Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian administrasi pendidikan menurut para ahli

Pengertian administrasi pendidikan menurut para ahli- Administrasi pendidikan merupakan serangkaian kegiatan pendidikan yang menggunakan prinsip-prinsip administrasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. 

 


 

Pengertian administrasi pendidikan menurut para ahli

Beberapa ahli merumuskan defenisi administrasi pendidikan sesuai dengan persepsi mereka masing-masing. 

1. Ngalim purwanto 

Menurut ngalim purwanto (1979), administrasi pendidikan adalah proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal, spiritual, maupun material untuk mencapai tujuan pendidikan. 

2. Engkoswara

Menurut engkoswara, administrasi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari sumber daya manusia, kurikulum, dan fasilitas untuk mencapai tujuan pendidikan secara optimal. 

3.  Hadari nawawi

Menurut hadari nawawi (1979), administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatan dan pengendalian sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan dalam lembaga pendidikan formal secara sistematis. 

4.  Departemen pendidikan dan kebudayaan RI

Menurut Departemen pendidikan dan kebudayaan Ri, administrasi pendidikan adalah suatu proses kegiatan pendidikan yang meliputi perencanaan,  pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan, pembiayaan, dan pelaporan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. 

Kesimpulan

Dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Administrasi pendidikan adalah proses kegiatan dalam bidang pendidikan yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengawasan, pembiayaan dan pelaporan dengan memanfaatkan fasilitas yang tersedia untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. 

  2. Administrasi pendidikan adalah cara kerja orang-orang dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang efektif, mendapatkan hasil yang baik, dan sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.

  3. Administrasi pendidikan tidak hanya sebatas kegiatan tata usaha saja, namun lebih daripada itu.

  4. Administrasi pendidikan merupakan kegiatan manusia yang didalamnya terdapat interaksi antar beberapa manusia.


Post a Comment for "Pengertian administrasi pendidikan menurut para ahli"