Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Lokasi Penelitian Skripsi

Rikaariyani.com- Tips Memilih Lokasi Penelitian Skripsi- Dalam melakukan penelitian, baik penelitian skripsi, tesis, maupun disertasi, hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah lokasi penelitian.

Lokasi penelitian sangat berperan dalam  melakukan sebuah penelitian. Sukses atau tidaknya suatu penelitian, tergantung di mana kamu memilih lokasi.

Banyak contoh, peneliti gagal atau kesulitan melakukan penelitian karena menemukan hambatan di lokasi penelitian. Adapun hambatan-hambatan yang biasanya ditemukan di lokasi penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Sulitnya mendapatkan data-data penting yang dibutuhkan oleh peneliti. 
  2. Situasi di lokasi penelitian yang tidak kondusif, sehingga berpengaruh terhadap proses penelitian yang dilakukan. 
  3. Kurangnya fasilitas pendukung dalam proses penelitian. 
  4. Para informan atau subjek penelitian tidak terbuka dalam memberikan informasi terkait dengan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang diajukan oleh peneliti. Bahkan pernah juga ditemukan informan yang menolak untuk diwawancarai.

Dari beberapa hambatan tersebut, tentu akan mempersulit peneliti dalam melakukan penelitian. Oleh karena itu, lokasi penelitian perlu dipertimbangkan dengan sebaik mungkin, dan harus berhati-hati dalam memilih lokasi.

Tak dipungkiri, di lokasi penelitian lah semua data diperoleh, baik data primer maupun data sekunder. Pada artikel kali ini saya akan membahas tips-tips dalam memilih lokasi penelitian yaitu sebagai berikut:

 

TIPS MEMILIH LOKASI PENELITIAN
foto: Pixabay

Tips Memilih Lokasi Penelitian Skripsi

1. Pilihlah lokasi yang mudah dijangkau

Tips pertama, sebaiknya pilihlah lokasi yang mudah untuk dijangkau, jangan memilih lokasi yang terlalu jauh dari tempat tinggal, karena itu akan menyulitkan kamu melakukan penelitian.

Penelitian membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan, bukan hanya dalam hitungan hari. lagi pula, kamu perlu menyesuaikan waktu dengan informan yang kamu teliti. Terlebih penelitian jenis kualitatif, kamu perlu berlama-lama dan berdalam-dalam melakukan pengumpulan data. Jika lokasi yang kamu pilih cukup jauh, ini bisa menjadi hambatan yang berarti. Untuk itu, carilah lokasi yang mudah kamu jangkau, yang jaraknya tidak terlalu jauh dan tidak memakan waktu yang lama di perjalanan.

Lokasi penelitian yang jauh tentu juga membutuhkan dana yang cukup besar. Baik untuk transportasi maupun untuk penginapan, dan lain-lain.

Baca juga: Mengenal jenis dan ragam penelitian

2. Pilihlah lokasi yang sesuai dengan tema penelitian kamu

Tips kedua kamu perlu memastikan bahwa lokasi yang kamu pilih sesuai dengan tema-tema penelitian yang kamu angkat. Misalnya meneliti tentang laboratorium computer, kamu harus pastikan bahwa lokasi penelitian tersebut memiliki laboratorium computer yang layak untuk kamu teliti.

3. Pilihlah lokasi yang mendapat rekomendasi dari orang yang kamu kenal

Memilih lokasi penelitian bisa berdasarkan rekomendasi dari orang-orang yang kamu kenal, bisa dari dosen pembimbing, keluarga, ataupun teman dekat. Tips ini dapat mendukung proses penelitian kamu di lokasi tersebut. Biasanya untuk mendapatkan data-data yang kamu butuhkan jauh lebih mudah.

4. Pilihlah lokasi penelitian yang tidak begitu asing untuk kamu teliti

Kamu bisa memilih lokasi penelitian di mana kamu pernah terlibat di lokasi tersebut, misalnya pernah melaksanakan PPL di sana atau pernah sekolah di sana. Tujuannya adalah supaya kamu tidak kesulitan mendapatkan data dan melakukan wawancara dengan informan-informan yang kamu teliti. Jika sebelumnya kamu sudah mengenal lokasi penelitian tersebut, penelitian yang kamu lakukan insyaallah dapat berjalan dengan lancar. Hindari lokasi penelitian yang benar-benar asing untuk kamu.

5. Pilihlah lokasi penelitian yang bersedia menerima pihak luar untuk mengadakan penelitian

Ini cukup penting. Tidak semua instansi mau menerima pihak luar melakukan penelitian. Sebelum melakukan penelitian di lokasi tersebut, ada baiknya kamu mencari informasi mengenai lokasi tersebut, apakah mereka bersedia menerima pihak luar melakukan penelitian atau tidak.  

Demikian penjelasan mengenai tips memilih lokasi penelitian, semoga bermanfaat untuk para peneliti dan calon peneliti.

Baca juga: Contoh proposal penelitian kuantitatif

Terimakasih, 




Post a Comment for "Tips Memilih Lokasi Penelitian Skripsi"