Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Sederhana Mencegah Penyakit Kanker

Rikaariyani.com- Tips Mencegah Penyakit Kanker- Tak pelak, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti semua orang. Tak sedikit yang menghembuskan nafas terakhir karena kanker, termasuk salah seorang teman baik saya di Sumbar sana. Dan ini, saya baru saja ditelpon oleh orangtua yang mengabarkan salah satu kerabat mengidap kanker payudara dan saat ini masih dirawat di rumah sakit.

Kanker memang mengerikan. Tak salah jika orangtua mulai was-was dan mewanti-wanti supaya saya tak lagi konsumsi kafein dan mie instan. Mereka paling hapal kebiasaan saya yang tak bisa jauh dari segala jenis kopi sebagai teman begadang saat mengerjakan Disertasi dan tugas-tugas lainnya. 

Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai tips sederhana mencegah penyakit kanker. Simak ulasan berikut ini:

Tips Sederhana Mencegah Penyakit Kanker 

 

Tips Sederhana Mencegah Penyakit Kanker
pixabay

 

 

Pengertian Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang seluruh bagian tubuh manusia.

Menurut Wikipedia, kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh ketidakteraturan hormone yang menyebabkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal.

Menurut Indah (2010), kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh yang tidak normal dan terus membelah diri.

Gejala Kanker 

Ada beberapa gejala kanker yang perlu diwaspadai, yaitu sebagai berikut:

  1. Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu 
  2. Perubahan pada kulit 
  3. Berat badan turun drastis 
  4. Demam berkepanjangan 
  5. Seringkali merasa kelelahan 
  6. Depresi dan sakit perut 
  7. Gangguan buang air besar 
  8. Perut terasa kembung 
  9. Nyeri pada ulu hati 
  10. Sakit saat menelan

 

Tips Sederhana Mencegah Kanker

1.  Mencegah kanker dengan mengkonsumsi Sayur Kubis/ Kol

Sayur kubis merupakan musuh utama kanker. Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi kubis paling sedikit 5 porsi dalam seminggu. Sayur kubis ini terbukti mampu menurunkan resiko kanker bahkan menurunkan perkembangan kanker yang telah ada dalam tubuh. Kubis Sebaiknya dimasak separo matang. 

Baca juga: Manfaat buah pepaya

2. Mengkonsumsi Bawang Putih Mentah

Bawang putih ternyata sangat efektif untuk membunuh sel kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association mengungkap bahwa: zat dalam bawang putih yang bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) memberikan perlindungan terhadap karsinogen.

Bawang putih harus dikonsumsi secara mentah untuk mendapatkan manfaat maksimal di dalamnya. Meski bawang putih juga enak setelah dimasak, namun proses memasak akan menghancurkan enzim yang ada dalam bawang putih. Padahal enzim tersebut yang bekerja mencegah pertumbuhan sel kanker.

3.  Mencegah Kanker Dengan Bawang Bombay

Bukan hanya mencegah kanker, organosulfur dalam bawang bombay juga diketahui dapat menghambat dan mencegah perkembangan tumor yang dikembangkan karena mutagenesis paparan radikal bebas.

Dalam bawang bombay juga ditemukan folat yang dapat membantu mencegah depresi dengan cara mencegah kelebihan homosistein, yaitu senyawa yang dapat mencegah darah dan nutrisi lain mencapai otak. Dengan begini, Anda jadi tidak mudah stres dan mudah tidur saat malam hari.

4. Mencegah Kanker dengan Teh

Salah satu tim ilmuwan dari Swedia rupanya menemukan bahwa minum teh bisa mengutak-atik gen tertentu dalam tubuh wanita dalam jangka panjang. Alhasil, mereka juga menemukan bahwa risiko tumor payudara terlihat menurun pada beberapa wanita yang rajin minum teh.

5. Mencegah Kanker dengan Kacang Tanah

Kacang tanah kaya akan vitamin E yang menurunkan risiko kanker kolon, paru-paru, hati, dan kanker lainnya. Selai kacang yang nikmat pada roti gandum utuh akan membantu Anda melawan kanker.

6. Mencegah Kanker dengan Ubi Jalar

Ubi jalar adalah makanan anti kanker super, Japan National Institute Pencegahan Kanker baru-baru ini merilis hasil penelitian ini. Ubi jalar mampu mencegah kanker terutama karena ubi jalar mengandung bahan khusus: DHEA. Hormon ini dapat membantu mencegah kanker dan penuaan. Sangat efektif untuk pencegahan kanker payudara.

Konsumsi rutin ubi jalar tidak hanya memiliki efek pencegahan pada kanker payudara, tetapi juga untuk pencegahan kanker kulit, kanker rahim, kanker perut, kanker kulit, kanker nasofaring, kanker laring, kanker rahim, kanker perut, kanker usus besar, kanker testis, kanker ovarium, leukemia dan kanker lainnya. 

Demikian penjelasan mengenai tips mencegah penyakit kanker. Semoga bermanfaat. 

Baca juga: Manfaat daun puding merah

Post a Comment for "Tips Sederhana Mencegah Penyakit Kanker "