Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word

Rikaariyani.com- Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word- Salah satu elemen penting dalam menulis karya ilmiah, baik itu makalah, buku, jurnal dan lainnya adalah footnote. Footnote disebut juga dengan catatan kaki, yaitu keterangan yang terletak di kaki halaman. Footnote berisi sumber kutipan berupa pendapat atau pernyataan.

Bagaimana cara membuat footnote di word? Caranya cukup gampang, hanya membutuhkan langkah-langkah sederhana. Silahkan simak artikel berikut ini untuk mengetahui langkah-langkah membuat footnote di word.

Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word 

Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word



Apa Itu Footnote?

Footnote yaitu keterangan yang ditulis pada bagian bawah halaman sebuah karya ilmiah. Footnote ditulis dengan tujuan untuk memberikan keterangan lebih lanjut atau informasi pada bagian tertentu.

Bagaimana Cara Menulis Footnote?

  1. Footnote meliputi beberapa unsur yakni nama penulis, judul tulisan, tempat terbit, penerbit, tahun terbit, dan nomor halaman. 

  2. Apabila nama penulis lebih dari tiga orang maka yang ditulis nama pengarang pertama diikuti dengan et all atau dkk. 

  3. Gelar penulis tidak perlu dicantumkan. 

  4. Judul buku harus ditulis miring 

  5. Penulisan catatan kaki harus berada pada halaman yang sama dengan kutipan yang ada.

Baca juga: Cara menulis footnote yang benar
 
Cara Menulis Footnote Dari Buku:

Footnote dari buku memuat nama penulis/pengarang, judul buku yang ditulis miring, kota terbit, penerbit, tahun terbit, dan nomor halaman.

Contoh: Rika Ariyani, Manajemen Peserta Didik, (Jambi: Salim media Indonesia, 2016), hal. 125

Cara Menulis Footnote Dari Jurnal:
 
Footnote dari jurnal memuat nama penulis, judul artikel yang dicetak miring, nama jurnal yang menerbitkan, volume dan nomornya, tahun terbit, dan nomor halaman.

Contoh: Rika Ariyani, Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SLB Buah Hati Kota Jambi. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban 6.2 2018 hal. 31


Cara Menulis Footnote Yang Bersumber Dari Internet:

Menulis footnote dari internet, harus mencantumkan nama penulis, judul artikel, nama website, alamat website, serta tanggal pengunduhan.

Contoh: 
Rika Ariyani, “contoh footnote dari jurnal”, Rikaariyani, diakses dari https://www.rikaariyani.com/2021/08/contoh-footnote-dari-jurnal.html, diakses pada tanggal 30 Oktober 2021 pukul 20-38

Bagaimana Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word?

Setelah mengetahui apa itu footnote dan cara menulis footnote, selanjutnya penulis akan menjelaskan bagaimana cara membuat footnote di Microsoft word. Caranya sangat mudah, silahkan ikuti beberapa Langkah sederhana di bawah ini:

1. Buka program Microsoft word terlebih dahulu

2. Buka file yang akan diberikan footnote, kemudian letakkan kursor pada bagian akhir kata yang akan diberikan footnote.

3. Klik tab reference, lalu klik insert footnote

 

 

 4. Secara otomatis footnote akan muncul pada pojok kiri bawah, seperti gambar di bawah ini. Anda tinggal masukkan footnote sesuai kebutuhan.


 
Demikian penjelasan singkat mengenai cara membuat footnote di microsoft word, semoga bermanfaat.
 

Post a Comment for "Cara Membuat Footnote Di Microsoft Word"