Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Profil Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Tungkal Jambi

Rikaariyani.com- Profil Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Tungkal Jambi- Pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat berada di Jl. Prof Dr. Sri Soedewi Maschun Sofwan, SH, Kelurahan Sungai Nibung Kecamatan Tungkal Ilir kabupaten Tanjung Jabung Barat tepatnya dipinggir jalan lintas menuju kota Kuala Tungkal. Pondok pesantren ini tidak jauh dari komplek perkantoran kabupaten Tanjung Jabung Barat. Pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat rawan terkena banjir karena berada di permukaan yang berdekatan dengan laut.  

Keberadaan pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat kota Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat terutama dalam bidang sosial keagamaan, hal ini disebabkan oleh banyaknya santri yang menetap dan menimba ilmu di pondok pesantren tersebut.

Kurikulum yang digunakan oleh pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat adalah kurikulum Kementerian Agama, karena sekolah ini ikut KKM  (Kelompok Kerja Madrasah) MTs Negeri dan MA Negeri II Kuala Tungkal. Sedangkan untuk kegiatan extrakurikuler meliputi: Muhadarah (Latihan pidato), seni baca Al Qur’an, pembacaan/pengamalan Maulid Al Habsyi, seni Qasidah, dan kaligrafi Al-Qur’an. 

pondok pesantren

Ciri Khas Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat

Pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalaihat tetap mempertahankan kajian kitab kuning yang menjadi keunggulan dan ciri khas dari pondok pesantren tersebut. Hal ini tetap dipertahankan mengingat semakin hari pengetahuan agama umat manusia semakin berkurang terutama dalam memahami kitab-kitab klasik (kitab kuning). 

Sistem Pengelolaan

Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat ini dikelola oleh sebuah lembaga yang berbadan hukum yang bernama YPI (Yayasan Pendidikan Islam) Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat yang didirikan pada tanggal 4 Maret 1996. Yang diketuai oleh H. M Syahruddin  M. Zein. Pondok pesantren Al Baqiyatush Shalihat juga diasuh oleh keluarga dari pendiri pondok itu sendiri sehingga dapat memudahkan koordinasi antara pimpinan dan para bawahan. 

Baca juga: Profil SMKN 1 Muara Bungo

Visi dan Misi

Visi dan Misi merupakan sesuatu yang harus dicapai dalam suatu organisasi terutama dalam lembaga pendidikan Islam yaitu pondok pesantren yang sarat akan ciri khas keilmuan agama Islam dan sebagai pencentak kader-kader ulama yaitu pewaris para Nabi. Adapun visi dan misi serta tujuan pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat kabupaten Tanjung Jabung Barat adalah:

- Visi

Berusaha membentuk generasi yang cerdas, terampil dan bertaqwa

- Misi

  1. Mempersiapkan tenaga yang berkualitas 
  2. Memenej kelembagaan dengan cara profesional 
  3. Mempersiapkan/menyediakan sarana yang mencukupi 
  4. Membina dan mengembangkan potensi secara maksimal 
  5. Membiasakan kehidupan bercerminkan agama dan berwawasan modern

- Tujuan

  1. Tersedianya sarana yang memadai agar lebih bisa meningkatkan potensi. 
  2. Mendorong peserta didik untuk cakap dan terampil.

Keadaan Guru

Jumlah total guru Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat pada tahun ini adalah 98 orang terdiri dari 58 Ustadz dan 40 Ustazdah, yang sudah S1= 34 orang, S2 =3 orang, dan masih ada beberapa orang yang menjalani studi, sebagian guru ada yang muqim di pondok dan ada juga yang di luar pondok.

Keadaan Santri

Santri merupakan salah satu aset terpenting yang dimiliki sebuah pondok pesantren, oleh karena itu aset ini harus diberikan bekal dan ilmu yang sesuai dengan visi, misi serta tujuan yang hendak dicapai oleh pondok pesantren.

Santri yang belajar di Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat pada saat ini sebanyak 1600 orang. Hal ini merupakan prestasi yang luar biasa yang diraih oleh pondok pesantren Al Baqiyatush Shalihat Tanjung Jabung Barat, semakin banyak santri yang mondok akan semakin banyak in came yang diperoleh, dan pengembangan pondok pesantren akan menjadi mudah untuk dikembangkan.

Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalaihat sudah memadai dan sangat membantu terhadap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan di pondok, hal ini merupakan salah satu wujud dari percaya diri seorang kiai dalam mengembangkan sarana dan prasarana untuk penunjang kegitan yang ada dipondok.

Untuk mendukung lancarnya proses balajar mengajar, pondok pesantren Al Baqiyatush Shalihat di lengkapi dengan beberapa fasilitas, yang menjadi penunjang seluruh kegiatan belajar mengajar di pondok pesantren Al-Baqiyatush Shalihat, hal ini merupakan suatu indikator yang harus dimiliki oleh sebuah pondok pesantren yang maju dan besar.  

Sumber Dana dan Ekonomi

Sumber dana Pondok Pesantren Al Baqiyatush Shalihat  berasal dari uang pangkal, Syahriyah/SPP, Infak dan sadakah, hasil kebun kelapa, kebun pinang, dan sumbangan tidak tetap dari donatur.

Baca juga: Profil Pondok Pesantren Nurul Jalal Tebo-Jambi


Post a Comment for "Profil Pondok Pesantren Al-Baqiyatush Shalihat Tungkal Jambi"