Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran- Manajemen pemasaran merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh setiap manajer. Manajemen pemasaran ini menyangkut produk atau jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat atau konsumen. Selain itu, melalui manajemen pemasaran, perusahaan maupun organisasi dapat meraih target pasar yang diinginkan dan mendapat lebih banyak konsumen.

Di dalam artikel Rikaariyani.com kali ini, akan membahas mengenai konsep dasar manajemen pemasaran yang meliputi pengertian manajemen pemasaran, tujuan, dan juga karakteristik manajemen pemasaran. 

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran

 

Konsep Dasar Manajemen Pemasaran
pixabay


Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran yakni rangkaian proses perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan dengan tujuan untuk mencapai target perusahaan dengan efektif dan efisien.

Manajemen pemasaran dapat juga diartikan sebagai alat yang digunakan untuk melakukan analisis terhadap kegiatan dan program perusahaan yang telah dirancang.

Menurut Manullang dan Hutabarat (2016), manajemen pemasaran adalah proses merencanakan, melaksanakan, dan mengontrol kegiatan dalam pemasaran sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi konsumen.
Menurut Swastha D. (2014), manajemen pemasaran adalah perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pemasaran dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik secara individu maupun organisasi.

Menurut Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah melakukan analisis, perencanaan, pelaksanaan, dan juga pengendalian terhadap program-program yang telah dirancang dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

Menurut Buchari Alma, manajemen pemasaran adalah merencanakan, mengarahkan, dan mengawasi seluruh kegiatan pemasaran dalam sebuah perusahaan atau organisasi.

Menurut John W Mullins, manajemen pemasaran adalah proses menganalisis, mengkoordinasi, serta mengendalikan program dengan tujuan untuk mencapai tujuan organisasi.

Menurut Ben M. Eniy (2007: 130, manajemen pemasaran adalah proses dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh individu atau organisasi.

Dari beberapa pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa manajemen pemasaran adalah proses perencanaan, pengorganisasi, pelaksanaan, serta pengawasan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen atau pelanggan.

Baca juga: Pengertian manajemen strategi


Tujuan Manajemen Pemasaran

1. Meningkatkan keuntungan

Salah satu tujuan utama manajemen pemasaran adalah untuk meningkatkan keuntungan. Tanpa adanya keuntungan, perusahaan tidak akan dapat beroperasi dengan baik dan tidak akan mampu eksis di masa depan.

2. Memuaskan pelanggan

Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Jika perusahaan mampu mempertahankan kepuasan pelanggan, kemungkinan besar pelanggan tidak akan berpaling ke yang lain. Lebih dari itu, mereka juga akan merekomendasikan kepada orang-orang terdekat sehingga barang atau jasa yang dipasarkan menjadi lebih dikenal oleh banyak orang.

3. Menciptakan pelanggan baru

Apabila ingin lebih maju dalam bisnisnya, sebuah perusahaan harus mampu menciptakan pelanggan baru. Tidak bisa dipungkiri, pelanggan adalah salah satu hal yang sangat penting, karena melalui pelanggan lah perusahaan akan mendapatkan keuntungan.


4. Membangun citra perusahaan di mata konsumen

Membangun citra diri pada prinsipnya adalah membangun keberlangsungan sebuah bisnis atau perusahaan. Selain dapat membangun hubungan baik dengan pelanggan, citra perusahaan yang baik juga akan menjadi pilihan pertama para pencari kerja.


Karakteristik Manajemen Pemasaran

Karakteristik manajemen pemasaran, meliputi:

1. Berorientasi Pada Pelanggan

Pemasaran yang baik adalah pemasaran yang berorientasi pada pelanggan. Pemasaran berorientasi pada pelanggan maksudnya adalah semua aktifitas yang dilakukan atau produk-produk yang dikembangkan harus berdasarakan kebutuhan pelanggan.

2. Melakukan riset pasar

Riset pasar perlu dilakukan dengan tepat, karena berkembang atau tidaknya sebuah perusahaan tergantung pada pasar.

3. Membuat rencana pemasaran

Rencana pemasaran atau marketing plan menjadi panduan bagi perusahaan atau organisasi tertentu dalam bertindak.


Baca juga: Pengertian manajemen pendidikan

Post a Comment for "Konsep Dasar Manajemen Pemasaran"