Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Impian Kamu

Rikaariyani.com, Jambi- Tips Lolos Seleksi Beasiswa- Tahun 2015 silam, saya sempat mengikuti seleksi tes beasiswa 5000 Doktor yang diselenggarakan oleh Diktis Kementerian Agama. Beasiswa tesebut diperuntukkan bagi dosen-dosen tetap yang ada di kampus PTN maupun PTS. Syarat utamanya adalah memiliki NIDN atau Nomor Induk Dosen Nasional.

Alhamdulillah, saya dinyatakan lulus sehingga saya bisa melanjutkan studi S3 di UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dengan jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Untuk itu, buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan melalui program beasiswa, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

 


Wisuda S3 UIN STS Jambi

Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Impian Kamu

1. Rajin Buka Website

Informasi-informasi mengenai beasiswa biasanya diumumkan melalui website-website penyelenggara. Hal ini penting dilakukan supaya kita bisa mempersiapkan semua persyaratan sedini mungkin. Kalau perlu, buka website setiap hari, karena setiap hari akan selalu ada informasi terbaru yang kita butuhkan.

2. Lengkapi Semua Persyaratan

Setelah menemukan jenis beasiswa yang cocok, langkah selanjutnya adalah melengkapi semua persyaratan yang diminta. Jangan sampai ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Jika syarat kamu tidak lengkap, jangan harap kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya.

3. Ikuti Semua Prosedur Dengan Baik

Setelah melengkapi semua persyaratan dan kamu dinyatakan lulus administrasi, kamu bisa mulai menyiapkan diri untuk mengikuti tes-tes tertentu yang ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa. 

Pengalaman saya mengikuti seleksi beasiswa, beberapa tes yang saya jalani meliputi tes bahasa asing (arab dan inggris), tes potensi akademik, tes lisan terkait jurusan yang kita ambil, dan yang terakhir adalah wawancara.

Semua rangkaian tes tersebut mesti diikuti dengan baik.

4. Rajin Berdoa

Doa sangat ampuh untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Rayulah Allah di sepertiga malam. Jika beasiswa itu baik untuk kamu, maka pasti Allah mengabulkannya. Intinya tetap berhusnudzon kepada Allah. Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak.

Saat mengikuti tes beasiswa saya cukup sangsi, karena saingan yang ketat, tapi saya terus yakinkan diri bahwa saya mampu dan saya layak mendapatkan beasiswa tersebut.

5. Minta Doa dan Restu Dari Orang Tua

Doa dan restu dari orang tua sangat berpengaruh dalam kesuksesan kita. Doa yang diucapkan oleh orang tua sangat mujarab. Apa pun yang kita lakukan, jangan lupa untuk melibatkan mereka. Selain doa kamu juga perlu meminta pendapat dari mereka, karena mereka tahu jalan terbaik yang bakal ditempuh oleh anaknya.

6. Serahkan Hasil Akhir Kepada Allah

Setelah semua usaha dan doa-doa panjang yang kita lakukan, serahkan semua keputusan kepada Allah Swt. Allah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita. Jika doa kita dikabulkan, maka bersyukurlah. Namun jika gagal, kita tak boleh berkecil hati dan suudzon pada Allah. Berarti itulah yang terbaik untuk kita.

Demikian tips dan trik mendapatkan beasiswa, semoga bermanfaat terimakasih telah berkunjung di blog Rikaariyani.com.

Baca juga artikel lainnya:

Contoh surat tidak sedang menerima beasiswa

Universitas terbaik di Brunei Darussalam

Sistem Pendidikan di Jepang


Post a Comment for "Tips dan Trik Mendapatkan Beasiswa Impian Kamu"