Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mendeley Adalah: Pengertian dan Kelebihan

Rikaariyani.com- Mendeley Adalah: Pengertian dan Kelebihan- Setiap karya ilmiah yang kita tulis, baik makalah, skripsi, tesis, maupun disertasi, tentu membutuhkan daftar pustaka. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa daftar pustaka hukumnya adalah wajib. Tujuan utamanya adalah untuk menghindari plagiarisme.  

Sebagian kita mungkin masih menggunakan cara lama, yaitu dengan menuliskan satu persatu setiap referensi yang dikutip. Selain sedikit repot, menulis daftar pustaka secara manual juga terkadang terjadi kesalahan atau tidak konsisten. 

Untuk mengantisipasi kesalahan tersebut dan memudahkan penulis membuat daftar pustaka, telah tersedia beberapa aplikasi untuk membuat daftar pustaka secara otomatis. Salah satu aplikasi yang dapat dimanfaatkan adalah aplikasi mendeley.

 

Mendeley

 

Pengertian Mendeley

Mendeley adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengelola referensi pada karya ilmiah. Dengan menggunakan mendeley, kita dapat mengelola referensi-referensi dengan mudah, membuat kutipan (footnote/bodynote) dan daftar pustaka dengan gampang.

Tidak hanya itu saja, dengan menggunakan aplikasi mendeley, anda dapat membuat perpustakaan digital pribadi yang bisa diakses secara online. 

Baca juga: Contoh daftar pustaka dari jurnal

 

Kelebihan Aplikasi Mendeley

Kelebihan aplikasi mendeley ini adalah dapat digunakan secara bebas, alias gratis. Selain itu, mendeley sangat gampang digunakan. Hanya dengan mengikuti tutorial, penulis pemula pun dapat menggunakannya.

 

Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Aplikasi Mendeley

Caranya mudah. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Tentu harus diinstal terlebih dahulu. Cara menginstal cukup gampang dan tidak membutuhkan waktu yang lama. 

  2. Setelah instal, siapkan karya tulis yang akan dibuat referensinya.

  3. Lalu pilih menu references pada menu yang ada di Microsoft word anda.

  4. Klik “insert citation” jika ingin membuat footnote, lalu cari artikel yang ingin direferensi. Apabila data yang ditampilkan sudah benar, klik OK.

  5. Footnote/bodynote akan muncul berdasarkan style yang anda pilih.

  6. Untuk membuat footnote berikutnya, anda tinggal ikuti langkah-langkah tersebut.

  7. Untuk membuat daftar pustaka secara otomatis, klik menu references, lalu pilih bibliography. Mendeley akan membuat daftar pustaka secara otomatis untuk anda.

  8. Selesai.

Bagaimana? Tidak sulit bukan?


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!!!

Baca juga: Cara membuat daftar pustaka yang benar

Post a Comment for "Mendeley Adalah: Pengertian dan Kelebihan"