Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Kota Tembilahan, Kota Seribu Jembatan

Rikaariyani.com- Pesona Kota Tembilahan, Kota Seribu Jembatan- Awalnya, kota Tembilahan masih sangat asing di telinga saya. Pertama kali mengenal nama "Tembilahan" saat di bangku S3, karena kebetulan duduk berdampingan dengan salah seorang dosen dari Tembilahan.

Namun, siapa yang menyangka, ternyata sekarang kota ini menjadi kota kedua bagi saya. Pantas, waktu itu, sempat menaruh rasa penasaran terhadap kota ini. Rupanya jodoh yang memanggil-manggil...😊 💗💗💗💗💗

Buat kamu yang masih asing dan penasaran dengan kota Tembilahan, silahkan simak artikel berikut ini:

Pesona Kota Tembilahan, Kota Seribu Jembatan

 


 

Pesona Kota Tembilahan, Kota Seribu Jembatan

 

Sekilas Tentang Kota Tembilahan

Kota Tembilahan terletak di Provinsi Riau bagian selatan. Kota Tembilahan merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Indragiri Hilir. Kota Tembilahan dikenal juga dengan negeri seribu jembatan, karena banyaknya jembatan di daerah ini.

Salah satu jembatan yang paling megah adalah jembatan Indragiri. Jembatan ini dibangun dengan Panjang 150 meter. Jembatan ini terletak di Desa Rumbai Jaya kecamatan Kempas Jaya. Jembatan ini lebih terkenal dengan nama Jembatan Rumbai.

Selain itu, kota Tembilahan adalah penghasil kelapa terbesar di Indonesia bahkan di dunia. Sebagian besar adalah milik masyarakat, dan hanya sebagian kecil milik perusahaan.

Di kota ini, yang lebih mencolok adalah budaya Banjar, karena lebih dari 70% penduduknya adalah etnis Banjar. Selain Banjar dan suku Melayu, di kota ini juga ada suku Minang, Jawa, Bugis, Batak, dan Tionghoa. Masyarakatnya sangat ramah dan terbuka dengan para pendatang.

Baca juga: Mesjid kubah emas Brunei Darussalam

Makanan Khas Tembilahan

Beberapa makanan khas kota Tembilahan diantaranya adalah:

1. Amplang udang

Amplang udang merupakan salah satu makanan khas Tembilahan yang cukup populer. Selain sebagai cemilan, amplang udang juga cocok dijadikan lauk. Amplang udang ini hanya bisa ditemukan di Kabupaten Inhil.

2. Bolu Berendam

Bolu berendam termasuk kue khas Tembilahan yang banyak digemari. berdasarkan cerita, bolu berendam ini merupakan makanan kesukaan para Raja dan bangsawan di kerajaan Indragiri. Namun saat ini, kue ini sering disajikan pada acara-acara pernikahan, hari raya, dan lainnya.

3. Kue Srikaya

Kue Srikaya memiliki dua varian, yakni kue srikaya pulut dan srikaya rendang. Kue srikaya pulut berbentuk persegi, sedangkan kue srikaya rendang berbentuk bulat.

4. Nasi Samin

Nasi samin hampir sama dengan nasi goreng, bedanya adalah dari bumbu yang digunakan. Nasi samin menggunakan minyak samin dan rempah-rempah seperti kayu manis, pala, cengkeh dan lainnya.

5. Laksa

Laksa hampir sama dengan mie. Kuahnya sangat khas dan enak.

6. Tapai Hijau

Tapai hijau terbuat dari beras ketan, sedangkan warna hijaunya berasal dari sari daun katuk.

7. Ayam Merah

Ayam merah dimasak dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, saus tomat, cabe merah, bawang putih, dan lain-lain. Biasanya ayam merah ini dihidangkan untuk acara-acara besar seperti pernikahan, hari raya, dan acara besar lainnya.

 
Destinasi Wisata Kota Tembilahan

Meski dikenal dengan negeri seribu jembatan, namun kota Tembilahan juga menawarkan beberapa destinasi wisata yang indah dan menarik untuk dikunjungi, baik wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, dan lainnya.

1. Pantai Solop

Pantai Solop merupakan salah satu destinasi wisata di kabupaten Indragiri hilir. Lokasi tepatnya berada di pulau Cawan, kecamatan Mandah. Jarak dari Tembilahan menuju pantai ini sekitar 90 menit.

Pantai ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di dunia. Dimana pasir putih terhampar di sepanjang bibir pantai. Pasir putih ini dinamakan pasir sirsak yang terbentuk dari fosil-fosil hewan laut seperti kerang dan lainnya.

Keunikan lainnya adalah hamparan pohon Mangrove yang tumbuh di sepanjang pesisir pantai yang semakin menambah indahnya pantai ini.

Pantai Solop menjadi salah satu wisata unggulan di kabupanten Inhil, keindahannya bahkan menjadi inspirasi bagi mantan Gubernur Riau, H. M. Rusli Zainal untuk menciptakan sebuah lagu dengan judul "Pantai Solop".

2. Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari

Bagi yang suka melakukan wisata sejarah, dapat mengunjungi dan berziarah ke makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari, seorang ulama besar pada masa kerajaan Indragiri.

Makam Syekh Abdurrahman Siddiq Al-Banjari terletak di Parit Hidayat, Dusun Teluk Dalam, kecamatan Kuala Indragiri. Dari kota Tembilahan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan menggunakan speed boat.

3. Taman Kota Swarna Bumi

Taman Swarna Bumi memiliki suasana yang sejuk karena banyaknya pepohonan. Lokasi ini sangat cocok untuk nongkrong sambil menikmati air kelapa, es tebu, dan lain sebagainya. Para pengunjung dapat menikmati semua fasilitas yang ada secara gratis. Selain itu, taman Swarna Bumi juga memungkinkan untuk melakukan jogging dan bersepada. Setiap hari minggu, di taman Swarna Bumi ini biasanya diadakan acara Car Free Day (CFD) yang semakin menambah semaraknya tempat ini.

Baca juga: Destinasi wisata kota batam

Post a Comment for "Pesona Kota Tembilahan, Kota Seribu Jembatan"