Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Dosen Harus Melakukan Penelitian?

Mengapa Dosen Harus Melakukan Penelitian?- Dosen memiliki tugas yang beragam, tidak hanya sekedar mengajar, namun juga melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

Mengapa dosen harus melakukan penelitian?

Berikut informasinya...




Penelitian merupakan salah satu tugas yang melekat pada seorang dosen. Sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, dosen mempunyai tugas melakukan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Ketiga hal tersebut dikenal dengan tridarma perguruan tinggi.

Namun, beberapa hasil survey menunjukkan bahwa penelitian dan publikasi ilmiah yang dilakukan dosen masih sangat rendah. Padahal selain merupakan tugas seorang dosen, penelitian juga menjadi alat ukur kinerja dosen dalam menjalankan tanggung jawabnya.

Salah satu penyebab rendahnya penelitian dan publikasi ilmiah dosen di indonesia adalah minimnya pemahaman dan minat untuk melakukan riset.

Penyebab lainnya adalah: 

  1. Belum berkembangnya budaya penelitian di kalangan dosen.
  2. Masih rendahnya partisipasi unit penelitian dalam pelaksanaan penelitian.
  3. Kegiatan penelitian kurang mendapatkan penghargaan di lingkungan perguruan tinggi. 

Mengapa dosen harus melakukan penelitian?

Kewajiban penelitian bagi dosen bukan tanpa tujuan. Melalui kegiatan penelitian, permasalahan yang dihadapi oleh perguruan tinggi, mahasiswa, dosen, maupun masyarakat luas akan terpecahkan.

Secara rinci alasan pentingnya penelitian bagi dosen adalah sebagai berikut:

1. Mengembangkan Materi Ajar
 

Melalui penelitian yang dilakukan oleh dosen, proses pembelajaran akan semakin maksimal karena didukung oleh materi yang lebih berkualitas dan relevan.

2. Menaikkan Reputasi Kampus

Memiliki reputasi yang bagus, adalah dambaan semua pihak. Begitu juga di kalangan perguruan tinggi. Reputasi yang bagus akan meningkatkan gengsi dari suatu kampus. Salah satu cara menaikkan reputasi kampus adalah melalui penelitian yang dipublikasikan dalam bentuk jurnal nasional maupun internasional.
Jurnal-jurnal yang dipublikasikan tersebut akan otomatis meningkatkan reputasi kampus sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan minat masyarakat untuk melanjutkan Pendidikan di kampus tersebut.

3. Bagian Dari Pengabdian Kepada Masyarakat

Melalui kegiatan penelitian, akan memberikan solusi dan inovasi baru sehingga secara tidak langsung dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Demikian artikel mengenai penelitian dosen, semoga bermanfaat.

Baca juga artikel lainnya:

Langkah-langkah penelitian R&D

Pengertian dosen dan jenis-jenis dosen

Teknik pengumpulan data dalam penelitian

Post a Comment for "Mengapa Dosen Harus Melakukan Penelitian?"