Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian

Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian- Salah satu hal yang perlu diperhatikan seorang peneliti sebelum melakukan penelitian adalah menentukan variabel penelitian. Variabel penelitian adalah salah satu unsur utama yang tidak boleh diabaikan dalam sebuah penelitian. 

Apa itu variabel penelitian?

Untuk lebih memahami apa itu variabel penelitian, di bawah ini akan dijelaskan secara detail mengenai variabel penelitian yang meliputi pengertian variabel, macam-macam variabel, dan cara menentukan variabel penelitian.

 


Pengertian Variabel Penelitian

Variabel penelitian yakni sebuah konsep penelitian yang perlu diamati dan diteliti oleh seorang penelitian. Variabel penelitian juga dapat didefenisikan sebagai kegiatan pengujian hipotesis atau dugaan sementara yang bertujuan untuk menguji teori dan fakta yang ada di lapangan.

Variabel penelitian memiliki sifat yang bervariasi dan beragam, dapat diukur, dan dapat diuji.

Variabel penelitian adalah suatu istilah yang biasa digunakan dalam penelitian kuantitatif.

Variabel penelitian merupakan tahap awal dalam suatu penelitian dan merupakan hal yang harus ada dalam sebuah penelitian. 

Para ahli memiliki pandangannya masing-masing mengenai variabel penelitian ini. 

Menurut Suharsimi Arikunto (1998), variabel penelitian yakni objek penelitian atau apa yang menjadi perhatian dalam penelitian.

Menurut Sugiyono (2009), variabel penelitian adalah segala sesuatu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari sehingga dapat memperoleh informasi dan dapat menarik kesimpulan.

Menurut Effendi (1982), variabel penelitian adalah sebuah konsep yang mengandung variasi nilai.

Menurut Hatch dan Farhady (2015), variabel penelitian adalah objek yang memiliki variasi satu sama lain.

Sedangkan Kerlinger (2006) mengemukakan bahwa variabel penelitian adalah sifat yang akan dipelajari dan memiliki nilai yang bervariasi. 

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa variabel penelitian adalah sifat atau nilai suatu objek yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan disimpulkan.

Macam-macam Variabel Penelitian

Variabel penelitian terdiri dari beberapa macam, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Variabel Dinamis

Variabel dinamis yakni variabel yang sifatnya dapat berubah-ubah. Contoh: Kinerja karyawan, minat baca, dan lain sebagainya.

2. Variabel Statis

Variabel statis yakni variabel yang sifatnya tetap dan tidak berubah. Misalnya: status sosial, tempat lahir, dan lain sebagainya.

3. Variabel Konseptual

Variabel konseptual yakni variabel yang tersembungi atau tidak terlihat. Contohnya: motivasi siswa, minat baca, dan lain sebagainya.

4. Variabel Faktual

Variabel faktual adalah variabel yang dapat dilihat melalui fakta yang ada. Misalnya: pendidikan, agama, dan lain sebagainya.

5. Variabel Nominal

Variabel nominal yakni variabel yang hanya dapat dikelompokkan menjadi beberapa kategori saja. Variabel nominal ini merupakan variabel yang memiliki variasi paling sedikit.

6. Variabel Kontinum

Variabel kontinum yakni variabel yang memiliki tingkatan atau jenjang. Misalnya variabel peringkat atau kejuaraan.

Baca juga: 

Langkah identifikasi masalah dalam penelitian kuantitatif  

Pengertian populasi dan sampel

 

Cara Menentukan Variabel Penelitian

1. Menentukan Masalah Penelitian

Masalah dalam penelitian dilambangkan dengan huruf Y dan disebut sebagai variabel terikat. Contohnya:Kinerja guru.

2. Menentukan Faktor Permasalahan

Faktor permasalahan dilambangkan dengan huruf X atau disebut sebagai variabel bebas. Jika variabel Y adalah kinerja guru, maka variabel bebasnya adalah faktor yang mempengaruhi kinerja guru. Misalnya: Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru.

3. Menyiapkan teori-teori penelitian

Teori-teori penelitian berguna untuk mendukung variabel bebas dan variabel terikat. Teori-teori tersebut dapat berasal dari berbagai referensi, baik dari buku, penelitian sebelumnya atau pun jurnal-jurnal. Minimal ada 10 teori yang digunakan untuk menguji variabel penelitian.

4. Mempersiapkan Kebutuhan penelitian

Beberapa hal yang perlu dipersiapkan adalah rencana penelitian, dokumen-dokumen yang diperlukan, dana yang dibutuhkan, dan keperluan pendukung lainnya.

Baca juga artikel lainnya:

Cara pengambilan sampel dalam penelitian kuantitatif

Contoh proposal penelitian kuantitatif 

 

Post a Comment for "Pengertian, Macam-macam, dan Cara Menentukan Variabel Penelitian"