Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Macam-macam Program Aplikasi Komputer

Rikaariyani.com- Pengertian dan Macam-macam Program Aplikasi Komputer- Aplikasi komputer merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa-mahasiswi Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam (IAI) Syekh Maulana Qori Bangko. Mata kuliah ini bertujuan untuk menciptakan calon manajer yang mampu mengaplikasikan komputer, karena proses manajemen sejatinya memiliki kaitan yang erat dengan teknologi. Hampir semua kegiatan manajemen menggunakan teknologi, khususnya teknologi komputer. 

Untuk itu, di dalam artikel ini akan penulis bahas apa itu aplikasi komputer dan apa saja macam-macam program aplikasi komputer.

 


Pengertian Aplikasi Komputer

Aplikasi Komputer yakni perangkat lunak (software) program komputer yang berfungsi untuk melakukan perintah. Aplikasi komputer dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengerjakan sesuatu menggunakan komputer.

Aplikasi komputer juga dapat didefinisikan sebagai suatu perangkat lunak yang berbasis komputer untuk membantu melakukan tugas yang diinginkan oleh user. Aplikasi komputer ini biasanya berupa program pengolah kata, data lembar kerja, dan data media.

Macam-macam Program Aplikasi Komputer

Program aplikasi komputer terdiri dari beberapa macam, yaitu sebagai berikut:

1. Microsoft Word

Microsoft word merupakan aplikasi pengolah kata yang diterbitkan pada tahun 1983. Salah satu fungsi utama dari microsoft word adalah untuk membuat dan mengedit dokumen. User dapat mengetik kata, kalimat, dan juga paragraf. 

Menurut Techwalla, microsoft word adalah program pengolah kata yang memiliki tujuan untuk membuat dokumen yang dapat disimpan secara elektronik, dicetak, atau disimpan dalam format PDF.

Sedangkan menurut Envato Tuts Plus, Microsoft Word didefinisikan sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk memproses, memformat, menyimpan, mencetak, dan berbagi dokumen yang berbasis teks. 

2. Microsoft Excel

Microsoft excel pertama kali lahir pada tahun 1985. Sama seperti microsoft word, aplikasi ini juga sangat sering digunakan oleh pengguna komputer. Microsoft excel memiliki fungsi untuk mengelola angka dan tabel, seperti menghitung, menganalisa, meringkas data, melakukan perhitungan aritmatika dan statistika.

3. Microsoft PowerPoint

Microsoft powerpoint adalah bagian dari microsoft office. Fungsi utama microsoft powerpoint adalah sebagai sarana presentasi. Fungsi ini sangat berguna dalam bidang pendidikan, ekonomi, bisnis, dan lain sebagainya.

Microsoft power point merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kelebihan microsoft powerpoint ini adalah memiliki tampilan yang mudah digunakan oleh para pemula. Selain itu, fiturnya juga sangat lengkap.

4. Notepad

Notepad merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat catatan sederhana atau catatan kecil yang dapat diedit dan dilihat kembali. Notepad memiliki fungsi untuk membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan, misalnya untuk mencatat hal-hal penting dalam 1 file, menyimpan data coding sederhana dalam bentuk HTML, dan lain sebagainya. 

5. Adobe Reader

 Adobe reader merupakan salah satu aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe systems. Fungsinya adalah untuk membaca, mencari, menandai secara digital, dan mencetak data dengan format portable document format atau yang dikenal dengan PDF.

6. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan browser yang paling banyak digunakan karena kecepatan fitur-fiturnya. Sama seperti browser lainnya, Mozilla berfungsi untuk menghubungkan pengguna dengan mesin pencari seperti google. Melalui browser Mozilla, kita bisa mengakses informasi dengan mudah dan cepat.

 

Itulah beberapa aplikasi komputer yang paling banyak digunakan. Semoga bermanfaat.

Lihat juga:

Buku Akuntansi Lengkap

Buku Manajemen  

Manajemen Keuangan edisi revisi Sutrisno 

Manajemen dalam konteks indonesia 

Buku metodologi penelitian lengkap 

Buku metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D 

Buku penelitian hukum 

Metode penelitian kualitatif Sugiyono 

Seri buku metode penelitian terlengkap 

 

Post a Comment for "Pengertian dan Macam-macam Program Aplikasi Komputer"