Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat CV Dosen Yang Baik dan Benar

Rikaariyani.com- Cara Membuat CV Dosen Yang Baik dan Benar- Salah satu hal yang perlu dipersiapkan oleh calon dosen saat ingin melamar menjadi dosen adalah curriculum vitae atau dikenal juga dengan CV. 

Membuat CV tidak boleh asal-asalan, karena CV adalah salah satu dokumen penting yang akan menjadi pertimbangan apakah kamu layak diterima atau tidak. Kamu kudu teliti menyiapkannya. 

Curriculum vitae dosen tidak sama dengan curriculum vitae profesi lain, CV dosen harus ditulis lebih mendetail, dimulai dari data diri, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, termasuk riwayat karya-karya yang pernah diterbitkan.

Berikut ini akan penulis paparkan bagaimana menulis curriculum vitae yang baik dan benar. Simak penjelasannya di bawah ini:

Cara Membuat CV Dosen Yang Baik dan Benar

Cara Membuat CV Dosen Yang Baik dan Benar
pixabay

 

Pengertian CV/ Curriculum Vitae

Curriculum vitae atau yang dikenal dengan CV adalah dokumen yang memberikan informasi mengenai riwayat hidup seseorang yang digunakan sebagai referensi dalam melamar pekerjaan. 

CV ditulis tidak hanya untuk mencari pekerjaan pertama, namun juga diperlukan untuk pekerjaan lanjutan ketika seseorang ingin mengembangkan karirnya. Artinya CV juga dibutuhkan apabila ingin pindah ke kampus lain.

Curriculum vitae harus ditulis dengan lengkap dan menarik yang memaparkan riwayat pendidikan dari SD hingga magister atau doctoral sehingga orang tahu kita menempuh pendidikan di mana saja.

Baca juga: karakteristik dosen professional

Jurusan pendidikan yang kamu ambil juga perlu dicantumkan, agar pihak kampus bisa mengetahui latar belakang pendidikan kamu sesuai dengan lowongan dosen yang dibutuhkan. Sedangkan untuk dosen yang sudah memiliki pengalaman mengajar, perlu dicantumkan prestasi-prestasi yang pernah didapatkan, karya-karya yang pernah ditulis dan diterbitkan, presentasi-presentasi yang pernah dilakukan, dan sebagainya.

Fungsi CV/ Curriculum Vitae

Ada beberapa fungsi dari CV itu sendiri, yakni:

  1. Curriculum vitae berfungsi untuk memperkenalkan diri kepada lembaga atau perguruan tinggi yang dituju. 

  2. Agar lembaga atau perguruan tinggi yang bersangkutan dapat mengklasifikasikan pelamar sesuai dengan jenjang pendidikan. 

  3. Sebagai pertimbangan bagi lembaga atau perguruan tinggi dalam menetapkan berapa gaji yang pantas diterima oleh pelamar.

Cara Membuat CV Yang Baik dan Benar

Dalam menulis CV, ada beberapa hal yang perlu kamu cantumkan yaitu:

1. Data diri

Ini poin pertama yang perlu kamu cantumkan. Data diri memuat tempat tanggal lahir, jenis kelamin, status perkawinan, alamat rumah, alamat kos atau kontrakan, nomor handphone, alamat email, dan lain sebagainya. Semua ditulis dengan lengkap  agar pihak kampus dapat mempertimbangkan apakah kamu cocok diterima atau tidak.

2. Pendidikan

Riwayat pendidikan bisa dimulai dari jenjang Sarjana, Magister, maupun Doktor.

4. Karya Ilmiah

Cantumkan semua karya ilmiah yang pernah kamu tulis, baik skripsi, tesis, disertasi, maupun karya ilmiah lainnya seperti jurnal dan buku yang pernah ditulis. Lengkapi dengan judul terkait dengan karya ilmiah tersebut.

5. Penghargaan

Penghargaan memuat informasi mengenai prestasi-prestasi yang pernah kamu peroleh. Terutama penghargaan dalam bidang akademik.

6. Penelitian

Cantumkan juga pengalaman penelitian yang pernah kamu lakukan selama kuliah. Atau bagi dosen yang telah berpengalaman tentu memiliki banyak sekali penelitian karena salah satu tugas pokok dosen adalah melakukan penelitian.

