Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menulis Daftar Pustaka yang Bersumber Dari Jurnal

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal- Daftar pustaka adalah daftar yang memuat sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan sebuah karya ilmiah seperti buku, jurnal, makalah, atau tesis. 

Daftar pustaka berfungsi untuk memberikan informasi yang lengkap tentang sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah tersebut agar pembaca dapat melakukan pengecekan atau memeriksa keabsahan informasi yang diberikan. Format daftar pustaka dapat berbeda-beda tergantung pada gaya penulisan yang digunakan, seperti APA, MLA, atau Harvard.

Lalu bagaimana cara menulis daftar pustaka yang diambil dari jurnal? Berikut penjelasannya:

 

 

Pengertian Daftar Pustaka

Daftar pustaka adalah kumpulan referensi atau sumber informasi yang digunakan oleh penulis untuk menunjang atau memperkuat argumen atau informasi yang disajikan dalam sebuah tulisan atau karya ilmiah.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2016), daftar pustaka adalah kumpulan judul buku, artikel, atau dokumen lain yang digunakan sebagai referensi dalam sebuah karya tulis.

Menurut Hery Mudiyanto (2018), daftar pustaka adalah kumpulan referensi atau sumber informasi yang digunakan oleh penulis dalam penulisan karya ilmiah atau tulisan lainnya.

Sedangkan menurut Sugiyono (2017), daftar pustaka adalah daftar yang memuat referensi atau sumber-sumber informasi yang digunakan sebagai acuan dalam penulisan sebuah karya ilmiah.

Dari beberapa penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa daftar pustaka adalah kumpulan referensi atau sumber informasi yang digunakan sebagai acuan atau referensi dalam penulisan karya tulis ilmiah atau non-ilmiah, seperti buku, artikel, atau tesis. Daftar pustaka disusun secara alfabetis berdasarkan nama pengarang. Daftar pustaka bertujuan untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat mengenai sumber-sumber yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah dan memberikan kesempatan bagi pembaca untuk mengakses sumber informasi tersebut secara lebih mudah.

Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal Ilmiah

Berikut cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari jurnal ilmiah:

  1. Cantumkan nama pengarang jurnal, jika lebih dari satu pengarang, tulis dengan format "Nama belakang, inisial nama depan".
  2. Tulis judul artikel dengan menggunakan huruf kapital hanya pada kata pertama di awal judul dan kata-kata penting lainnya. Judul artikel dicetak miring.
  3. Tulis nama jurnal, volume, nomor, tahun terbit, dan halaman awal dan akhir artikel. Format penulisan untuk nama jurnal biasanya menggunakan huruf kapital pada semua kata penting, sedangkan volume dan nomor diikuti oleh tanda kurung. Contoh: Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 2, No. 1).
  4. Cantumkan nomor DOI (Digital Object Identifier) atau alamat URL (Uniform Resource Locator) jika artikel tersebut diambil dari jurnal online. Nomor DOI dan alamat URL harus diletakkan di akhir referensi dan diapit tanda kurung.
Contoh:

Nama Pengarang. (Tahun). Judul artikel. Nama jurnal, Volume (Nomor), Halaman awal-Halaman akhir. DOI atau URL

Ariyani, R., (2020). Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Meningkatkan Minat Masyarakat. Jurnal manajemen Pendidikan Islam, 7(6), 791-798. DOI: 10.25126/jtiik.2020763118

Demikian cara menulis daftar pustaka yang bersumber dari jurnal ilmiah. Pastikan untuk mengikuti aturan penulisan referensi yang berlaku di bidang akademik atau sesuai dengan pedoman yang diberikan oleh dosen atau penerbit.

Referensi

  • Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (2016). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
  • Mudiyanto, H. (2018). Strategi penulisan karya ilmiah. Yogyakarta: Gava Media.
  •  Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Baca juga artikel lainnya:

Cara membuat daftar pustaka yang benar

Cara menulis daftar pustaka makalah

Pengertian daftar pustaka beserta contoh

   

 

Post a Comment for "Cara Menulis Daftar Pustaka yang Bersumber Dari Jurnal"