Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sifat-sifat Kepemimpinan Rasulullah yang Perlu Diteladani

Rikaariyani.com- Sifat-sifat Kepemimpinan Rasulullah yang Perlu Diteladani- Kepemimpinan merupakan tanggung jawab yang memerlukan pengorbanan. Di dalam Islam telah dijelaskan bagaimana kriteria seorang pimpinan yang sesungguhnya. Pada hakikatnya, ada empat sifat yang harus dipenuhi oleh seorang pemimpin. Apa saja? akan dibahas di dalam artikel berikut ini:

 

 

Pengertian Kepemimpinan

Kepemimpinan yaitu kemampuan yang dimiliki oleh seseorang dalam mempengaruhi orang lain atau mengarahkan orang lain untuk mencapai suatu tujuan.  

Menurut Wahjosumidjo (1987:11), kepemimpinan adalah suatu hal yang melekat pada seorang pemimpin yang memiliki sifat tertentu, seperti kepribadian, kemampuan, dan kesanggupan.

Menurut Moejiono (2002), kepemimpinan merupakan pengaruh satu arah, karena pemimpin bisa saja memiliki kualitas-kualitas tertentu yang membedakan dirinya dengan bawahannya.

Menurut Sondang P. Siagian, kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain.

Dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam mempengaruhi orang lain khususnya bawahan atau tim kerja yang lain  untuk mencapai tujuan organisasi yang diharapkan.

Sifat-sifat Kepemimpinan Rasulullah

Sebagai pemimpin teladan yang menjadi model ideal pemimpin, Rasulullah SAW memiliki empat sifat utama, yaitu: shiddiq, amanah, tablig dan fathanah.

1. Ash-Shidq

Ash-Shidq yaitu kebenaran dan kesungguhan dalam bersikap dan berucap. Dari sifat Ash-Sidq yang dimiliki oleh seorang pemimpin, maka pemimpin tersebut akan dicintai oleh bawahannya, sehingga dengan kerjasama yang baik antara pemimpin dan bawahan akan tercipta kepemimpinan yang sukses sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan bersama.

2. Amanah

Amanah berarti memiliki tanggung jawab dalam melaksanakan setiap tugas dan kewajiban. Pemimpin seharusnya memelihara sebaik-baiknya apa yang diserahkan kepadanya, baik amanah dari Allah SWT maupun dari orang-orang yang dipimpinnya, sehingga tercipta rasa aman bagi semua kalangan.

3. Fathanah

Fathanah yaitu kecerdasan dalam kepemimpinan. Sifat cerdas dari seorang pemimpin akan melahirkan kemampuan dalam menghadapi dan menanggulangi persoalan atau konflik yang muncul dalam proses kepemimpinan.

4. Tabligh

Tabligh yaitu jujur dan bertanggungjawab atau dengan kata lain terbuka dalam memimpin. Sifat tabligh ini dapat diterapkan dengan cara berkomunikasi dan dialog yang baik dalam kepemimpinan. Pemimpin yang baik harus pandai memilih komunikasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dalam proses kepemimpinan yang dilakukan. 

Demikian pembahasan singkat mengenai sifat-sifat kepemimpinan Rasulullah, semoga bermanfaat.

 


Post a Comment for "Sifat-sifat Kepemimpinan Rasulullah yang Perlu Diteladani "