Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

TIPS AGAR LOLOS SELEKSI BEASISWA

TIPS AGAR LOLOS SELEKSI BEASISWA


“Sujud syukur, Nak. Semoga berkah.”

Saya masih ingat sms dari sang bapak tercinta saat saya kabarkan lulus beasiswa 5000 Doktor yang diselenggarakan oleh Diktis kemenag pada tahun 2015. Beasiswa ini diperuntukkan bagi dosen-dosen di kampus PTN maupun PTS. Syarat utamanya adalah memiliki NIDN atau Nomor Induk Dosen Nasional.

Alhamdulillah setelah berjuang beberapa bulan mempersiapkan persyaratan dan mengikuti berbagai tes, saya dinyatakan berhak mendapatkan beasiswa tersebut.

Ya, siapa yang tidak mengidam-idamkan beasiswa? Siapa yang tidak ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi? saya yakin kamu pun punya impian mendapatkan beasiswa sehingga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 ataupun S2, baik di dalam maupun di luar negeri.

Bagi kamu yang saat ini sedang mengincar-incar beasiswa, kali ini saya akan membahas beberapa tips agar bisa lolos beasiswa. Langsung saja disimak ya…

Wisuda S3 UIN STS Jambi

 

1. Rajin Buka Website

Informasi-informasi mengenai beasiswa biasanya diumumkan melalui website-website penyelenggara. Hal ini penting dilakukan supaya kita bisa mempersiapkan semua persyaratan sedini mungkin. Kalau perlu, buka website setiap hari, karena setiap hari akan selalu ada informasi terbaru yang kita butuhkan.

2. Lengkapi Semua Persyaratan

Setelah menemukan jenis beasiswa yang cocok, langkah selanjutnya adalah melengkapi semua persyaratan yang diminta. Jangan sampai ada persyaratan yang tidak terpenuhi. Jika syarat kamu tidak lengkap, jangan harap kamu bisa lolos ke tahap selanjutnya.

3. Ikuti Semua Prosedur Dengan Baik

Setelah melengkapi semua persyaratan dan kamu dinyatakan lulus administrasi, kamu bisa mulai menyiapkan diri untuk mengikuti tes-tes tertentu yang ditetapkan oleh penyelenggara beasiswa. 

Pengalaman saya mengikuti seleksi beasiswa, beberapa tes yang saya jalani meliputi tes bahasa asing (arab dan inggris), tes potensi akademik, tes lisan terkait jurusan yang kita ambil, dan yang terakhir adalah wawancara.

Semua rangkaian tes tersebut mesti diikuti dengan baik.

4. Rajin Berdoa

Doa sangat ampuh untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Rayulah Allah di sepertiga malam. Jika beasiswa itu baik untuk kamu, maka pasti Allah mengabulkannya. Intinya tetap berhusnudzon kepada Allah. Tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak.

Saat mengikuti tes beasiswa saya cukup sangsi, karena saingan yang ketat, tapi saya terus yakinkan diri bahwa saya mampu dan saya layak mendapatkan beasiswa tersebut.

5. Minta Doa dan Restu Dari Orang Tua

Doa dan restu dari orang tua sangat berpengaruh dalam kesuksesan kita. Doa yang diucapkan oleh orang tua sangat mujarab. Apa pun yang kita lakukan, jangan lupa untuk melibatkan mereka. Selain doa kamu juga perlu meminta pendapat dari mereka, karena mereka tahu jalan terbaik yang bakal ditempuh oleh anaknya.

6. Serahkan Hasil Akhir Kepada Allah

Setelah semua usaha dan doa-doa panjang yang kita lakukan, serahkan semua keputusan kepada Allah Swt. Allah yang paling tahu apa yang terbaik untuk kita. Jika doa kita dikabulkan, maka bersyukurlah. Namun jika gagal, kita tak boleh berkecil hati dan suudzon pada Allah. Berarti itulah yang terbaik untuk kita.


Demikian tips-tips agar lolos beasiswa dari saya, semoga bermanfaat terutama untuk kamu yang saat ini benar-benar sedang membutuhkan beasiswa. 

Terimakasih,

FB: Facebook.com/Ukhti.Ika

 



Post a Comment for "TIPS AGAR LOLOS SELEKSI BEASISWA"