Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, selamat pagi, selamat siang, selamat sore, dan selamat malam buat para pengunjung setia rikaariyani.com.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan membahas tentang pengertian karya tulis ilmiah. Bagi akademisi tentu sudah sangat familiar dengan yang namanya karya tulis ilmiah. Apa itu karya tulis ilmiah? Monggo langsung disimak, materi berikut ini:

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Pengertian Karya Tulis Ilmiah

Karya tulis ilmiah yakni karya yang ditulis oleh seseorang dalam bidang tertentu yang dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya.

Dalam pengertian lain dijelaskan bahwa karya tulis ilmiah adalah sebuah karya yang ditulis untuk memecahkan masalah atau persoalan tertentu, untuk itu karya tulis ilmiah harus dilengkapi dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Selain itu, karya tulis ilmiah harus memuat data, fakta, serta solusi dari suatu permasalahan.

Baca juga: Pengertian membaca dan pentingnya membaca bagi mahasiswa

Pengertian Karya Tulis Ilmiah Menurut Para Ahli

Pengertian karya tulis ilmiah menurut para ahli, adalah sebagai berikut:

1. Eko Susilo M

Menurut Eko Susilo M, karya tulis ilmiah adalah sebuah karangan yang ditulis berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan terhadap suatu bidang ilmu tertentu, kemudia disusun sesuai dengan sistematika penulisan yang baik dan benar.

2. Jones

Menurut Jones, karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan yang ditujukan kepada masyarakat dan memiliki sifat ilmiah tinggi.

3. Hery Firman

Menurut Hery Firman, karya tulis ilmiah yaitu sebuah laporan secara tertulis dengan memperhatikan kaidah penulisan yang benar dan dipublikasikan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

4. Totok Djuroto dan Bambang Supriyadi

Menurut Totok Djuroto dan Bambang Supriyadi, pengertian karya tulis ilmiah adalah kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian dan disusun secara sistematis dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dari suatu masalah.

5. Brotowidjoyo

Menurut Brotowidjoyo, karya tulis ilmiah adalah sebuah karangan mengenai ilmu pengetahuan yang ditulis berdasarkan fakta dengan menggunakan metode tertentu yang baik dan benar.

6. Titi Setiyoningsih

Menurut Titi Setiyoningsih, karya tulis ilmiah adalah sebuah tulisan yang diawali dengan masalah, tujuan, manfaat, fakta yang ada, teori-teori, karya terdahulu, dan lain sebagainya.

7. Dwiloka dan Riana

Menurut Dwiloka dan Riana, karya tulis ilmiah adalah karya seseorang yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui literatur dan proses penelitian.

Dapat disimpulkan bahwa, karya tulis ilmiah adalah sebuah karya tulis yang dibuat oleh seseorang yang memuat data, fakta, dan solusi dari suatu masalah tertentu serta ditulis dengan sistematika penulisan yang berlaku.

Demikian pembahasan mengenai pengertian karya tulis ilmiah, semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga: Pengertian daftar pustaka beserta contoh

Post a Comment for "Pengertian Karya Tulis Ilmiah"