Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Merawat Kucing

Rikaariyani.com- TIPS MERAWAT KUCING- Jujur saja, saya pecinta kucing sejak kecil. Hingga saat ini pun, kecintaan saya pada mereka tak pernah lenyap. Bagi saya, mereka adalah penghibur di kala sepi dan duka. Epss jangan salah… menurut penelitian, perempuan pecinta kucing adalah perempuan yang penyanyang.

Bagi pecinta kucing seperti saya, yang perlu dipahami adalah bagaimana cara merawatnya dengan baik, supaya mereka tetap menjadi makhluk paling manis di dunia (Setidaknya menurut saya). :D

Di dalam artikel berikut ini, penulis akan berbagi tips mengenai cara merawat kucing yang baik dan benar.

 

Tips Merawat Kucing

 

Tips Merawat Kucing

Berikut cara merawat kucing menurut pengalaman saya.

  1. Rawat mereka dengan sepenuh hati, penuh kasih sayang, jika memungkinkan ajak mereka berbicara meski ini terlihat gila. Hehhehe…. Saya memang selalu mengajak kucing saya berbicara, setidaknya mereka tahu bahwa kita begitu menyayanginya. 
  2. Berikan makanan pada mereka 4 hingga 6 kali dalam sehari, tapi jangan terlalu banyak, karena kucing mempunyai usus yang kecil. Mengapa harus sesering itu? Karena kucing sangat mudah lapar, mungkin efek dari usus yang kecil tersebut. Untuk makanannya bisa berikan whiskas atau ikan rebus dicampur nasi. Untuk diketahui, makanan berminyak tidak bagus untuk bulu kucing, makanya disarankan direbus saja. Untuk menghemat, perbanyak kuahnya. Hehhehe.

  3. Jangan biarkan kucing makan tikus, kodok, cicak, dll. Karena hewan2 tersebut banyak mengandung kuman atau bakteri. Pengalaman pahit saya, salah satu kucing saya yang bernamanya “unyung” pergi tak akan kembali setelah melahap habis tikus yang dia dapat di belakang rumah tetangga, rupanya tikus yang dia makan telah diracuni dan kucing pun ikut kena racun. Makanya harus hati-hati sekali, jangan biarkan kucing berkeliaran di luar rumah karena begitu banyak bahaya yang akan menghadangnya.
  4. Supaya mereka semakin gendut dan lucu, berikan susu bayi minimal 3 sendok perhari. Tapi jangan susu indomilk kental yaa… mesti susu cair bayi!

  5. Jika jumlah mereka banyak, seperti kucing2 saya yang mencapai 13 ekor, sediakan kandang untuk mereka tidur, karena kalau di rumah, harus siap-siap dimarahi seisi rumah karena PUP-nya sembarangan. Hihihi.. pengalaman saya juga nih! :P
  6. Jika kucing terlihat lesu, cepat berikan madu atau oralit. Oralit bisa dibuat sendiri dengan mencampurkan garam dan gula merah. 

  7. Mandikan minimal 1 kali dalam sebulan.

Demikian tips merawat kucing, lain kali saya sambung dengan tips yang berbeda tentunya. Tetap sayangi kucing anda dan berikan yang terbaik untuk binatang kesayangan Nabi tersebut.

 



Post a Comment for "Tips Merawat Kucing"