Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persiapan Menghadapi Ujian Komprehensif

Rikaariyani.com- Persiapan Menghadapi Ujian Komprehensif- Ujian komprehensif atau yang dikenal dengan kompre cukup menakutkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Bagaimana tidak, mahasiswa akan diuji oleh 3 orang dosen mengenai semua materi yang pernah dipelajari dari semester 1 hingga semester enam. Ujian kompre tidak hanya menguji sejauh mana pemahaman mahasiswa terhadap materi, namun juga ujian mental.  

Tak perlu gugup ataupun grogi, semua adalah proses untuk belajar, setiap mahasiswa akhir pasti akan mengalaminya. Kuncinya adalah persiapkan diri dengan maksimal.

Untuk itu, pada artikel kali ini, penulis akan membahas mengenai beberapa persiapan yang harus dilakukan sebelum menghadapi ujian komprehensif.

 


Persiapan Menghadapi Ujian Komprehensif
pixabay 

 

Apa Itu Ujian Komprehensif?

Istilah komprehensif diambil dari bahasa Inggris yaitu "comprehensive" yang artinya adalah luas, menyeluruh, dan meliputi banyak hal.

Sedangkan ujian komprehensif yaitu ujian yang dilakukan untuk mengetahui pemahaman dan penguasaan mahasiswa terhadap materi perkuliahan. 

Ujian komprehensif harus diiikuti oleh mahasiswa sebelum melaksanakan ujian skripsi

Ujian komprehensif bertujuan untuk:

  • Menilai kemampuan akademik mahasiswa
  • Menguji pengetahuan mahasiswa secara komprehensif
  • Menyiapkan mahasiswa yang unggul pada bidangnya masing-masing.

Baca juga: Fungsi perpustakaan bagi mahasiswa

 

Apa Saja Persiapan Menghadapi Ujian Komprehensif?

Agar sukses Menghadapi ujian komprehensif, mahasiswa perlu mempersiapkannya dengan baik. Apa saja persiapan yang harus dilakukan? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Carilah informasi mengenai kisi-kisi soal

Dengan adanya kisi-kisi soal, dapat mempermudah kamu mempersiapkan materi yang akan diujikan. Bisa tanya pada senior atau pada prodi masing-masing. Jika tidak ada, kamu bisa membuat kisi-kisi soal sendiri.

2. Membuat resume

Setelah mendapatkan kisi-kisi soal, kamu perlu membuat resume atau ringkasan berdasarkan kisi-kisi tersebut. Dengan membuat resume, secara tidak langsung kamu sudah membaca dan memahami materi-materi yang ada.

3. Hindari Sistem Kebut Semalam

Kamu perlu menyiapkan diri jauh sebelum hari H, jangan gunakan sistem kebut semalam, karena materi kompre bukannya sedikit. Butuh waktu untuk membaca, memahami, dan menghapalkan materi.

4. Harus Pede

Kamu harus pede saat menjawab pertanyaan dari dosen penguji. Meskipun jawaban yang kamu kemukakan salah. Jangan grogi dan jangan cepat menyerah. 

5. Mintalah doa dari orang tua

Jangan lupa meminta doa dari orang tua sebelum berangkat ke kampus, karena doa mereka sangatlah mujarab.

Demikian penjelasan singkat mengenai persiapan sebelum mengikuti ujian kompre. Semoga bermanfaat dan selamat ujian.

Baca juga: Tips menghadapi ujian akhir semester

Thanks,


 

 

Post a Comment for "Persiapan Menghadapi Ujian Komprehensif"