Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian dan Macam-macam Media Pembelajaran

Pengertian dan Macam-macam Media Pembelajaran


Pengertian Media Pembelajaran

Menurut Schramm (1977), media pembelajaran adalah sebuah teknologi pembawa pesan yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

Menurut Briggs (1977), media pembelajaran diartikan sebagai sebuah sarana fisik untuk menyampaikan isi atau materi pembelajaran seperti buku, film, video, slide, dan sebagainya.

Menurut Romiszowski (2001), media pembelajaran adalah media yang efektif untuk melaksanakan proses pengajaran yang direncanakan dengan baik.

Menurut Azhar (2011), media pembelajaran adalah alat bantu pada proses belajar baik di dalam maupun diluar kelas, lebih lanjut dijelaskan bahwa media pembelajaran adalah komponen sumber belajar atau wahana fisik yang mengandung materi intruksional di lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar.

Menurut Arief Sadiman (2008), Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima pesan.

Menurut Sutjiono (2005), suatu media belajar itu sangat diperlukan oleh guru agar pembelajaran berjalan efektif dan efisien. Dan juga dengan ada nya media pembelajaran agar mempermudah proses pembelajaran berlangsung.

Menurut Rayanda Asyar (2012), Arti media pembelajaran menurut Rayanda Asyar dapat dipahami sebagai segala sesuatu yang dapat menyampaikan atau menyalurkan pesan dari sumber secara terencana, sehingga terjadi lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Menurut Syaiful Bahri Djamarah Azwan Zain (2010), Media pembelajaran adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan agar tercapai tujuan pembelajaran.

Menurut Munadi (2008), Pengertian media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan dari sumber secara terencana sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif dimana penerimanya dapat melakukan proses belajar secara efisien dan efektif.

Menurut Heinich, Molenida, dan Russel (1993), Definisi media pembelajaran diartikan sebagai sebuah penerapan ilmiah tentang proses belajar pada manusia dalam tugas praktis belajar mengajar.

Menurut Ali (1992), Arti media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapar memberikan rangsangan untuk belajar.

Menurut Miarso (2004), Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan si belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar.

Menurut Arif S. Sadirman (1984), Media pembelajaran adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan pesan serta merangsang siswa untuk belajar seperti film, buku, dan kaset.

Menurut Latuheru (1988), Media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna. Media pembelajaran memiliki manfaat yang besar dalam memudahkan siswa mempelajari materi pelajaran.

Baca juga: Bongkar rahasia dan strategi agar anak sukses

Macam-macam Media Pembelajaran

• Media Visual

Media Visual adalah media pembelajaran yang dapat dilihat oleh mata atau yang langsung bisa dipelajari seperti grafik, diagram, chart, bagan, poster, kartun, komik, dan lain sebagainya.

Media visual juga dapat diartikan sebagai alat pembelajaran yang hanya bisa dilihat untuk memperlancar pemahaman dan memperkuat ingatan siswa terhadap materi pelajaran.

• Media Audio

Media audio merupakan sarana menyampaikan informasi yang lebih komunikatif dan menarik. Penggunaan media audio saat ini banyak peminatnya, karena mampu menyampaikan informasi secara lebih detail dan jelas.

Penggunaan media audio bertujuan untuk menciptakan suara oleh musik latar, efek suara, suara narator, sehingga menuntut peserta didik berkonsentrasi penuh dalam pembelajaran.

• Projected Motion Media

Media projected metion media adalah jenis media pembelajaran yang berupa suatu media projeksi dengan gambar bergerak atau motion. Contoh projected metion media adalah film, televisi, video (VCD, DVD, VTR), komputer, dan lain sebagainya.

• Projected Still Media

Media projected still media adalah media pembelajaran yang berupa suatu media projeksi dengan gambar diam atau tidak bergerak, seperti slide, over head projector, (OHP), In Fokus, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan mengenai media pembelajaran, semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke blog rikaariyani.com.

*Artikel ini ditulis oleh Muhammad Syahdoe MZ, S.IP (Mahasiswa Pascasarjana UIN STS Jambi).




Post a Comment for "Pengertian dan Macam-macam Media Pembelajaran"