemen sarana dan prasarana Pendidikan secara umum adalah supaya semua kegiatan yang dilakukan dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan Pendidikan dapat tercapai sebagaimana yang diharapkan.

Selain itu, manajemen sarana dan prasarana Pendidikan juga bertujuan untuk:

  1. Mewujudkan situasi dan kondisi sekolah yang baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar, yang memungkinkan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin. 
  2. Mengatasi hambatan-hambatan yang ada dalam proses pembelajaran. 
  3. Mengatur fasilitas atau peralatan  yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
  4. Membina dan membimbing siswa sesuai dengan latar belakang sosial, ekonomi, budaya serta sifat-sifat individunya.

Prinsip dasar manajemen sarana dan prasarana pendidikan

Menurut Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, prinsip dasar manajemen sarana dan prasarana antara lain :

  1. Harus menggambarkan cita dan citra masyarakat. 
  2. Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan sebaiknya sesuai dengan keinginan bersama. 
  3. Manajemen sarana dan prasarana hendaknya disesuaikan dengan kepentingan siswa sehingga dapat membentuk karakter atau watak mereka. 
  4. Perabot dan perlengkapan serta peralatan hendaknya disesuaikan dengan kepentingan pendidikan, serta berguna dan bermanfaat bagi siswa dan tenaga kependidikan. 
  5. Administor lembaga pendidikan harus dapat membantu program pembelajaran secara efektif, melatih tenaga kependidikan agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. 
  6. Seorang penanggung jawab lembaga pendidikan harus mampu menggunakan perabot dan perlengkapan yang ada dengan tepat. 
  7. Penanggung jawab lembaga pendidikan harus mampu menggunakan dan merawat perlengkapan sehingga dapat membantu terwujudnya kesehatan, keamanan, keindahan, serta kemajuan lembaga. 
  8. Penanggung jawab lembaga pendidikan bukan hanya mengetahui kekayaan yang dipercayakan kepadanya, tetapi harus memperhatikan seluruh keperluan alat-alat pendidikan yang dibutuhkan peserta didik dan sanggup memeliharanya.

Sedangkan menurut Doni dan Rismi, prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan dalam manajemen sarana dan prasarana adalah :

a) Ketersediaan

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya selalu ada pada saat dibutuhkan, sehingga mampu mendukung secara optimal proses belajar mengajar.

b) Kemudahan

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya mudah digunakan sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.

c) Kegunaan

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya saling mendukung antara satu dengan yang lainnya sehingga proses pembelajaran berjalan dengan lancar.

d) Kelengkapan

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya tersedia dengan lengkap sehingga proses pembelajaran tidak terganggu. Selain itu, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah akan menunjang dalam akreditasi sekolah.

e) Kebutuhan Peserta Didik

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya mampu memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.

f) Ergonomis

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya dirancang dalam konsep ergonomis sehingga mendukung proses belajar dan mengajar yang sesuai dengan konsep kenyamanan.

g) Masa Pakai

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya merupakan barang-barang yang mampu dipergunakan dalam jangka waktu panjang. Dengan demikian, maka kualitas sarana dan prasarana yang ada disekolah harus berkualitas baik.

h) Pemeliharaan

Sarana dan prasarana sekolah hendaknya praktis untuk dirawat atau dipelihara sehingga tidak menyulitkan proses pemeliharaannya.

Demikian penjelasan singkat mengenai manajemen sarana dan prasarana pendidikan, semoga bermanfaat.

Baca juga: Sistem pendidikan di Australia


Post a Comment for "Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan"