Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesalahan Dalam Membuat Slide Presentasi

Rikaariyani.com- Kesalahan Dalam Membuat Slide Presentasi- Slide merupakan salah satu media yang dapat mendukung sebuah presentasi. Presentasi apapun itu, presentasi bisnis, presentasi makalah, seminar, dan lainnya. Semua membutuhkan slide presentasi. 

Slide presentasi turut menentukan sukses atau tidaknya presentasi seseorang. Untuk itu, kamu mesti tahu apa saja kesalahan yang sering dilakukan dalam membuat slide presentasi. Tujuannya adalah agar kamu bisa belajar dari kesalahan sehingga ke depan slide presentasi kamu bisa lebih menarik perhatian dan tidak membosankan.

Apa saja kesalahan dalam membuat slide presentasi?? Simak ulasan berikut ini:

Kesalahan Dalam Membuat Slide Presentasi

slide presentasi
pixabay



1. Menggunakan Background Yang Berlebihan

Ini kesalahan pertama dalam membuat slide presentasi yang sering dilakukan oleh para presentator. Pemilihan warna merah, kuning, hijau bukanlah warna yang cocok dijadikan sebagai latar slide. Jangan sampai mata audiens menjadi pedih melihat slide kamu. Pilihlah background yang sedikit lembut atau gelap. Padukan dengan tulisan yang lebih terang. Boleh juga sebaliknya. Jika kamu ingin audiens bisa membaca pesan, kamu mesti membuat slide dengan kontras yang kuat antara background dan teks. 

Baca juga: Tips membuat slide presentasi yang menarik


2. Memasukkan Semua Materi

Kesalahan ini juga sering dilakukan. Slide dipenuhi dengan tulisan yang sangat panjang seperti Koran. Cukup masukkan poin penting saja, penjelasannya tidak perlu. Dan biasanya, presentator yang membuat slide seperti ini mereka akan membaca saat menyampaikan materi, sehingga kamu kehilangan waktu untuk membangun hubungan dengan audiens. Ini akan menyebabkan audiens lebih cepat bosan dan yang lebih parah, kamu bisa dianggap tidak kompeten. Oleh Karena itu, buatlah slide dengan ringkas, semakin ringkas akan semakin baik.


3. Menggunakan Gambar Yang Tidak Sesuai

Gambar termasuk salah satu penunjang dalam sebuah presentasi. Gambar membuat pesan yang ingin disampaikan lebih mudah dipahami dan diingat oleh audiens. Namun jangan asal masukkan gambar sehingga malah membuat slide presentasi kamu jadi aneh. Carilah gambar yang relevan dengan tema presentasi kamu. Jika tidak menemukan gambar yang pas, cukup teks saja, daripada kamu menggunakan gambar yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan tema presentasi.

Pengaturan gambar juga perlu diperhatikan, harus seimbang dan penempatannya pun harus sesuai. Di sini dituntut kreatifitas seorang presentator.


4. Animasi Yang Terlalu Banyak

Boleh saja menggunakan animasi. Animasi adalah fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkuat pesan yang kamu sampaikan. Selain itu, menambahkan animasi pada slide termasuk salah satu cara agar audiens lebih terpukau dengan slide yang ditampilkan. Tapi jangan terlalu kebanyakan. Terlalu banyak animasi malah akan membuat audiens tidak fokus dengan apa yang kamu presentasikan. Saran saya, gunakan animasi dengan bijak.

 
5. Menggunakan Font Yang Tidak Bisa Dibaca

Perlu diketahui, tidak semua huruf bisa dibaca dengan mudah saat menampilkan slide. Sebaiknya hindari font yang ribet agar audiens dapat memahami slide kamu. Font yang baik adalah font yang jelas dan mudah dibaca dalam kondisi apa pun. 

6. Slide Tidak Rapi

Membuat slide jangan asal-asalan. Isinya harus rapi dan enak dipandang mata. Baik dari segi penempatan, pemilihan gambar, dan lainnya.


7. Pemilihan Efek Suara Tidak Tepat

Efek suara yang tidak tepat akan sangat mengganggu. Saran saya, tidak perlu masukkan efek suara seperti efek tepuk tangan, tembakan, dan beberapa efek suara lainnya.

Demikian artikel mengenai kesalahan-kesalahan dalam membuat slide presentasi, semoga ke depan kesalahan yang sering dilakukan selama ini dapat diperbaiki sehingga slide presentasinya lebih menarik dan berkualitas. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Baca Juga: Contoh slide ujian terbuka disertasi



Post a Comment for "Kesalahan Dalam Membuat Slide Presentasi"