Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pusat Sumber Belajar (Pengertian dan Tujuan)

Rikaariyani.com- Pusat Sumber Belajar (Pengertian dan Tujuan)- Pusat sumber belajar memegang peranan yang sangat besar dalam memfasilitasi proses pendidikan. Selain sebagai sentra kegiatan pembelajaran, pusat sumber belajar  juga menjadi sumber informasi bagi peserta didik, pendidik, maupun staff yang terlibat dalam proses pendidikan. 

Keberadaan pusat sumber belajar secara lengkap, diharapkan mampu meningkatkan mutu pendidikan. 

Di dalam artikel ini akan dijelaskan apa pengertian pusat sumber belajar dan apa tujuan pusat sumber belajar. Simak hingga akhir...

Pusat Sumber Belajar (Pengertian dan Tujuan)

Pusat Sumber Belajar (Pengertian dan Tujuan)

Pengertian Pusat Sumber Belajar

Pusat Sumber Belajar dalam bahasa Inggris resources centre atau learning resources centre adalah suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah/universitas/perusahaan) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (seperti layanan media, pelatihan, konsultansi pembelajaran, dan lain-lain), fungsi pengadaan/pengembangan (produksi) media pembelajaran, fungsi penelitian dan pengembangan, dan fungsi lain yang relevan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi pembelajaran.

Pusat sumber belajar sering disebut juga sebagai media center, yang diartikan sebagai lembaga yang memberikan fasilitas pendidikan, pelatihan, dan pengenalan berbagai media pembelajaran. 

Pusat sumber belajar dirancang untuk memberikan kemudahan kepada peserta didik baik secara individu maupun kelompok atau guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang tersedia. Dengan demikian, kebutuhan akan sumber belajar dalam proses pembelajaran bisa dipenuhi dengan adanya pusat sumber belajar.

Baca juga: Kriteria pemilihan sumber belajar

Pembentukan pusat sumber belajar juga didasari oleh pentingnya sebuah lingkungan dalam mendukung proses belajar siswa. Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu faktor pendukung siswa dalam belajar adalah kondisi lingkungan yang nyaman. Dengan adanya pusat sumber belajar, siswa bisa diorientasikan untuk melakukan proses belajar di tempat tersebut. Dengan demikian, pusat sumber belajar yang sudah disetting sedemikian rupa agar memberikan kenyamanan pada penggunanya, dapat membantu siswa dalam proses belajar.

Pusat sumber belajar adalah suatu unit dalam suatu lembaga (khususnya sekolah, universitas atau perusahaan) yang berperan mendorong efektifitas serta optimalisasi proses pembelajaran melalui penyelenggaraan berbagai fungsi yang meliputi fungsi layanan (seperti layanan media, pelatihan konsultasi pembelajaran, dan lain-lain) fungsi pengadaan atau pengembangan (produksi) media pembelajaran, fungsi penelitian dan pengembangan, fungsi lain yang relevan untuk peningkatan efektifitas dan efisiensi pembelajaran.

Pusat sumber belajar dapat membantu dan memenuhi kebutuhan peserta didik dalam belajar. Kementerian Pendidikan Nasional menjelaskan bahwa sumber belajar merupakan wahana belajar bagi pendidik maupun peserta didik, bahan ajar yang disediakan di dalam pusat sumber belajar dapat menjadi sarana latihan untuk menguji kompetensi yang telah diperoleh dalam pembelajaran.

Menurut Warsito (2008:215), pusat sumber belajar merupakan tempat di mana berbagai jenis sumber belajar dikembangkan, dikelola dan dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam kegiatan pembelajaran. Sedangkan Zainuddin (1984) mengungkapkan bahwa pusat sumber belajar merupakan pemusatan secara terpadu berbagai sumber belajar yang meliputi orang, bahan, peralatan, fasilitas lingkungan, tujuan dan proses. PSB (pusat sumber belajar) juga merupakan tempat mengembangkan bahan-bahan pengajaran dengan bantuan multimedia.

Dapat disimpulkan bahwa PSB (pusat sumber belajar) adalah suatu bangunan atau lembaga yang didirikan dalam lingkungan sekolah atau perguruan tinggi untuk mendukung terlaksananya pembelajaran yang efektif dan efisien. Pusat sumber belajar merupakan sarana untuk mengelola dan mengembangkan sumber belajar. Dengan adanya pusat sumber belajar, kebutuhan akan sumber belajar dalam proses pembelajaran dapat terpenuhi.

Tujuan Pusat Sumber Belajar

Segala sumber dan bahan serta personil yang ada di dalam pusat sumber belajar dimaksudkan untuk membantu efektifitas dan efisiensi interaksi siswa dan guru dalam proses pembelajaran.

1. Tujuan Umum

Secara umum pusat sumber belajar bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan proses belajar mengajar melalui pengembangan sistem instruksional. Hal ini dilaksanakan dengan menyediakan berbagai macam pilihan untuk menunjang kegiatan kelas tradisional dan untuk mendorong penggunaan cara-cara yang baru (non tradisional), yang paling sesuai untuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban instutisional yang direncanakan lainnya.

2. Tujuan Khusus

  1. Menyediakan berbagai macam pilihan komunikasi untuk menunjang kegiatan kelas tradisional. 

  2. Mendorong penggunaan cara-cara belajar baru yang paling cocokuntuk mencapai tujuan program akademis dan kewajiban-kewajiban institusional lainnya. 

  3. Memberikan pelayanan dalam perencnaan, produksi, operasional dan tindakan lanjutan untuk pengembangan sistem instruksional. 

  4. Melaksanakan latihan untuk para tenaga pengajar mengenai pegembangan sistem instruksional dan intregasi teknologi dalam proses belajar mengajar. 

  5. Memajukan usaha penelitian yang perlu mengenai media pendidikan. 

  6. Menyebarkan informasi yang akan membantu memajukan penggunaan berbagai macam sumber belajar dengan lebih efektif dan efisien. 

  7. Menyediakan pelayanan produksi bahan pengajaran 

  8. Memberikan konsultasi untuk modifikasi dan desain fasilitas sumber belajar. 

  9. Membantu mengembangkan standard penggunaan sumber belajar. 

  10. Menyediakan pelayanan pememliharaan atas berbagai macam peralatan. 

  11. Membantu dalam pemilihan dan pengadaan bahan-bahan media dan peralatannya.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, jelaslah bahwa pusat sumber belajar mempunyai peranan yang cukup menentukan dalam meningkatkan efektifitas dan efisiensi proses pembelajaran. Pusat sumber belajar bukan semata-mata suatu tempat ataupun gudang penyimpanan berbagai macam peralatan dan bahan pengajaran. Pusat sumber belajar merupakan sarana utama untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan belajar dan mengajar.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan tujuan pusat sumber belajar. Semoga bermanfaat...

Baca juga: Pengertian sumber belajar menurut para ahli



Post a Comment for "Pusat Sumber Belajar (Pengertian dan Tujuan)"