Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Media Zoom Meeting

Rikaariyani.com- Kelebihan dan Kekurangan Media Zoom Meeting- Zoom meeting adalah sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh. Zoom dapat digunakan melalui laptop maupun smartphone.

Aplikasi zoom meeting didirikan oleh Eric Yuan dan diresmikan pada tahun 2011. Aplikasi ini gratis dan memiliki beberapa fitur yang cukup menarik sehingga banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan zoom meeting ini.

Selain itu, aplikasi zoom meeting juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Apa saja kelebihan dan kekurangan media zoom meeting? Simak artikel berikut ini:

 



Pengertian Zoom Meeting

Zoom meeting adalah layanan video conference yang dapat melakukan obrolan secara daring. Melalui zoom meeting, kita dapat melakukan pertemuan secara online dengan simple dan mudah.

Zoom meeting merupakan aplikasi yang cukup popular, khususnya sejak adanya pandemic covid-19. 

Baca juga artikel lainnya:

Kelebihan Zoom Meeting 

Media zoom meeting memiliki beberapa kelebihan, diantaranya adalah:

1. Memiliki Kapasitas Ruang Yang Besar

Aplikasi Zoom Meeting dapat menampung hingga 1.000 partisipan serta 10.000 penonton dalam suatu atau ruang live video. Angka tersebut tentunya sudah sangat besar karena rata-rata orang mengadakan rapat online paling banyak pesertanya berjumlah ratusan saja.

2. Memiliki Kualitas video dan audio yang Baik

Salah satu kelebihan Zoom Meeting adalah mampu menghadirkan kualitas video yang jernih dan suara yang jelas sehingga akan memudahkan partisipan melakukan komunikasi.

3. Memiliki berbagai fitur yang menarik 

Kelebihan yang tak kalah menakjubkan dari aplikasi Zoom Meeting ialah tersedia  berbagai macam fitur-fitur menarik. Zoom Meeting bisa merekam dan menyimpan video selama meeting berlangsung, mencerahkan warna kulit wajah, mengubah background sesuai dengan yang diinginkan, hingga menjadwalkan pertemuan online. Fitur-fitur ini mungkin hanya akan tersedia pada aplikasi Zoom saja.

Kekurangan Media Zoom Meeting
Di samping beberapa kelebihan, zoom meeting juga memiliki beberapa kekurangan, diantaranya adalah:

1. Data Rawan Bocor

Kebocoran data bukan masalah yang kecil. Jika memiliki informasi penting seperti bisnis, pendidikan, foto, dan lainnya dapat dengan mudah tersebar di jejaring media sosial. Solusinya adalah partisipan tidak perlu mendaftar akun, cukup dengan bergabung pada ID meeting dan password dari diskusi tersebut.

2. Zoom Bombing

Host maupun pihak ketiga bisa memantau kegiatan pengguna saat konferensi video. Bahkan celah selanjutnya adalah tamu tak diundang bisa ikut bergabung melalui tautan rapat online.

Demikian artikel mengenai kelebihan dan kekurangan media zoom meeting, semoga bermanfaat.

*Artikel ditulis oleh Muhammad Syahdoe MZ, S.IP (Mahasiswa Pascasarjana UIN STS Jambi).

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Media Zoom Meeting"