Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik

Rikaariyani.com- Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik-Sebagai akademisi, baik mahasiswa ataupun dosen tentu tak asing dengan slide presentasi. Baik untuk presentasi kelas, maupun presentasi seminar, memberikan materi ajar, ataupun untuk kepentingan tugas akhir seperti sidang munaqasah dan lainnya. 

Intinya setiap mahasiswa pasti pernah melakukan presentasi, apalagi seorang dosen. Namun, apakah slide presentasi yang dibuat sudah sesuai? Apakah slide yang dibuat sudah menarik? Apakah audiens tertarik untuk menyaksikannya? 

Jika belum, itu artinya slide anda perlu diperbaiki lagi. Jangan sampai presentasi anda gagal hanya karena sebuah slide. 

Pada artikel berikut ini penulis akan bahas lebih detail apa saja tips membuat slide presentasi yang menarik sehingga presentasi yang dilakukan berjalan dengan lancar dan memuaskan. 

Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik

Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik
Foto oleh: Pixabay

 

1. Gunakan Template Yang Menarik

Slide presentasi harus menarik sehingga audiens tidak merasa bosan dengan apa yang kamu sampaikan. Untuk membuat slide yang menarik, kamu mesti gunakan template yang kreatif. Di internet banyak sekali template-template yang bisa kamu download, jadi usahakan jangan gunakan template standar yang disediakan oleh power point. Kamu juga bisa membuat template sendiri asal ada kemauan. 

Baca juga: Kesalahan dalam membuat slide presentasi

2. Tulis Poin-Poin Penting

Ya, cukup masukkan poin-poin penting dalam slide presentasi kamu. Jangan seperti Koran. Yakinlah audiens akan tambah lesu mengikuti presentasi kamu. Dalam 1 slide sebaiknya tidak lebih dari 5 baris, karena apabila terlalu banyak audiens akan lupa apa saja yang kamu sampaikan. Jadi sekali lagi, cukup tulis poin-poin penting. Tidak perlu menulis penjelasannya di slide, tapi jelaskan secara langsung. Slide yang memuat penjelasan terlalu panjang malah akan membuat audiens cepat bosan dan kurang memperhatikan apa yang kamu sampaikan.


3. Perhatikan Ukuran Huruf

Gunakan ukuran huruf minimal 30pt, karena jika terlalu kecil audiens tidak bisa membaca dengan jelas apa yang kamu presentasikan. Ukuran huruf pada slide tidak sama seperti microsoft word yang menggunakan ukuran standar. 

4. Gunakan Background Yang Cocok

Background merupakan salah satu cara untuk memperindah slide presentasi. Untuk itu kamu harus berhati-hati dalam memilih background. Jangan abaikan masalah background. Membuat background juga tidak boleh berlebihan, karena background yang berlebihan akan membuat slide menjadi buruk. Background dengan warna yang terlalu ramai membuat audiens kesulitan membaca materi.

5. Sesuaikan Warna Teks dengan Background yang Kamu Gunakan

Ini cukup penting. Warna teks yang tidak sesuai dengan background akan menyulitkan audiens membaca poin-poin yang kamu jelaskan melalui slide. Pilihlah warna yang kontras antara huruf dengan background. Kontras akan menarik perhatian audiens pada slide presentasi kamu. Slide yang tidak memiliki kontras ibarat sayur tanpa garam. Hambar, dan tidak punya daya tarik. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan kontras agar dapat menarik perhatian audiens.

Demikian penjelasan mengenai tips membuat slide presentasi yang menarik. Semoga bermanfaat...

Thanks,

Baca juga: contoh slide presentasi


 


2 comments for "Tips Membuat Slide Presentasi Yang Menarik"