Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

 Langkah-langkah Reduksi Data

Rikaariyani.com- Langkah-langkah Reduksi Data- Seperti yang sudah diketahui bahwa reduksi data merupakan tahapan pertama yang dilakukan peneliti dalam menganalisis data kualitatif. Artinya reduksi data ini merupakan tahap mereduksi atau menyederhanakan data agar bisa sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh peneliti atau dan tentunya bisa digunakan untuk mendapat informasi dengan mudah.

Oleh sebab itu, di dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa langkah dalam reduksi data.



Pengertian Reduksi Data

Reduksi data dapat diartikan sebagai kegiatan merangkum hal-hal yang dianggap penting dan sesuai dengan tema penelitian. Reduksi data juga merupakan proses berpikir kritis yang memerlukan kecerdasan dan kedalaman wawasan.

Menurut Sugiyono (2015), reduksi data adalah mencatat data yang telah diperoleh dengan teliti dan rinci. Data yang telah direduksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan mempermudah peneliti untuk melakukan pengumpulan data selanjutnya. Pengurangan data juga dilakukan untuk memandu peneliti agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Langkah-langkah Reduksi Data 

Secara terperinci mengenai beberapa langkah yang dilakukan dalam tahapan reduksi data adalah sebagai berikut:

1. Mengumpulkan Data

Sebelum melakukan reduksi data, hal pertama yang harus dilakukan peneliti untuk mendapatkan data adalah dengan melakukan pencarian data. Melakukan pencarian data ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya dari hasil wawancara, atau bisa juga didapat dari survei kepuasan pelanggan.

Selain itu, tahap mengumpulkan data ini juga bisa didapatkan dari hasil pengamatan langsung di lapangan yang kemudian akan membuat peneliti memiliki data atau dokumen yang lengkap, beragam, dan juga kompleks.

2. Pengelompokan Data

Setelah mendapatkan semua data yang diinginkan secara kompleks, peneliti perlu mengelompokkan data-data tersebut atau mengklasifikasikan data tersebut berdasarkan beberapa jenis. Misalnya dikelompokkan berdasarkan penilaiannya, mana data yang paling penting sehingga akan dijadikan data utama, atau data yang kurang penting, data yang agak penting, dan lain sebagainya.

Dengan pengelompokkan demikian, maka peneliti lebih mudah dalam memilah dan memilih data sehingga tidak mengalami kesulitan dan juga kebingungan dalam melakukan tahap selanjutnya.

3. Mereduksi Data

Setelah semua data didapatkan dari hasil penelitian dan pengamatan di lapangan dan setelah data berhasil diklasifikasikan atau dikelompokkan, selanjutnya peneliti bisa mulai melakukan reduksi data. Melakukan reduksi data ini artinya peneliti harus menyederhanakan lagi berbagai data yang didapatkan.

Penyederhanaan data ini dilakukan sesuai kebutuhan penelitian, sehingga antara peneliti yang satu dengan peneliti yang lain juga akan berbeda-beda prosesnya. Akan tetapi yang perlu diketahui, dalam mereduksi data, semua data yang direduksi tersebut hasil akhirnya harus mewakili semua data yang sudah didapatkan.

Dengan demikian, maka penulis atau peneliti akan lebih mudah dan juga lebih cepat dalam melakukan proses ke tahap selanjutnya. Hal ini bertujuan agar penelitian hingga penulisan laporan selesai atau berjalan dengan lancar. Kemudian, data yang sudah direduksi tersebut juga akan lebih mudah diproses.

Ketika data sudah berhasil diproses, maka hasil informasi yang disampaikan juga akan jelas, bulat, dan juga mampu menjawab segala permasalahan atau menyelesaikan suatu permasalahan dengan baik dan juga sesuai harapan dan membantu banyak pihak lainnya.

Berbagai tahapan dalam melakukan reduksi data di atas diperlukan upaya yang tepat agar nantinya data yang dipaparkan atau disajikan memiliki kesimpulan yang jelas sehingga isinya bisa beragam bentuk. Mulai dari bentuk sketsa, bentuk sinopsis, bentuk matriks, dan juga bentuk lainnya.

Dalam tahap mereduksi data ini, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

a. Melakukan seleksi

Data yang akan dipilih atau disederhanakan harus melalui proses seleksi yang ketat. Artinya, peneliti harus benar-benar memilih data dengan tepat mengenai mana data yang ingin direduksi dan lain sebagainya.

b. Meringkas

Setelah memilih data berdasarkan proses yang ketat, selanjutnya data yang terpilih ini harus diringkas berdasarkan uraian singkat. Uraian ini harus disampaikan dengan jelas, lugas, dan juga informasi yang disampaikan tetap harus sesuai dengan data yang sebenarnya sehingga tidak mengurangi atau menambah esensi lain di dalamnya.

c. Menggolongkan

Tahap terakhir adalah menggolongkan berbagai data yang sudah diringkas menjadi beberapa pola. Pola tersebut dibagi lagi menjadi pola yang lebih luas lagi. Reduksi data tidak bisa dilakukan dalam sekali jadi, melainkan harus berkali-kali, bolak-balik, dan sebagainya agar perkembangan data yang disajikan interaktif dan sekuensial, atau bahkan melingkar. Dengan demikian, data tersebut memiliki ketajaman yang baik sehingga bermanfaat.

Post a Comment for " Langkah-langkah Reduksi Data"