Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu LoA? Dan Apa Manfaat LoA Jurnal?

Tulisan ini terinspirasi dari pertanyaan salah seorang rekan sesama dosen mengenai LoA dari sebuah jurnal. Kebetulan beberapa hari yang lalu, beliau sudah mengirimkan artikelnya untuk diterbitkan pada jurnal tersebut.

 



Apa Itu LoA?

LoA merupakan singkatan dari Letter of Acceptance yakni surat keterangan yang diterbitkan oleh pengelola jurnal yang menerangkan bahwa artikel yang dikirim oleh penulis tersebut layak terbit. Melalui surat tersebut juga dinyatakan kapan artikel tersebut diterbitkan.

LoA juga dapat diartikan sebagai surat tanda terima. LoA dikeluarkan setelah penulis melakukan submit pada penerbitan jurnal. Biasanya LoA bisa didapatkan dalam waktu beberapa hari saja setelah submit. LoA merupakan penanda bahwa jurnal yang telah disubmit tersebut disetujui untuk dipublikasikan pada jurnal yang dituju.

Apa Manfaat LoA?

LoA adalah bukti bahwa artikel yang submit telah diterima untuk diterbitkan. Author dapat menggunakan surat keterangan tersebut sebagai bukti fisik yang dapat diakses secara daring.  Selain itu, LoA juga bermanfaat untuk:

  1. Bermanfaat sebagai bukti luaran riset 
  2. Bermanfaat sebagai bukti syarat menyelesaikan studi


Bagaimana Cara Mendapatkan LoA?

Untuk mendapatkan LoA jurnal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh seorang author, yaitu sebagai berikut:

1. Memiliki artikel yang akan dipublish

Artikel atau karya ilmiah yang akan dipublih bisa dari tugas akhir seperti skripsi, tesis, dan disertasi atau penelitian lainnya.

2. Pastikan Artikel yang ditulis bebas dari plagiasi

Author dituntut untuk menulis artikel yang original, berkualitas, memiliki novelty, dan tentunya bebas dari plagiat. Plagiasi yakni mengutip Sebagian atau seluruh karya ilmiah orang lain dan diakui sebagai karya ilmiah kita tanpa menyebutkan sumbernya. Untuk menghindari plagiarisme tipsnya adalah cantumkan sumber rujukan, lakukan paraphrase, dan gunakan aplikasi anti plagiarisme seperti Turnitin dan lain sebagainya.

3. Tentukan jurnal tempat mempublish

Pilih jurnal yang sesuai dengan artikel yang ditulis. Hal ini penting karena menjadi ukuran diterima atau tidaknya artikel yang disubmit.

4. Submit artikel

Setelah artikel disubmit, Langkah selanjutnya adalah menunggu proses review dari pengelola jurnal, apakah artikel tersebut diterima atau ditolak.

5. Artikel dipublikasikan

Jika artikel yang submit diterima oleh pengelola jurnal, artikel tersebut akan dipublikasikan secara online atau cetak.

Demikian pembahasan mengenai LoA dan manfaat LoA. Semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Langkah-langkah menulis jurnal ilmiah

Perbedaan makalah dan jurnal




Post a Comment for "Apa Itu LoA? Dan Apa Manfaat LoA Jurnal?"