Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis


Rikaariyani.com-Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis- Pernah kewalahan membuat daftar isi makalah atau skripsi? Setiap membuat daftar isi selalu tidak rapi walau berkutat lama di depan laptop? Jika iya, simak penjelasan mengenai cara membuat daftar isi secara otomatis di bawah ini.

Membuat daftar isi makalah memang sedikit rumit jika kita tidak paham caranya. Namun sebenarnya, tidaklah sulit jika kita mau belajar. Kalau tahu ilmunya, membuat daftar isi auto rapi cukup gampang. Di dalam artikel ini akan dibahas bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis. Simak hingga akhir ya...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis




Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Apa itu daftar isi?

Daftar isi yaitu urutan tiap bab dan sub bab pada makalah atau skripsi dan dilengkapi dengan nomor halaman. Fungsinya adalah untuk memudahkan pembaca menemukan tulisan yang diinginkan tanpa mencari satu persatu. Daftar isi disebut juga sebagai peta bagi pembaca.

Daftar isi adalah hal yang wajib dilakukan dalam menulis makalah, skripsi, laporan, ataupun buku. 

Baca juga: Membuat daftar pustaka dengan aplikasi mendeley

Bagaimana cara membuat daftar isi secara otomatis di microsoft word?

Tak dipungkiri, hingga saat ini pun masih banyak orang yang membuat daftar isi secara manual. Hal ini disebabkan karena mereka belum tahu caranya, dan mungkin juga belum tahu jika daftar isi bisa dibuat secara otomatis.

Membuat daftar isi secara manual sebenarnya tidak salah, tapi cukup ribet dan membutuhkan waktu yang lama karena penulis harus mengisi nomor halaman satu persatu. Oke, jika tulisannya hanya 10 halaman, kalau tulisannya 300 halaman lebih?? Tak hanya itu, jika nomor halaman berubah karena penambahan teks, penulis perlu mengedit kembali penomorannya. Sangat tidak efektif kan? 

Untuk itu, kita mesti memanfaatkan microsoft word dengan maksimal. Membuat daftar isi dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan microsoft word. Selain lebih cepat dan mudah, daftar isi juga lebih teratur dan rapi.

Caranya adalah:

1. Sediakan satu halaman kosong untuk daftar isi.
2. Atur dan aktifkan daftar isi

Mengatur dan mengaktifkan daftar isi dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Heading 1 bab 1, caranya pilih judul kemudian pilih heading 1 pada toolbar, lalu pilih modify untuk memformat sesuai dengan keinginan. 
  • Heading 2 sub bab, setelah dipilih sub bab klik heading 2 di style.

Begitu seterusnya hingga heading 3.

3. Membuat daftar isi

Setelah kita berhasil mengatur dan mengaktifkan daftar isi sesuai langkah-langkah di atas, membuat daftar isi akan sangat mudah dilakukan.

Untuk membuat daftar isi secara otomatis langkahnya adalah:

Klik menu references, kemudian pilih table of contents. Selanjutnya pilih format yang diinginkan, maka secara otomatis daftar isi akan muncul pada tulisan kita.

Demikian cara membuat daftar isi secara otomatis, semoga bermanfaat dan jangan pernah berhenti untuk belajar dan belajar.

baca juga: Fungsi daftar isi beserta contoh

Post a Comment for "Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis"