Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis-jenis Sumber Belajar Yang Dapat Digunakan Oleh Guru

Rikaariyani.com- Jenis-jenis Sumber Belajar Yang Dapat Digunakan Oleh Guru- Sebagaimana yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya, sumber belajar memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Sumber belajar yang memadai tentunya akan memudahkan guru dan siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Pada artikel kali ini, kita akan bahas apa saja jenis-jenis sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Simak artikel ini hingga akhir ya…

Jenis sumber belajar


Jenis-Jenis Sumber Belajar

Secara garis besar terdapat dua jenis sumber belajar yaitu:

1) Sumber Belajar Yang Dirancang (Learning Resources By Design)

Sumber belajar yang dirancang (learning resources by design) yakni sumber belajar yang secara khusus dirancang atau dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal. Contohnya: buku pelajaran, modul, program VCD pembelajaran, program audio pembelajaran, transparansi, CAI (Computer Asisted Instruction), programmed instruction dan lain-lain.

2) Sumber Belajar Yang Dimanfaatkan (Learning Resources By Utilization)

Sumber belajar yang dimanfaatkan (learning resources by utilization) yaitu sumber belajar yang tidak didesain khusus untuk keperluan pembelajaran dan keberadaannya dapat ditemukan, diterapkan dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran. Contohnya: surat kabar, siaran TV, pasar, sawah, waduk, pabrik, museum, kebun binatang, pabrik, terminal, pejabat pemerintah, tenaga ahli, pemuka agama, dan lain-lain.

Baca Juga: Pengertian sumber belajar menurut para ahli

AECT (Association of Education Communication Technology) mengklasifikasikan sumber belajar dalam enam jenis, yaitu message, people, materials, device, technique, dan setting. Klasifikasi sumber belajar tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Message (pesan)

Message (pesan) yaitu informasi/ajaran yang diteruskan oleh komponen lain dalam bentuk gagasan, fakta, arti dan data. Contohnya informasi, bahan ajar; cerita rakyat, dongeng, hikayat, dan sebagainya;

2) People (orang)

People (orang) yakni manusia yang bertindak sebagai penyimpan, pengolah, dan penyaji pesan. Contohnya dosen, guru, instruktur, tutor, siswa, ahli, nara sumber, tokoh masyarakat, pimpinan lembaga, tokoh karier dan sebagainya;

3) Materials (bahan)

Materials (bahan) yaitu perangkat lunak yang mengandung pesan untuk disajikan melalui penggunaan alat/perangkat keras, ataupun oleh dirinya sendiri. Berbagai program media termasuk kategori materials, seperti buku, modul, majalah, slide, film, audio, video, gambar, dan lain sebagainya.

4) Device (alat)

Device (alat) yakni sesuatu (perangkat keras) yang digunakan yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang tersimpan dalam bahan. Misalnya overhead proyektor, kamera, papan tulis, mesin, mobil, motor, alat listrik, obeng dan lain sebagainya;

5) Technique (teknik)

Technique (teknik) yaitu prosedur atau acuan yang dipersiapkan untuk penggunaan bahan, peralatan, orang, lingkungan untuk menyampaikan pesan. Misalnya disikusi, seminar, pemecahan masalah, simulasi, permainan, demonstrasi, tanya jawab, sarasehan, percakapan biasa, diskusi, debat, talk shaw dan sejenisnya.

6) Setting (lingkungan)

Setting (lingkungan) yaitu situasi atau suasana sekitar dimana pesan disampaikan. Baik lingkungan fisik ataupun non fisik. ruang kelas, studio, perpustakaan, aula, teman, kebun, pasar, toko, museum, kantor dan sebagainya.

Baca Juga: RPS manajemen Pusat sumber belajar


Demikian artikel mengenai jenis-jenis sumber belajar yang dapat digunakan oleh guru, semoga bermanfaat.

Terimakasih,



Post a Comment for "Jenis-jenis Sumber Belajar Yang Dapat Digunakan Oleh Guru"