Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo-Jambi

Rikaariyani.com- Profil Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo-Jambi-Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo merupakan satu-satunya pondok pesantren yang terletak di jantung kota Muara Tebo. 

Sebagai salah satu studi Islam, pondok pesantren ini telah melalui sejarah yang cukup panjang, dan memberi dampak positif bagi perkembangan nilai-nilai islam khusunya di kabupaten Tebo. Bahkan pondok pesantren ini telah mengalami beberapa fase dan sampai saat ini terus berkembang menuju pondok pesantren modren dan mandiri sesuai dengan titahnya membentuk santri dan santriwati yang berakhlaqul karimah, yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bagaimana profil pondok pesantren Nurul Jalal Tebo? Selengkapnya akan penulis bahas didalam artikel berikut ini:  

Profil Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo-Jambi

pondok pesantren

 

Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Jalal

Pondok pesantren Nurul Jalal Kabupaten Tebo didirikan pada tahun 1994 dan sudah mengalami 3 masa kepemimpinan. Kepemimpinan pertama yakni pada masa KH. Zahruddin Bin Utsman (1954-1984), kedua pada masa KH. Muhammad Mansyur bin Hamzah (1954-2002), dan yang ketiga adalah masa H.M. Fauzi Mansyur (2002-sekarang).

Pada tahun 2004 melalui keputusan Gubernur Provinsi Jambi, Pondok Pesantren ini ditetapkan sebagai pondok Pesantren Mandiri, dimana perkembangannya sampai saat ini sudah menamatkan alumni yang ke-13 dan untuk tingkat Madrasah Aliyah sudah menamatkan alumni yang ke-11.

Pondok pesantren Nurul Jalal ini telah terakreditasi melalui keputusan Departemen Pendidikan Agama Islam dan Departemen Pendidikan Nasional Kabupaten Tebo Tahun 2004 dengan status akreditasi C, baik untuk tingkat Tsanawiyah maupun tingkat Aliyah. Melalui keputusan Bupati tahun 2009 MTs Nurul Jalal juga telah menyelenggarakan Pendidikan Ujian Nasional setara SMP sesuai dengan standar lembaga penjamin mutu pendidikan atau Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP).

Selain menyediakan pelajaran yang berbasis agama bercorak salafi, pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan nasional dan departemen agama. Jenjang pendidikannya beragama dari MI, Tsanawiyah, dan Aliyah.

Pondok Pesantren Nurul Jalal beralamatkan di Kelurahan Sumber Sari Kecamatan Tebo Tengah Kabupaten Tebo. Luas bangunan di atas tanah seluas 46, 354 meter persegi. Hasil observasi di lapangan terlihat bahwa lokasi bangunan MAS Nurul Jalal Kabupaten Tebo ini terletak di pinggir jalan lintas Tebo-Bungo Km. 01. 

Dengan demikian, Pesantren Nurul Jalal berada di posisi yang strategis untuk pengembangan pendidikan kedepannya. Keberadaan sarana transportasi cukup memadai sehingga pesantren Nurul Jalal mempunyai prospek yang baik untuk sebuah lembaga pendidikan.

Visi Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo

Perkembangan dan tantangan masa depan seperti: Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi; Globalisasi yang sangat cepat; Era Informasi; dan berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan memicu Pondok Pesantren Nurul Jalal untuk merespon tantangan sekaligus peluang itu. 

Pondok Pesantren Nurul Jalal Muara Tebo memiliki citra moral yang menggambarkan profil pondok yang diinginkan di masa datang yang diwujudkan dalam Visi Pondok Pesantren  berikut: 

”MENJADIKAN SANTRI YANG BERAKHLAQUL KARIMAH, BERAKHLAK MULIA, YANG MENGUASAI ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI”

Misi Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo 

Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo memiliki misi sebagai berikut:

  1. Peningkatan dan tersedianya sarana dan prasarana yang baik, sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 
  2. Peningkatan hasil pembelajaran 
  3. Peningkatan kreativitas dalam karya ilmiah dan pengembangan ketrampilan baik di bidang agama maupun umum. 
  4. Peningkatan kemampuan Santri dalam kegiatan Muatan Pondok 
  5. Peningkatan dalam disiplin semua warga Pondok 
  6. Peningkatan dalam kreatifitas kegiatan keagamaan 
  7. Peningkatan dalam kepedulian sosial masyarakat dalam konteks ukhuwah Islamiyah

Data Tenaga Pendidik

Tenaga pendidik di pondok pesantren Nurul Jalal Tebo berjumlah 33 orang. Sedangkan tenaga pendidik Madrasah Aliyah (MA) Nurul Jalal Tebo berjumlah 17 orang. 

Baca juga: Profil SMKN 1 Muara Bungo 

TATA TERTIB PONDOK PESANTREN

1. Kewajiban Santri

  1. Wajib menjalankan segala hukum syara’ 
  2. Wajib menjaga nama baik almamater Pondok Pesantren Nurul Jalal Muara Tebo 
  3. Wajib mendirikan sholat 5 (lima) waktu berjama’ah 
  4. Wajib mengikuti pengajian Al-Qur’an dan mengikuti materi khusus muatan pondok. 
  5. Wajib mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) baik Program Pendidikan Nasional, Kementerian Agama dan Kurikulum Muatan Pondok dengan tingkat kehadiran minimal 75%. (Apabila kurang tidak diperkenankan untuk ikut Ujian Semester dan Ujian Pondok) 
  6. Wajib memakai pakaian muslim yang menutup aurat sesuai dengan syariat Islam. 
  7. Wajib menjaga kebersihan lingkungan Pondok Pesantren. 
  8. Wajib memelihara dan menjaga barang-barang milik santri dan milik Pondok Pesantren 
  9. Wajib tidak keluar dari lingkungan Pondok Pesantren kecuali telah mendapat izin (menggunakan kartu izin) dari pengasuh atau petugas yang ditunjuk. 
2. Larangan Santri
  1. Dilarang  keras bagi santri melakukan tindakan yang tidak sopan seperti: melawan guru, berbicara kasar, dan lainnya. 
  2. Dilarang keras bagi santri berkelahi, menonton tontonan yang dilarang syari’at agama baik di dalam maupun di luar pondok. 
  3. Dilarang bagi santri menggunakan atau mengkonsumsi Rokok, Narkoba, Miras, membawa Senjata Tajam yang dapat mengancam jiwa seseorang. 
  4. Dilarang bagi santri menerima teman, sahabat, orang lain yang tidak berkepentingan, kecuali memberi tahu kepada pengasuh atau petugas yang ditunjuk. 
  5. Dilarang bagi santri menggunakan HP, Televisi, CD, atau alat elektronik lainnya yang bisa memberikan pengaruh negatif.

3. Sanksi-Sanksi

  1. Diberikan teguran secara lisan atau tindakan. 
  2. Panggilan kepada Orang Tua (Perjanjian tertulis) 
  3. Dikeluarkan.
Demikian artikel mengenai profil pondok pesantren Nurul Jalal Kabupaten Tebo, semoga bermanfaat. 
 
 
Terimakasih....
 

Post a Comment for "Profil Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo-Jambi"