Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dosen IAI SMQ Bangko Lolos Uji Kompetensi Asesor BKD Nasional

 

Dosen IAI SMQ Bangko Lolos Uji Kompetensi Asesor BKD Nasional- Dua dosen Institut Agama Islam (IAI) Syekh Maulana Qori Bangko dinyatakan lolos dalam uji kompetensi Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi. Dua dosen tersebut adalah Dr. Rika Ariyani, M.Pd.I, dan Dr. Nasril, M.Pd.I. keduanya merupakan dosen tetap Program Studi Manajemen Pendidikan Islam IAI SMQ Bangko.

Berdasarkan Salinan keputusan Dirjendikti kemendikbud nomor 12E/KPT/2021 tentang Pedoman Operasional Beban Kinerja Dosen, asesor BKD adalah dosen yang telah memenuhi kriteria dan kewenangan melakukan penilaian BKD pada tingkat satuan perguruan tinggi.

Dosen yang dinyatakan lulus tersebut berhak mendapatkan sertifikat sebagai asesor dan juga Nomor Identifikasi Registrasi Asesor (NIRA). Adapun tugas asesor BKD diantaranya adalah: 1) menilai rencana dan laporan BKD/LKD, 2) memberikan rekomendasi/ catatan perbaikan, 3) memberikan penilaian, 4) melakukan validasi hasil penilaian.

Dalam melakukan penilaian, seorang asesor harus menjunjung tinggi 6 prinsip penilaian. Enam prinsip tersebut yaitu harus edukatif, obyektif, transparan, netralitas, akuntabilitas, dan integritas. Proses penilaian BKD mengenal dua istilah, yakni Memenuhi dan Tidak Memenuhi. Kriteria Memenuhi jika dosen mampu memenuhi beban 12-16 SKS dalam melaksanakan Tri Dharma dan tugas penunjang.

Sebagai informasi untuk dosen yang akan mengikuti uji kompetensi asesor BKD, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi, diantaranya adalah: 1) dosen tetap yang masih aktif dan tercatat di PDDIKTI, 2) memiliki kualifikasi Pendidikan minimal Doktor dengan jabatan minimal lektor, atau magister dengan jabatan minimal lektor kepala, 3) memiliki sertifikat pendidik dosen (SERDOS), 4)  mengikuti penyamaan persepsi yang diselenggarakan oleh direktorat sumber daya.


Post a Comment for "Dosen IAI SMQ Bangko Lolos Uji Kompetensi Asesor BKD Nasional"