Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

Rikaariyani.com- Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester- Ujian Akhir Semester (UAS) telah di depan mata. Kamu kudu punya persiapan yang matang, agar hasil ujian akhir semester kamu mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Pada artikel berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar ujian akhir semester yang kamu jalani berjalan dengan lancar. Apa saja tipsnya? Simak penjelasan di bawah ini:

Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester


Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester

 

Apa Itu Ujian Akhir Semester?

Ujian akhir semester yakni ujian yang diberikan kepada mahasiswa setelah materi perkuliahan selesai. Ujian akhir semester memiliki tujuan untuk mengetahui hasil belajar yag meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.

Apa Saja Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester?

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi ujian akhir semester, yakni sebagai berikut:

1. Hindari Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam dikenal juga dengan sistem SKS. Ini perlu dihindari karena kamu pasti akan keteteran dan hasilnya tidak akan maksimal. Manfaatkanlah minggu tenang yang diberikan oleh kampus. Kamu bisa buka dan pelajari lagi materi-materi yang diberikan oleh dosen di kelas.

2. Pahami Karakter Dosen

Memahami karakter dosen memiliki peran penting dalam dunia perkuliahan, karena setiap dosen memiliki karakter yang berbeda-beda. Baik dalam mengajar maupun dalam memberikan soal-soal ujian. Ada sebagian dosen yang menginginkan jawaban yang singkat dan padat. Ada pula dosen yang memberikan satu soal dengan jawaban yang sangat detail dan panjang. 

Baca Juga: Persiapan menghadapi ujian komprehensif

3. Pilih Waktu Yang Tepat Untuk Belajar

Beberapa teori menyatakan bahwa waktu yang tepat untuk belajar adalah pada malam hari. Suasana yang tenang membuat kamu lebih fokus dalam memahami materi-materi perkuliahan. Namun, ada juga sebagian orang yang lebih suka belajar pada waktu subuh atau pagi hari.

Silakan disesuaikan dengan kondisi masing-masing, karena waktu belajar masing-masing orang tidak bisa disamakan. Kalau kamu merasa lebih enjoy belajar di malam hari, rutinkan saja.

4. Cari Suasana Yang Nyaman Untuk Belajar

Ada sebagian orang lebih suka belajar di kesunyian, sebagian yang lain malah suka di tempat-tempat keramaian. Tanya diri kamu sendiri, kamu lebih nyaman belajar di tempat yang tenang atau tempat yang berisik.

Kalau kamu lebih suka tempat yang ramai untuk belajar, tidak ada salahnya kamu mengunjungi kafe-kafe yang ada di kotamu. Kamu bisa belajar sambil ngopi di sana.

Saya sendiri termasuk yang senang belajar atau mengerjakan tulisan di kafe. Saya biasa menghabiskan waktu berjam-jam di café, sambil menyesap kopi tentunya. Tapi jangan lupa pilih kafe yang menyediakan mushala atau tempat shalat sehingga kewajiban yang satu ini tidak terganggu.

5. Tetap Jaga Kesehatan

Jangan mentang-mentang disibukkan dengan persiapan ujian, kamu jadi lupa dengan kesehatan sendiri. Menjaga kesehatan menjelang ujian sangat penting, agar kamu dapat menjalani UAS dengan baik dan lancar. Kan gak lucu jika kamu sakit pada hari pertama ujian karena sibuk belajar atau begadang hingga tengah malam.

Jangan lupa juga perbanyak minum air putih dan konsumsi buah-buahan.

Baca Juga: Tips menghadapi sidang ujian akhir

6. Mintalah Restu dan Doa Dari Orang Tua

Restu dan doa dari orang tua adalah salah satu kunci sukses. Cium tangan mereka dan pintalah doa restu dari mereka, meskipun tanpa diminta pun mereka pasti mendoakanmu. Jika saat ini kamu jauh dari orang tua, kamu bisa menyempatkan diri untuk menelpon mereka.  

Percayalah, doa restu dan ridho dari orang tua akan memudahkan kamu dalam menghadapi ujian.

7. Jangan Lupa Berdoa

Setelah semuanya dipersiapkan dengan baik, dari segi materi ujian atau pun lainnya, yang tidak boleh kamu lupakan adalah berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa. Mudah-mudahan Allah memberikan kemudahan dalam mengerjakan soal.

Berikut ini ada beberapa doa khusus yang bisa kamu amalkan sebelum mengikuti ujian.

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Artinya: “Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau membuatnya mudah. Dan Engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah”

Atau bisa juga dengan:

رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

”Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir”

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kau persulit,”

Demikian tips dalam menghadapi ujian akhir semester, semoga bermanfaat…

Baca juga : Pengertian Daftar Pustaka

 

FB: Facebook.com/Ukhti.Ika


 



Post a Comment for "Tips Menghadapi Ujian Akhir Semester"