Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bagi Guru

Manfaat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bagi Guru- Pendidikan dan pelatihan atau yang dikenal juga dengan diklat adalah suatu program untuk meningkatkan kompetensi guru yang diselenggarakan oleh instansi yang berwenang.   

Diklat yang diadakan diharapkan mampu menghasilkan guru yang profesional, lebih produktif, dan tentu saja memiliki kinerja yang lebih baik dari yang sebelumnya.

Diklat memiliki banyak manfaat bagi guru, selengkapnya akan penulis uraikan di dalam artikel ini.

 

Manfaat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bagi Guru

 Manfaat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bagi Guru


Pengertian DIKLAT

Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dapat diartikan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan seorang pegawai sehingga tercapai tujuan organisasi yang diinginkan.

Menurut Sumarsono (2009: 93), pendidikan dan pelatihan (diklat) merupakan salah satu faktor untuk pengembangan SDM, diklat tidak hanya sekedar menambah pengetahuan, namun juga meningkatkan keterampilan kerja sehingga dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Menurut Dessler (2009: 263), diklat adalah proses memberikan pengetahuan kepada pegawai, baik pegawai baru maupun pegawai lama, agar mereka memiliki keterampilan yang memadai untuk menjalankan tugas mereka.

Menurut H.A.R Tilaar (2008: 16), pendidikan dan pelatihan memiliki orientasi untuk mengembangkan kepribadian seseorang.

Menurut Andrew E. Sikula (1981:227), diklat adalah proses pendidikan jangka pendek agar pegawai dapat mempelajari dan menguasai keterampilan teknis. 

Sedangkan menurut Abdurrahman Fathoni (2006: 96-97), diklat adalah pembinaan terhadap tenaga kerja agar mereka mampu meningkatkan kinerjanya.

Baca juga: Penyebab rendahnya profesionalisme guru

 

Tujuan Diklat

Tujuan utama diklat adalah sebagai berikut: 

  1. Memberikan pemantapan dalam bersikap
  2. Mencetak pegawai yang mampu berperan sebagai pembaharu
  3. Meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sehingga dapat menjalankan tugasnya secara profesional.
  4. Meningkatkan kinerja pegawai
  5. Menumbuhkan sikap loyal
  6. Meminimalisir kesalahan dalam sebuah organisasi melalui banyak tenaga yang profesional.
  7. Mengembangkan kepribadian dan wawasan pegawai.

 

Manfaat Diklat Bagi Guru

1. Meningkatkan semangat Guru

Melalui pendidikan dan pelatihan, guru akan diberikan berbagai pengarahan dan motivasi-motivasi, sehingga setelah mengikuti diklat guru kembali semangat dan antusias dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru.

2. Meningkatkan produktivitas guru

Program pendidikan dan pelatihan (diklat) memberikan banyak pengetahuan dan keterampilan kepada guru, baik yang berkaitan dengan media pembelajaran, metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan lain sebagainya. Banyaknya pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan oleh guru membuat guru semakin produktif dalam mengajar.

3. Memperluas koneksi guru

Diklat diikuti oleh sejumlah guru yang berasal dari berbagai sekolah dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda tentunya. Masing-masing peserta diklat dapat saling mengenal sehingga dapat memperluas koneksinya.

4. Meningkatkan profesionalitas guru

Diklat merupakan modal awal untuk menciptakan guru yang berkualiatas. Melalui diklat, guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam mengajar, membimbing, mendidik, sehingga dapat meningkatkan profesionalitas guru.

5. Meningkatkan fleksibilitas guru 

Diklat memberikan banyak materi baru serta berbagai pelatihan kepada para guru, sehingga mereka lebih terlatih dan mampu memahami berbagai permasalahan yang ditemukan saat mengajar.

Demikian pembahasan mengenai manfaat DIKLAT bagi guru, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Manfaat Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bagi Guru"