Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Agar Cepat Naik Pangkat Bagi Guru

Tips Agar Cepat Naik Pangkat Bagi Guru- Kenaikan pangkat adalah impian setiap abdi negara, termasuk para guru yang mengabdi di sektor pendidikan.

Namun, tak sedikit guru-guru yang tak paham bagaimana caranya mengurus kenaikan pangkat. Karena ketidaktahuan itu, mereka kerap kali gagal dalam penilaian untuk kenaikan pangkat. Oleh karena itu, di dalam artikel ini penulis akan membahas secara detail bagaimana tips agar cepat naik pangkat, khususnya buat para guru. Selamat membaca!

Tips Agar Cepat Naik Pangkat Bagi Guru

 

Tips Agar Cepat Naik Pangkat Bagi Guru


 

Syarat Kenaikan Pangkat Guru

Kenaikan pangkat merupakan penghargaan yang diberikan kepada pegawai atas pengabdian yang telah dilakukannya. Kenaikan pangkat guru memiliki beberapa persyaratan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memenuhi Angka Kredit Minimal

Hal ini telah termaktub dalam permenpan & RB No. 16 Tahun 2009 bahwa untuk dapat naik pangkat, seorang guru harus mampu memenuhi angka kredit minimal dan angka kredit per jenjang. 

Angka kredit guru terdiri dari unsur utama dan unsur penunjang. Adapun unsur utama yakni: pendidikan, kegiatan pembelajaran, dan pengembangan profesi. Sedangkan unsur penunjangnya adalah membimbing PKL, menjadi pengawas ujian, menjadi anggota suatu organisasi profesi, menjadi anggota pramukan, menjadi tim penilai angka kredit, dan memperoleh penghargaan atau tanda jasa.

2. Sudah menduduki jabatan terakhir minimal 2 tahun 

Untuk mengajukan kenaikan pangkat, jangka waktu idealnya adalah 2 tahun setelah menduduki jabatan terakhir. Selama waktu 2 tahun tersebut, seorang guru bisa mempersiapkan diri seperti mengumpulkan syarat-syarat yang dibutuhkan, membuat karya tulis ilmiah atau karya inovatif lainnya agar memudahkan proses pengajuan pangkat. 

3. Setiap unsur DP3 memiliki nilai yang baik dalam jangka waktu 2 tahun terakhir

DP3 yakni penilaian yang diberikan oleh atasan. Ini merupakan syarat terakhir dalam pengajuan kenaikan pangkat.
 

Tips Agar Cepat Naik Pangkat Bagi Guru

1. Usahakan Rutin Mengikuti DIKLAT

Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) sangat penting bagi guru, melalui diklat secara tidak langsung akan berpengaruh kepada kinerja guru. Guru menjadi lebih profesional, koneksi menjadi bertambah, dan tentunya semakin produktif.  Selain diklat, bisa juga dengan mengikuti seminar-seminar, workshop, dan lain sebagainya. Jangan malas untuk melakukan pengembangan diri jika ingin naik pangkat.

2. Paksa Diri Untuk Membuat Karya 

Seorang guru harus semangat dalam berkarya terutama karya tulis ilmiah dan karya inovatif lainnya. Paling tidak, dalam setahun guru harus mampu menghasilkan satu karya ilmiah, baik makalah, artikel, PTK, maupun buku.

Kenyataan yang ada pada saat ini, banyak guru yang tidak mau menulis. Jika pun harus menulis, banyak yang melakukan copy paste. Untuk itu, penting bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya dalam menulis. Apalagi saat ini salah satu syarat untuk kenaikan pangkat adalah harus menghasilkan karya tulis ilmiah.

3. Tingkatkan Kualifikasi Pendidikan

Selain harus menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya, seorang guru juga perlu memperhatikan kualifikasi pendidikannya. melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi merupakan jalur paling cepat untuk mendapatkan kenaikan pangkat. 

Banyak guru yang tidak mentok pada IV/A karena tidak mampu memenuhi persyaratan kenaikan pangkat yang telah diatur oleh pemerintah.

4. Jangan Malu Bertanya 

Urusan kenaikan pangkat, bukanlah proses yang mudah. Untuk itu, jangan malu bertanya kepada pihak-pihak yang telah berpengalaman dan paham masalah kenaikan pangkat. Baik kepada sesama rekan, maupun langsung kepada penilai angka kredit. 

Demikian beberapa tips agar cepat naik pangkat, semoga tips-tips ini dapat bermanfaat. Salam sukses untuk semua guru yang ada di Indonesia.

Baca juga: Pengertian dan tujuan manajemen sumber daya manusia


Post a Comment for "Tips Agar Cepat Naik Pangkat Bagi Guru"