Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

STUDY VISIT KELUAR NEGERI PROGRAM DOKTOR UIN STS JAMBI

Rikaariyani.com- STUDY VISIT KELUAR NEGERI PROGRAM DOKTOR UIN STS JAMBI- Salah satu program mahasiswa program Doktoral waktu itu adalah melaksanakan study visit ke luar negeri. Tiga negara yang kami kunjungi yaitu Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Kami berangkat dari bandara Sulthan Thaha Jambi menuju Batam. Dari Batam menuju Singapura melalui jalur transportasi laut.

Di Singapura kami ditemani pemandu wisata berwajah cantik. Berkeliling ke berbagai tempat dengan menaiki bus. Salah satu tempat yang kami kunjungi adalah Merlion Park. Kami bernarsis ria di sana. Sibuk berfoto dan selfie dengan berbagai gaya.

STUDY VISIT KELUAR NEGERI PROGRAM DOKTOR UIN STS JAMBI
STUDY VISIT KELUAR NEGERI

 

"Yok, foto2 sekelas!"

Kami berjajar rapi, Pak Agus, pak afif, pak nasril, pak Rudi, bu Anis, bu Rapikah, Minda, dan saya. Mengatur gaya masing-masing dan cekrek. Selesai foto2 sekelas, kami juga mengabadikan momen dengan Prof. Mukhtar, sang direktur pasca yang penuh wibawa.

Lama di Merlion, kami beralih tepat. Masih ditemani pramuwisata cantik. Tak terasa, sore pun menjelang. Bus besar itu akhirnya mengantarkan kami ke bandara Changi Singapura.

Kami menunggu cukup lama di bandara. Beberapa foto berhasil diabadikan. Kami juga sempat makan dengan harga selangit.

Beberapa jam di bandara, pesawat tak kunjung take off. Kebosanan melanda meski bisa bersantai ria di kursi tunggu. "Ampiun yaa... Lamanya." saya mengeluh, karena selain mulai ngantuk, saya juga lapar.

Jam 9 malam, sambil terus menunggu, saya merebahkan diri dengan kacamata hitam yang bertengger sok gaya. Dengan kaca mata hitam, mereka tak akan tahu saya sedang tidur.

Lama menunggu akhirnya take off juga. Saya duduk di sebelah ibu paling cantik, ibu Replianis, memang sebelum berangkat kami sudah sepakat.

Satu jam kemudian, pesawat transit di bandar udara internasional Kuala Lumpur. Kami punya waktu beberapa jam untuk rehat.

"Ngopi dulu, yok..."

Pak Agus, pak Rudi, Pak Nasril, dan Minda langsung menyambut tawaran saya. Bu Anis dan Bu Rapikah memilih merebahkan diri di kursi tunggu bersama teman-teman dari kelas lain. Ya, waktu itu ada 3 kelas yang berangkat. Kelas M. Iqbal, kelas M. Abduh, dan satu lagi saya lupa.

Kami memilih salah satu kafe yang sepi pengunjung. Agar sedikit leluasa duduk berlama2. Cappucino panas menjadi pilihan saya waktu itu. Namun sayang, di luar ekspektasi saya, cappucinonya pahitttt. Hulala... Saya langsung ganti menu. Kali ini milo panas menjadi pilihan.

Bosan di kafe, kami berkeliling bandara, cekrek sana cekrek sini. Juga sempat ke area smoking, nemenin pak Agus yang sudah gak tahan pengen ngerokok. Semilir angin malam menambah nikmat keseruan kami. 


#bersambung

Baca juga: Prosesi sidang promosi doktor

Post a Comment for "STUDY VISIT KELUAR NEGERI PROGRAM DOKTOR UIN STS JAMBI "