7. Riwayat pekerjaan

Cantumkan riwayat pekerjaan yang pernah kamu tekuni. Ini juga poin penting, terutama jika pekerjaan tersebut sinkron dengan bidang keilmuan. Ini akan meningkatkan peluang kamu diterima. Termasuk juga pengalaman mengajar yang kamu miliki.

8. Keterampilan

Cantumkan keterampilan apa yang kamu miliki, misalnya menguasai computer, menguasai bahasa asing, dan lainnya.

9. Organisasi

Organisasi yang kamu ikuti juga perlu dicantumkan, termasuk jabatan dan tahun mulai bergabung dengan organisasi tersebut.

Contoh CV Dosen

CURRICULUM VITAE


 
Informasi Diri

Nama                                             : Dr. Rika Ariyani, M.Pd.I

TTL                                               : Muara Bungo, 08 Januari 1987

Alamat rumah                                : CitraRaya City, Cluster Bukit Hijau Blok A. 11 No. 05 Mendalo-Jambi.

Nomor HP/WA                               : 085266475145.

Status                                             : Menikah

Agama                                            : Islam

Email                                               : Rikaariyani857@gmail.com.

WebBlog                                        : Rikaariyani.com.

 

Riwayat Pendidikan

  1. Memperoleh gelar Doktor (S3) Manajemen Pendidikan Islam dari Universitas Negeri Islam (UIN) STS Jambi pada tahun 2018. 
  2. Magister Pendidikan Islam dari IAIN STS Jambi pada tahun 2013. 
  3. Sarjana Pendidikan Islam dari IAIN Imam Bonjol Padang pada tahun 2010. 
  4. Memperoleh ijazah Madrasah Aliyah (2005) 
  5. Madrasah Tsanawiyah (2002) dari Sumatera Thawalib Parabek Bukittinggi, 
  6. Memperoleh ijazah sekolah dasar (SD) pada tahun 1999.


 Karya Ilmiah:

  1. Buku dengan judul “Manajemen Laboratorium Komputer: Aplikasi Keterampilan Teknologi Informasi” yang diterbitkan oleh Pustaka Maarif pada tahun 2018. 
  2. Buku “Manajemen Peserta Didik” yang diterbitkan oleh Salim Media Indonesia” pada tahun 2016. 
  3. Modul "Aplikasi Komputer Manajemen"
  4. Jurnal al-Afkar Universitas Indragiri Vol 5. No 1 (2017) tentang: “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Profesionalisme Guru”. 
  5. Jurnal An-Nahdhah STAI Maarif Jambi Vol 11, No 1 (2017) tentang: Implementasi Total Quality Management (TQM) Di Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. 
  6. Artikel literasi STAI Maarif Jambi tentang: “Membangun Budaya Menulis untuk Mewujudkan Dosen Professional” tahun (2017). 
  7. Jurnal Pendidikan Islam, Sosial dan Keagamaan STAI Syekh Maulana Qori Bangko Jambi Vol. 4. No. 1 Maret 2015 tentang: “Pentingnya Manajemen di Lembaga Pendidikan Islam” . 
  8. Jurnal Numuwwah Vol. IV No.7 edisi Januari-Juni 2014 tentang: “Manajemen Laboratorium TIK Di Madrasah Aliyah Laboratorium Kota Jambi”. Opini “Membangun Budaya Menulis Dosen” yang diterbitkan oleh Media Lokal Jambi Independent (2017).


Pengalaman Kerja

  1. Pengalaman kerja, yaitu Dosen Tetap Manajemen Pendidikan Islam STAI SMQ Bangko sejak 2014-sekarang. 
  2. Guru Produktif Multimedia SMK Negeri 3 Muara Bungo tahun 2014-2015. 
  3. Guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SDIT Almuthmainnah Kota Jambi tahun 2013-2014. 
  4. Guru BAMA SDIT At-Taufik Kota Jambi tahun 2012-2013.


Demikian artikel mengenai Cara Membuat CV Dosen Yang Baik dan Benar, semoga bermanfaat.


Baca Juga: Ingin menjadi Dosen? Ini Skill yang harus kamu miliki

Post a Comment for "Cara Membuat CV Dosen Yang Baik dan Benar"