Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berikut Syarat-Syarat Menjadi Dosen Yang Harus Kamu Penuhi

Rikaariyani.com- Berikut Syarat-Syarat Menjadi Dosen Yang Harus Kamu Penuhi-Menjadi dosen termasuk salah satu impian banyak orang. Selain dianggap lebih pintar dan cerdas, dosen juga dianggap lebih prestisius dibandingkan guru.

Namun,  menjadi dosen tidak semudah yang dibayangkan. Banyak syarat yang perlu dipenuhi. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini. 

Berikut Syarat-Syarat Menjadi Dosen Yang Harus Kamu Penuhi
Foto by: Pixabay

Syarat-Syarat Menjadi Dosen Yang Harus Kamu Penuhi

1. Harus Lulus S2

Syarat pertama dan utama adalah harus lulus S2. Hal ini sesuai dengan Undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, bahwa seorang dosen harus memiliki kualifikasi akademik minimal strata dua. Untuk itu, jika kamu berminat menjadi dosen, kamu harus melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. 

Baca juga: Budaya menulis dosen

2. Bersedia menjalankan tridharma perguruan tinggi

Seorang dosen memiliki tugas menyebarluaskan ilmu pengetahuan melalui pendidikan, penelitian,  dan pengabdian kepada masyarakat. Ketiga kegiatan ini dikenal dengan istilah tridharma perguruan tinggi. Pendidikan mencakup kegiatan pengajaran, kegiatan penelitian dipresentasikan dalam seminar atau dipublikasikan dalam bentuk jurnal, sedangkan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan melalui kegiatan-kegiatan sosial seperti memberikan pelatihan dan lain sebagainya.

3. Memiliki bidang ilmu yang linear

Ini salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh calon dosen yaitu memiliki ilmu yang linear dengan bidang studi yang diajarkan. Menurut Dikti, linear artinya adalah pendidikan terakhirnya sesuai dengan bidang yang diajarkan. Jadi jika kamu S1 jurusan matematika dan S2 jurusan Manajemen pendidikan islam, maka kamu dikatakan linear jika mengajar di program studi manajemen pendidikan islam.

Namun yang perlu diperhatikan adalah kebijakan kampus masing-masing. Ada sebagian kampus yang mensyaratkan harus sesuai bidang ilmu S1 dan S2.

4. Mengikuti Seleksi

Ini syarat terakhir untuk menjadi dosen. Kamu bisa mengikuti seleksi tes CPNS, bisa mengikuti seleksi dosen tetap non PNS, dan juga mengirimkan berkas lamaran ke kampus-kampus swasta sebagai dosen tetap.

Bagaimana, syaratnya mudah bukan?

Demikian artikel mengenai syarat-syarat menjadi dosen, semoga artikel ini bermanfaat....

Baca juga: Karakteristik dosen professional

Terimakasih,


 

Post a Comment for " Berikut Syarat-Syarat Menjadi Dosen Yang Harus Kamu Penuhi"