Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tujuan, Manfaat, Dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Rikaariyani.com- Sasaran administrasi pendidikan adalah manusia, maka pelaksanaannya tidak dapat disetarakan dengan “ordenil mesin”. 

Pelaksanaan administrasi pendidikan harus bersendikan pada prinsip-prinsip yang sifatnya kooperatif dan demokratis. 

Kegiatan administrasi pendidikan hendaknya didasarkan pada: 

  1. Tujuan pendidikan dan perkembangan anak didik 
  2. Adanya koordinasi dalam semua usaha 
  3. Penggunaan waktu, tenaga dan alat secara efektif dan efesien
  4. Partisipasi yang luas dalam menentukan policy dan program. 
  5. Memindahkan kekuasaan yang sesuai dengan tanggung jawab.
  6. Menghindarkan overlapping fungsi.
 



Tujuan Administrasi Pendidikan

Tujuan administrasi pendidikan adalah untuk meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan kegiatan operasional pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan.

Tujuan administrasi pendidikan dapat dikelompokkan kepada tujuan jangka pendek, tujuan jangka menengah, dan tujuan jangka panjang.

Tujuan jangka pendek dari administrasi pendidikan adalah agar tersusun dan terlaksana suatu sistem pengelolaan komponen instrumental dari proses pendidikan yang meliputi komponen siswa, pegawai guru, sarana/prasarana, organisasi, pembiayaan, tata usaha dan hubungan sekolah dengan masyarakat, agar terlaksananya proses pendidikan di sekolah secara efektif yang menunjang tercapainya tujuan pendidikan di sekolah yang bersangkutan.

Tujuan jangka menengah administrasi pendidikan mengarah kepada pencapaian tujuan institusional setiap jenis dan jenjang serta program pendidikan. Sedangkan tujuan jangka panjang administrasi pendidikan adalah tujuan yang diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Menurut Sergiovani dan Carver tujuan administrasi pendidikan meliputi efektivitas produksi, efesiensi, kemampuan menyesuaikan diri, dan kepuasan kerja.

Secara operasional administrasi pendidikan bertujuan untuk:

  1. Memudahkan pekerjaan administrasi dalam bidang pendidikan, memudahkan proses pelaksanaannya, memanfaatkan potensi manusia dan material yang diharapkan akan dapat menghasilkan keputusan-keputusan administrasi dalam bidang pendidikan yang sifatnya realistis, kolektif, dan sehat untuk mencapai penyelesaian masalah administrasi dalam bidang pendidikan yang dihadapi. 

  2. Menciptakan iklim ruhaniah, psikologis dan sosial dengan memperhatikan dan memupuk kejujuran, amanah, keikhlasan dalam bekerja. 

  3. Meningkatkan moral dan semangat kesetiakawanan di antara individu yang terlibat dalam kegiatan-kegiatan administrasi pada lembaga pendidikan. 

  4. Meningkatkan produktivitas kerja para pekerja, serta memperbaiki kualitas, metode dan media dalam kaitannya untuk mencapai tujuan pendidikan. 

  5. Meningkatkan kemampuan pekerja dan mempertinggi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara terus menerus dalam melakukan pekerjaan yang diemban. 

  6. Mengadakan perubahan yang diinginkan dalm proses pendidikan dengan seluruh aspeknya dan mendorong peserta didik dalam mencapai pertumbuhan yang menyeluruh dan utuh, serta dapat melakukan penyesuaian dalam masyarakat yang selalu mengalami perubahan. 

  7. Menghubungkan antara proses pendidikan dan tujuan-tujuan pembangunan dalam masyarakat, serta mempererat hubungan pendidikan dengan masyarakat/lingkungan.

Baca juga: RPS Administrasi pendidikan

Manfaat Administrasi Pendidikan

Manfaat administrasi pendidikan menurut Prof. Dr. H. Asnawir adalah sebagai berikut:

  1. Mengangkat derajat kinerja pekerja dan menolong mensukseskan dan memperbaiki kinerja tersebut. 

  2. Menciptakan iklim kerja yang baik untuk menerapkan prinsip-prinsip hubungan kemanusiaan yang sehat dengan menekankan penghargaan kepada setiap orang pada lembaga pendidikan  yang bersangkutan. 

  3. Mendorong menterjemahkan, merobah pikiran-pikiran dan teori-teori pendidikan menjadi kurikulum, program, metode, media, prosedur dan berbagai aktivitas pendidikan lainnya untuk menempuh jalan yang tepat dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. 

  4. Berusaha menghubungkan/mempertemukan lembaga pendidikan dengan masyarakat kea rah pengembangan, kemajuan dan kestabilan.

Sedangkan menurut Ahmad Sabri dalam bukunya administrasi pendidikan, manfaat administrasi pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengetahui dan menyadari akan tugas-tugas dan kewenangan yang mesti dipikulnya serta mengetahui bagaimana cara-cara melaksanakan tugas-tugas dan kewenangan masing-masing. 

  2. Dapat menghindarkan kesalahan-kesalahan kerja atau overlapping kerja/tugas. 

  3. Mengetahui bagaimana melaksanakan sesuatu kegiatan kependidikan dalam rangka mencapai tujuan pendidikan supaya tercapai efektif serta secara tepat. 

  4. Mengetahui batas-batas hak dan kewajiban masing-masing tenaga kependidikan.

Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan

Ruang lingkup administrasi pendidikan sangat luas, meliputi sekalian usaha, proses tindakan penyelenggaraan, pelayanan, bimbingan, pengaturan dan mengawasi semua personal yang terlibat dalam kegiatan administrasi, termasuk pula masalah kepemimpinan, bagaimana sikap dan sifat seseorang pemimpin yang dikehendaki dalam pendidikan type-type kepemimpinan nama yang sesuai, syarat-syarat apa yang diperlukan sebagai seorang pemimpin yang baik.

Menurut Ngalim Purwanto, ruang lingkup admnistrasi pendidikan dikelompokkan kepada tujuh kelompok, yakninya:

  1. Admnistrasi tatalaksana sekolah 

  2. Administrasi guru dan pegawai sekolah 

  3. Administrasi murid/siswa 

  4. Administrasi supervisi pengajaran 

  5. Administrasi pelaksanaan dan pembinaan kurikulum 

  6. Administrasi perencanaan dan pendirian bangunan sekolah 

  7. Administrasi hubungan sekolah dan masyarakat.

Menurut Hadari Nawawi, ruang lingkup administrasi pendidikan meliputi bidang-bidang kegiatan sebagai berikut:

1. Manajemen Administrasi

Bidang kegiatan ini bertujuan mengarahkan agar semua orang dalam organisasi/ kelompok kerjasama mengerjakan hal-hal yang tepat sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai.

2. Manajemen Operatif

Kegiatan ini bertujuan mengarahkan dan membina agar dalm mengerjakan pekerjaan yang menjadi beban tugas masing-masing, setiap orang melaksanakannya dengan tepat dan benar.

Baca juga: skripsi tentang administrasi desa

2 comments for " Tujuan, Manfaat, Dan Ruang Lingkup Administrasi Pendidikan"

  1. terima kasih bu Doktor ilmunya sangat membantu dalam merefresh pengetahuan dalam bidang administrasi pendidikan

    ReplyDelete