Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fungsi Perpustakaan Bagi Mahasiswa

Rikaariyani.com- Fungsi Perpustakaan Bagi Mahasiswa- Mahasiswa dan perpustakaan seharusnya adalah dua hal yang tak terpisahkan. Seorang mahasiswa yang ingin sukses dalam perkuliahan, mesti akrab dengan perpustakaan. 

Tak bisa ditampik, perpustakaan merupakan sumber dan gudang ilmu pengetahuan. Perpustakaan harusnya menjadi tempat yang paling dicari. Namun sayang, perpustakaan tak begitu diminati oleh mahasiswa. Karena memang minat baca mahasiswa masih sangat rendah. Tak banyak mahasiswa yang menyadari betapa pentingnya perpustakaan bagi mereka. Perpustakaan tidak hanya sebagai sumber ilmu, namun juga sebagai sumber informasi.

Di dalam artikel ini penulis akan membahas apa saja fungsi perpustakaan bagi mahasiswa.

Fungsi Perpustakaan Bagi Mahasiswa

Fungsi Perpustakaan Bagi Mahasiswa


Pengertian Perpustakaan

Perpustakaan adalah kumpulan informasi dan koleksi, baik dalam bentuk cetak maupun digital dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Secara sederhana perpustakaan adalah sebuag unit kerja yang memiliki kumpulan koleksi (baik digital maupun non digital) dan sumber daya manusia atau dikenal dengan pustakawan. 

Menurut Undang-undang No. 43 tahun 2007, perpustakaan diartikan sebagai institusi yang mengelola koleksi hasil karya dan berguna bagi kebutuhan pendidikan, penelitian, dan lain sebagainya.

Pada prinsipnya, seluruh perpustakaan baik perpustakaan daerah maupun perpustakaan perguruan tinggi memiliki prosedur kerja yang sama, yakni memberikan pelayanan kepada pengguna perpustakaan atau pemustaka. 

Tak dapat disangkal, perpustakaan merupakan hal yang sangat vital dalam proses perkuliahan mahasiswa. Keberadaan perpustakaan sangat membantu dalam proses mengerjakan tugas-tugas kuliah dan dalam mencari informasi-informasi ilmu pengetahuan. 

Baca juga: Manfaat KUKERTA Bagi Mahasiswa


Fungsi Perpustakaan Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa, perpustakaan memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:

  1. Mencari referensi untuk tugas-tugas kuliah, terutama bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas skripsinya. 

  2. Sebagai sumber informasi yang mudah diakses. Sumber informasi adalah daya tarik utama di perpustakaan. Tanpa ada sumber informasi, perpustakaan hanya lah sebuah gedung. 

  3. Tempat mengembangkan kreativitas dan minat mahasiswa. 

  4. Membuat atau menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan. 

  5. Membantu mahasiswa melakukan tri dharma perguruan tinggi sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan. 

  6. Membantu mahasiswa melakukan publikasi karya ilmiah dengan menyediakan sarana dan prasarana untuk memfasilitasi dalam proses pengolahan data, menyediakan akses informasi dan juga melakukan penyebaran di lingkungan internal perguruan tinggi. 

  7. Menunjang kegiatan penelitian mahasiswa, di mana perpustakaan menyedikan sejumlah informasi yang diperluka agar proses penelitian dapat dilakukan dengan maksimal. 

  8. Perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat rekreasi, mahasiswa dapat memanfaatkan perpustakaan untuk mengurangi ketegangan dan kelelahan setelah belajar. Mahasiswa dapat menghibur diri dengan bacaan-bacaan ringan seperti novel, buku-buku motivasi, dan lainnya.

Dengan berbagai fungsi yang dimiliki, perpustakaan sebaiknya didesain sedemikian rupa agar mahasiswa merasa betah dan nyaman berada di dalamnya. Kelengkapan sarana dan prasarana perpustakaan perlu diperhatikan, seperti fasilitas wifi, ruang membaca, dan lainnya. 

Selain itu, Pelayanan terhadap pengunjung harus dilakukan dengan maksimal, sikap yang ramah dan bersahabat membuat pengunjung merasa nyaman. Koleksi buku dan bahan bacaan juga harus memadai, karena ini merupakan komponen yang paling penting di perpustakaan.

Demikian penjelasan mengenai fungsi perpustakaan bagi mahasiswa, Semoga bermanfaat...

Baca juga: Manfaat Blog Bagi Mahasiswa


Post a Comment for "Fungsi Perpustakaan Bagi Mahasiswa"