Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sumber Belajar Menurut Para Ahli

Pengertian Sumber Belajar- Salah satu komponen penting dalam proses pembelajaran adalah sumber belajar. Ketersediaan sumber belajar dapat mendorong peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi ajar. 

Pada sistem pengajaran tradisional, sumber belajar masih terbatas pada informasi yang diberikan oleh guru, sehingga aktifitas belajar siswa kurang berkembang. 

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, diharapkan sumber belajar dapat semakin berkembang. Guru harus mampu memilih sumber belajar yang sesuai agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. 

Apa itu sumber belajar? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak artikel tentang pengertian sumber belajar menurut para ahli berikut ini: 

sumber belajar

 

Pengertian Sumber Belajar

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dalam proses pembelajaran, baik secara langsung maupun tidak langsung. 

Sumber belajar dapat membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran. 

Sumber belajar tidak hanya terbatas pada buku saja, namun mencakup segala hal yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar dan dalam meningkatkan kompetensinya. 

Segala sesuatu yang ada di luar diri siswa dan memungkinkan terjadinya proses belajar, dapat dikatakan sebagai sumber belajar. Intinya, sumber belajar dapat mendukung terjadinya proses pembelajaran dan dapat memudahkan siswa dalam belajar. 

Baca Juga: Buku manajemen laboratorium komputer

Pengertian Sumber Belajar Menurut Para Ahli

1. Wina Sanjaya

Menurut Wina Sanjaya, sumber belajar meliputi orang, alat, bahan, aktivitas, dan lingkungan. Kesemuanya dapat digunakan oleh siswa dalam proses pembelajaran.  

2. Abdul Majid

Abdul Majid mengungkapkan bahwa sumber belajar ditetapkan sebagai informasi yang disajikan dan disimpan dalam berbagai bentuk media, sebagai perwujudan dari kurikulum. Bentuknya tidak terbatas apakah dalam bentuk cetakan, video, perangkat lunak, atau kombinasi dari beberapa bentuk tersebut yang dapat digunakan oleh siswa dan guru.

3. Sitepu      

Sitepu berpendapat bahwa sumber belajar adalah usaha sadar yang dilakukan secara terencana, sistematis, dan mengunakan metode tertentu untuk mengubah prilaku relatip menetap melalui interaksi dengan sumber belajar”. 

Dengan demikian sumber belajar merupakan salah satu komponen dalam kegiatan belajar yang memungkinkan individu memperoleh pengetahuan kemampuan, sikap, keyakinan, emosional, dan perasaan. 

Baca Juga: RPS Manajemen Pusat Sumber Belajar

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa sumber belajar sangat luas dan kompleks. Sumber belajar lebih dari sekedar media pembelajaran. Sumber belajar adalah semua sumber baik berupa orang, data, atau pun benda yang dapat digunakan oleh siswa dalam belajar, baik secara terpisah ataupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar dan kompetensi tertentu. 

Dengan pemahaman ini, maka guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, namun adalah salah satu dari beberapa sumber belajar. 

Demikian artikel mengenai pengertian sumber belajar, semoga bermanfaat. 

Salam Literasi,


 

 


Post a Comment for " Pengertian Sumber Belajar Menurut Para Ahli"